$type=ticker$meta=0$readmore=0$snippet=0$columns=4

Kenapa Kita Harus Mendukung #RokokHarusMahal? Inilah Alasannya



Kenapa Kita Harus Mendukung #RokokHarusMahal? Inilah Alasannya
Mirwaners! Pernahkah anda merokok? Sejak kapan anda mulai merokok? Setiap orang pasti mempunyai history tersendiri mengenai kapan mulai merokok. Kalau aku sendiri sih, sejujurnya, aku bukan seorang perokok. Tapi dulu pernah merokok. Waktu itu masih MTs (sederajat SMP). Saat itu, salah satu teman perokok ngasi aku rokok. Masa umur segitu kan masih labil. Rasa ingin tau sangat tinggi. Jadi, ku coba sebatang rokok yang dikasi. Setelah hampir habis sebatang rokok ku isap, namun aku tak menemukan dimana enaknya merokok itu. Aku langsung mikir, buat apa merokok kalau gak ada enaknya. Hanya buang-buang uang aja buat beli rokok. Sejak itu, aku gak pernah merokok lagi hingga sekarang.


Kenapa Kita Harus Mendukung #RokokHarusMahal? Inilah Alasannya
Tapi ada satu hal yang sangat menarik tentang rokok. Kemaren aku ikut acara Talk Show, program radio Ruang Publik KBR. Talk Show yang bertema “Perempuan Dukung Rokok Harus Mahal” ini dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru. Dengan 2 orang narasumber yang berkompeten yaitu Nina Samidi, Communication Manager Komisi Nasional Pengendalian Tembakau dan Dr. Fauziah M.Kes, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia. Sesuai dengan tema, dua narasumber ini memaparkan tentang dunia rokok dimana ada beberapa hal yang baru bagi ku.



Mirwaners, sudah pada tahukah kalian berapa harga rokok di Singapura? Ternyata harga rokok di Singapura itu sangat mahal, yaitu sekitar 124 ribu per bungkus. Bahkan di Australia harga rokoknya 200 ribu lebih. Nah, dengan harga segitu, coba bandingkan dengan harga rokok di Indonesia. Pada umumnya, harga rokok dari beberapa merek di Indonesia bisa dibeli dengan harga 15 ribu atau 20 ribu sebungkus. Dan lebih ironisnya, di Indonesia, rokok itu malah bisa dibeli secara perbatang. Walhasil, dengan harga rokok serendah itu, kelompok miskin dan anak-anak pun bisa membelinya.

Fakta dilapangan, ada banyak keluarga yang mengalokasikan anggaran belanja rumah tangga buat beli rokok. Malahan di kelompok miskin, alokasi dana buat beli rokok itu berada di urutan kedua setelah beras, lebih besar ketimbang dana untuk memenuhi gizi keluarga. Kalau gak percaya, coba deh tanya bapak-bapak perokok disekitar anda. Gimana posisi prioritas dana buat beli rokok jika dibandingkan dengan dana buat beli kebutuhan primer lainnya. Dengan adanya priortitas dana buat beli rokok ini sering kali terjadi percekcokan rumah tangga.

Selain itu, menurut Dr. Fauziah, dia mengatakan bahwa dia sering kali bertemu dengan anak SMP bahkan anak SD yang sedang merokok. Hal ini bertanda bahwa harga rokok di Indoensia itu sangat murah sehingga anak-anak dibawah umur masih enteng untuk membeli rokok, terus merokok sesuka hati yang pada akhirnya akan merusak kesehatan mereka. Merusak generasi bangsa. Oleh karena itu, demi generasi bangsa yang lebih baik, mari kita dukung #RokokHarusMahal sehingga dengan harga yang mahal, orang-orang akan mikir dua kali untuk membelinya.


Bagaimana nasib petani jika harga rokok mahal? Mirwaners, sebenarnya petani kita tidak ada hubungannya dengan harga rokok. Seperti yang disampaikan oleh Bu Nina bahwa petani Indonesia tidak ada hubungannya dengan harga rokok. Hal ini dikarenakan impor tembakau untuk rokok di Indonesia sudah mencapai 60%. Tembakau ini diimpor dari Cina, Amerika, dan dari Brazil. 

Kenapa harus impor? Karena faktanya tanah Indonesia ini tidak cocok untuk menanam tembakau. Karena tembakau itu hanya cocok ditanam saat musim kemarau. Bagaimana dengan cuaca di Indonesia? Di Indonesia sendiri musim kemaraunya itu gak stabil, kadang hujan, kadang panas. Jika tembakau sudah kena air hujan, maka kualitasnya akan menurut karena rusak. Sehingga harganya jatuh di pabrik rokok. Sementara itu, pabrik menginginkan tembakau yang berkualitas untuk produknya. Dimana untuk mendapatkan tembakau yang berkulitas? Ya pastinya dari luar Indonesia. Mereka mengimpor tembakau.


Kenapa Kita Harus Mendukung #RokokHarusMahal? Inilah Alasannya
Jadi, sebenarnya memang tidak ada hubungannya harga rokok dengan kesejahteraan petani. Petani itu tidak akan semakin sejahtera meskipun rokoknya laku keras di pasaran. Jadi, marilah kita dukung #RokokHarusMahal #Rokok50Ribu supaya anak-anak tidak lagi membeli rokok dan orang dewasa jadi mikir dua kali kalau mau beli rokok. Mari kita dukung untuk generasi Indonesia yang lebih sehat.


BERIKAN KOMENTAR

Jumlah komentar: 8
Loading...
Name

Aceh,44,Affiliate,1,apartemen di Indonesia,1,Artis,7,Automotive,8,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,cara cepat sewa dan jual apartemen,1,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,20,Culture,8,English Zone,10,Events,18,Featured,25,Fitness,2,Hotel,10,I-Sing,4,Info,1,International,10,jual apartemen,1,Kesehatan,1,Lifestyle,73,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,3,Pesawat,6,PPG SM-3T,16,Review,27,Riau,15,rukamen,1,sewa apartemen,1,Singapore,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,14,Tips,32,Travel,69,Viral,33,
ltr
item
Mirwan Choky: Kenapa Kita Harus Mendukung #RokokHarusMahal? Inilah Alasannya
Kenapa Kita Harus Mendukung #RokokHarusMahal? Inilah Alasannya
Kenapa Kita Harus Mendukung #RokokHarusMahal? Inilah Alasannya, Bagaimana nasib petani jika harga rokok mahal, dampak harga rokok mahal
https://2.bp.blogspot.com/-At1Cq_HC1_c/WwBdB1VsgdI/AAAAAAAAUcI/uGlPWP3ReDc7Ug-1H8DpmhvoqsI9g24ZwCK4BGAYYCw/s1600/z.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-At1Cq_HC1_c/WwBdB1VsgdI/AAAAAAAAUcI/uGlPWP3ReDc7Ug-1H8DpmhvoqsI9g24ZwCK4BGAYYCw/s72-c/z.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2018/05/kenapa-kita-harus-mendukung.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2018/05/kenapa-kita-harus-mendukung.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy