Ngobrol Asik Bareng PCMI Riau


Ngobrol Asik Bareng PCMI Riau
Mirwaners, di sore hari tadi yang kebetulan lagi gak sibuk banget, saya manfaatkan buat jalan-jalan. Bukan jalan-jalan biasa lho, tapi jalan-jalan ke basecamp nya sebuah komunitas, yaitu PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia). Sebuah organisasi alumni pertukaran pemuda antar Negara. Akhirnya saya bersantai lah di Sekretariatnya PCMI Riau yang mana mereka biasa menyebut sekretariatnya dengan sarang. hmmm. 





Ternyata lagi lumayan ramai yang ada di sarang, katanya sih lagi rapat persiapan PPAN 2018. Wah, kayaknya seru nih bisa banyak yang di obrolin (jadi ngeganggu orang rapat mah ini namanya ya? haha). Awalnya nih, saya mikir mereka ini orangnya pada pendiam-pendiam gitu seperti saya sendiri yang gak suka banyak ngobrol, terus sesi ngobrolnya bakal kayak sesi interview ujian akhir mahasiswa yang bisa bikin bosen. Tapi ternyata sama sekali enggak. Kita ngobrol kurang lebih 2 jam, kalau dibikin vlog, udah panjang banget tuh vlog nya, kan lumayan buat upload-an di Youtube. So, saya sama sekali gak berasa bosen, saya malah banyak ketawa. Dan yang paling berkesan dari ngobrol santai itu adalah perut dan tenggorokan kita di pastikan aman, karena kita ngobrol sambil makan dan minum yang cukup, haha. 
So, apa yang saya dapat selama 2 jam cerita hulu ke hilir dengan teman-teman PCMI Riau? PCMI Riau itu merupakan organisasi alumni pertukaran pemuda antar negara (PPAN). Artinya, untuk bisa masuk menjadi anggota PCMI Riau, anda harus menyelesaikan program PPAN terlebih dahulu. PPAN itu sendiri ditaja oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang saat ini juru bicara nya adalah salah satu Putri Indonesia asal Jawa Tengah, Anindya Kusuma Putri dimana dia ternyata adalah alumni dari salah satu program PPAN juga. Di helat sekali setahun, oleh 33 provinsi di Indonesia dibawah arahan Dinas Pemuda dan Olahraga di provinsi masing-masing. Karena judulnya pertukaran pemuda antar negara, tentunya ada negara-negara yang menjadi tujuan dari program tersebut, yaitu Kanada, Australia, Malaysia, Asean, Jepang, Tiongkok, India, Singapura dan Korea Selatan (pas bagian Korea Selatan saya langsung mikir ini pasti yang cewek – cewek penggemar drama korea banyak banget yang berharap bisa lolos program ini). 
Sembilan program PPAN itu memilki durasi yang beda-beda. Ada yang 6 bulan, 3 bulan atau 1 bulan. Tema yang diangkat dari tiap program juga berbeda. Ada enterpreneur, mutual understanding, cross culture understanding, dan masih banyak lagi. Tapi tau gak sih kalian yang bikin saya penasaran sekali adalah ternyata di tiap program ini mereka akan mendapatkan Host Parent atau Keluarga Angkat. Seperti waktu saya ikut program SM-3T di NTT tahun kemaren. Seru banget kan! Bisa tinggal satu atap dengan keluarga lain, bahkan kalau di PCMI, bisa tinggal bareng keluarga angkat di Negara lain. Anda bisa belajar banyak hal secara langsung, budaya, makanan, tempat-tempat penting di negara tersebut, kebiasaan masyarakat disana, pekerjaan dan lain sebagainya. Bahkan ada program yang anda bisa merasakan bekerja dan berkegiatan sosial di negara tersebut. 
Seru nya gak sampai disana. Saya juga baru tahu, kalau setelah mereka menyelesaikan program, mereka harus melakukan yang namanya Post Program Activity (PPA). PPA ini sebuah kegiatan yang bersifat sosial di berbagai bidang apa saja yang dilakukan setelah selesai program, dikerjain bareng-bareng. PPA bisa saja menyesuaikan dengan tema program yang ia jalani atau bisa juga ide-ide baru. PPA ini bukan program main-main lho, karena ini dilaporkan ke Kemenpora dan Dispora. Salah satu PPA mereka adalah Sapa Sekolah. 
Obrolan makin seru ketika satu loyang martabak lagi kembali dihidangkan. Makin kanyang paruik den. Dan saya pun makin semangat nanya-nanya nya. Karena rasa kepo yang tinggi, saya ‘menuntut’ mereka untuk menceritakan lebih detail masing-masing program. Sayangnya mereka malah nyuruh saya datang ke Sosialisasi Akbar PPAN 2018 kalau mau cerita lengkap. Katanya, kalau cerita program bisa sampai pagi kita Mas. 
Ternyata, sebelum dilakukan seleksi atau pemilihan delegasi dari Riau untuk program PPAN, akan ada sosialisasi yang membahas detail tentang program tersebut, syarat dan ketentuan peserta, cerita pengalaman para alumninya, tanya jawab seputar PPAN langsung dengan alumni dan Dispora Riau nya. Oke, untuk menuntaskan rasa penasaran saya, saya langsung pesan satu kursi di Sosialisasi Akbar PPAN 2018. Biar info nya gak setengah-setengah setelah dari sarang ini. Dan juga, di tiap Sosialisasi Akbar mereka akan memberikan satu buah Golden Tiket, dimana kalau anda beruntung mendapatkan Golden Tiket ini, kamu bisa lolos seleksi administrasi dan bisa langsung melaju ke tahap seleksi. Enak juga ya. 
Seleksi PPAN sendiri biasanya di gelar pada April atau Mei setiap tahunnya. Tiap provinsi beda waktu pelaksanaan, tergantung arahan dari Dispora masing-masing. Di Riau sendiri, setelah Sosialisasi Akbar, pendaftaran resmi dibuka. Lalu akan ada seleksi administrasi, kemudian yang berhasil melewati seleksi adminstrasi bisa melaju ke tahap berikutnya. Seleksi lanjutan terdiri dari written test, speech, psikotest, penampilan kesenian serta interview. Kalau anda berhasil lolos lagi di tahap ini, anda berhak mengikuti karantina. Setelah karantina lah, kita semua baru akan tahu siapakah yang beruntung terpilih untuk menjadi delegasi perwakilan Riau pada tiap program. Fyi, untuk satu program hanya 1 orang yang mewakili (persaingan yang cukup ketat ya, semoga tidak ada persahabatan yang rusak ketika pengumuman keluar. Hahaha)
Tibalah saya di pertanyaan terakhir saya, “Lalu, menurut kalian, apa yang membuat kalian terpilih jadi salah satu delegasi PPAN sehingga sekarang bisa gabung di PCMI Riau?” Padahal saya nanya kek gitu cuma iseng-iseng aja loh, tapi mereka langsung pada mikir keras jawabnya. Hahaha.... Dari jawaban yang masuk, saya tertarik dengan salah satu jawaban ini :

“Kalau ditanya kenapa bisa kita yang terpilih, jujur pasti diantara kita semua gak ada yang tahu persis kenapa. Diluar sana ada banyak orang pinter, ada banyak orang yang jauh lebih hebat, multitalenta dan segala macamnya. Tapi mungkin Tuhan belum ngasih kesempatan untuk bisa merasakan program sekali seumur hidup ini. Kita gak tahu rejeki ini punya siapa kan. Tapi yang bisa kita bilang adalah, biasakan untuk punya mimpi. Terbiasalah dengan mimpi yang besar. Tulis mimpinya apa. Tapi habis itu bangun, jangan justru tidur lagi. Kita gak akan tahu dari seribu mimpi yang kita punya, Tuhan akan meng aminkan yang mana. Mungkin PPAN, mungkin yang lain…”


Ngobrol Asik Bareng PCMI Riau

About Mirwan Choky

BERIKAN KOMENTAR

Jumlah komentar: 10
Loading...
Name

Aceh,44,Affiliate,1,apartemen di Indonesia,1,Artis,7,Automotive,8,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,cara cepat sewa dan jual apartemen,1,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,20,Culture,8,English Zone,10,Events,18,Featured,25,Fitness,2,Hotel,10,I-Sing,8,Info,1,International,12,jual apartemen,1,Kesehatan,1,Lifestyle,75,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,3,Pesawat,7,PPG SM-3T,16,Review,27,Riau,15,rukamen,1,sewa apartemen,1,Shopping,8,Singapore,9,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,15,Timor Leste,1,Tips,32,Transportation,6,Travel,70,Viral,34,
ltr
item
Mirwan Choky: Ngobrol Asik Bareng PCMI Riau
Ngobrol Asik Bareng PCMI Riau
Ngobrol Asik Bareng PCMI Riau, PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia). Sebuah organisasi alumni pertukaran pemuda antar Negara. Akhirnya saya bersantai lah di Sekretariatnya PCMI Riau yaitu mereka biasa menyebut sekretariatnya dengan sarang, Akbar PPAN 2018
https://2.bp.blogspot.com/-xukvPIOi9qc/WpAl6AMbbII/AAAAAAAATpY/vhTLfUYImmkodzWUgxe7c_TD9bnVsVzdQCK4BGAYYCw/s1600/pcmi%2B1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-xukvPIOi9qc/WpAl6AMbbII/AAAAAAAATpY/vhTLfUYImmkodzWUgxe7c_TD9bnVsVzdQCK4BGAYYCw/s72-c/pcmi%2B1.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2018/02/ngobrol-asik-bareng-pcmi-riau.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2018/02/ngobrol-asik-bareng-pcmi-riau.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy