Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Passport Indonesia Berwarna Hijau? Inilah Penyebabnya

Kenapa Passport Indonesia Berwarna Hijau? Inilah Alasannya
Mirwaners, pernahkah anda terpikir kenapa sampul passport kita itu berwarna hijau? Pernah kah anda bertanya didalam hati kenapa kok warna sampul passport Indonesia itu harus berwarna hijau? Kenapa gak warna kuning aja, ataupun warna pink gitu? Kenapa harus warna hijau? Setelah baca judul tulisan ini, anda mungkin langsung terpikir “Oh iya ya, kenapa warna hijau ya?” Well, pertama kali saya terfikir akan hal ini ketika saya melihat passport keponakan saya di Malaysia. Ternyata passport orang Malaysia itu berwarna merah. Dan saya bandingkan dengan passport Indonesia, kok warnanya beda ya. Kemudian saya langsung ambil HP, buka Google, nyari tentang warna-warni sampul passport. Ternyata tiap Negara itu punya desain berbeda lho pada sampul passport. Meski berbeda, sampul passport di semua negara di dunia pada dasarnya adalah terdiri dari empat warna utama yaitu warna merah, biru, hijau, dan hitam, dan warna passport tersebut mencerminkan kategori Negara tertentu. Dalam hati langsung berkata “Oh, begitu ya?”


Kenapa Passport Indonesia Berwarna Hijau? Inilah Alasannya
Jadi, kenapa Indonesia memilih warna hijau untuk warna sampul passport nya? Saya dapat dari berbagai sumber mengatakan bahwa pada umumnya negara dengan warna passport hijau itu merujuk pada agama di negara tersebut. Contohnya, Negara Indonesia, menggunakan warna hijau untuk sampul passportnya. Hal ini dikarenakan mayoritas agama di Indonesia adalah Islam. Kebanyakan negara Islam menggunakan passport yang berwarna hijau. Warna hijau ini dipercaya sebagai warna favorit dari Nabi Muhammad SAW dan sering diasosiasikan sebagai surga dalam Al Quran. Selain itu, warna hijau ini juga menjadi dasar dari banyak bendera negara Islam, seperti Afghanistan dan Iran. Selain dikerenakan agama, ternyata warna passport ini juga dipengaruhi oleh kondisi politik dan geografis sebuah Negara tersebut. 
Kenapa Passport Indonesia Berwarna Hijau? Inilah Alasannya
Nah, itulah penyebabnya kenapa warna paspor Indonesia itu berwarna hijau. Ternyata Indonesia bukan satu-satunya lho negara yang memilih warna hijau untuk warna sampul passportnya. Contoh Negara lain yang menggunakan warna hijau untuk sampul passportnya adalah Arab Saudi, Maroko, Mesi, Nigeria, Zimbabwe dan Pantai Gading juga memilih warna hijau untuk passportnya. Jadi, sekarang anda sudah tahu kan kenapa sampul passport Indonesia berwarna hijau?

Baca juga : Pengalaman Aneh saat Bikin Passport

28 komentar untuk "Kenapa Passport Indonesia Berwarna Hijau? Inilah Penyebabnya"

  1. Aku juga suka warna hijau, adem lihatnya..he

    BalasHapus
  2. Warna hijau tidak pernah bosan melihat warnanya dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... apa lagi melihat wajah saya.... gak bakalan bosan deh... wkkwkw

      Hapus
  3. Jadi dasar pewarnaan hijau itu yah mas, jujur aja saya baru tahu nih. Kalau gak salah juga nih, passport jerman itu termasuk passport terkuat yang hampir bisa digunakan ke semua negera yah, warnanya merah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas... setahu saya begitu mas... tapi passport kita lemah ya mas.

      Hapus
  4. Dibanding warna hijau yang sebelumnya, aku suka warna hijau yang sekarang. Isi kertas paspornya juga bagus, tiap helainya ada gambar binatang khas Indonesia.

    BalasHapus
  5. bermanfaat informasinya...

    BalasHapus
  6. Baru tau saya
    dan baru sekrang juga ngeh mas mirwan haha
    kurang perhatian soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHahhahaa.... untung mas baca blog ini ya...

      Hapus
  7. sayang kekuatan paspor Indonesia payah banget
    huhu

    BalasHapus
  8. Saya baru tahu, ternyata warna hijau tersebut di ambil dari warna keagamaan ya, terimakasih bang jadi tambah ilmu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... saya dapat info ini dari beberapa sumber.... semoga bermanfaat.

      Hapus
  9. Baru tau aku. Tengkiyu, Bang. BTW klo Malaysia, merah, merujuk pada apa tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.... makasih juga mbak.... kalau Merah kayak Malaysia gak tau juga sih... hehehe

      Hapus
  10. Ternyata ini alasannya.
    Baru tau deh.
    Makasih buat infonya ya mas.

    BalasHapus
  11. Oalaaahh baru tau aku mas.. Yg aku tahu pasport di indonesia itu dibagi 3 warna, hijau utk pasport biasa, hitam utk diplomat dan keluarganya, lalu biru utk pejabat publik. Tp aku baru tahu arti wrna hijaunya seperti itu :)

    Malah jd penasaran kenapa diplomat hitam, dan pejabat publik biru. Trus kenapa malaysia merah hahahahaha.. Makin panjang nanyanya :p. Papaku yg diplomat pernah aku tanya kenapa hitam, jawabnya cm supaya lgs membedakan aja ama pasport reguler. Ga terlalu menjawab buatku :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. OOohhh... saya juga baru tau mbak kalau warna passport diplomat dan pejabat itu beda dari passport biasa. waaah.... harus dicari nih info nya..

      Hapus
  12. berasa pengen ganti paspor warna biru itu.. biar bisa masuk ke negara-negara lain tanpa visa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo koh... bikin! Supaya bisa mempermudah travelling kemana-mana.

      Hapus
  13. Oh , karena mayoritas penduduknya muslin yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bro.. menurut dari beberapa sumber mengata begitu..

      Hapus
  14. weleh, baru tahu saya. Hehehe kudet banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaa.... untung udah baca blog ini ya

      Hapus