Sudah Sarjana, Tak Hafal Al-Fatihah : Inikah Kualitas Pendidikan Indonesia?




Sudah Sarjana, Tak Hafal Al-Fatihah : Inikah Kualitas Pendidikan Indonesia? bagaimana dengan kualitas pendidikan kita sendiri? Apa kabar kualitas pendidikan Indonesia?
Hey, Mirwaners! Apakah kalian selama ini merasa kalau kualitas pendidikan di Indonesia itu masih tergolong rendah? Ya, meskipun akses terhadap pendidikan, terutama di tingkat dasar, sudah mengalami peningkatan yang baik, namun bagaimana dengan kualitas pendidikan kita sendiri? Apa kabar kualitas pendidikan Indonesia? Ini sudah 2018 lho.



Kalau berdasarkan salah satu pengalaman pribadi sih, kemaren saat bertugas disebuah daerah, aku ketemu seorang sarjana dari sebuah univeristas ternama. Dia masih tergolong fresh graduate. Dia seorang pendatang didaerah itu. Dia seorang muslim, tapi yang bikin aku kaget dan gak habis pikir itu adalah ketika dia tidak bisa membaca surat Alfatihah sampai habis. Hal ini ketahuan ketika dia jadi imam shalat. Dalam hati langsung mikir “Ini anak dari SD ngapain aja? Udah sarjana tapi surat Alfatihah aja gak hafal”. Dan dapat ku pastikan dari temannya kalau dia bukanlah seorang muallaf, tapi dia memang sudah muslim sejak kecil. By the way, foto diatas adalah foto ku, bukan foto dia, ok.

Ada suatu ketika aku pingin kabur dari sebuah acara pernikahan dari penduduk setempat. Pingin kabur karena ada si sarjana ini bikin ulah. Didaerah itu mayoritas penduduk beragama Kristen, dan kebetulan acara pernikahan itu adalah pernikahan orang islam yang dihadiri oleh kebanyakan orang Kristen. Lantas tuan rumah diacara tersebut minta kepada si sarjana ini untuk membacakan doa diacara tersebut. Dan dia pun menyanggupinya. Aku heran, ini anak, alfatihah aja belum hafal, tapi sudah berani tampil didepan orang ramai untuk membacakan doa. Wow! Jadi penasaran.


Ok, awalnya aku husnuzon aja, mungkin dia memang bisa baca doa. Doa kan bisa berbagai macam cara. Tapi ternyata salah besar. Pas saat acara, dia dipanggil untuk ke panggung untuk baca doa. Dia dengan semangat dan PD nya naik ke panggung. Dengan penampilannya yang wah dan menyakinkan dengan memakai peci dan bawa Al-Quran. Tanpa salam dan langsung “A’uzubillahiminasysyaitannirrajiiimmmm…. Bismilaaahirrahmanirrahim”. Lengkap dengan irama kayak mau tadarrus. Aku langsung mikir, “ Dia ini mau baca doa atau mau murattal ya? Kok pake irama gitu." Dan dia langsung buka Al-Quran dan baca….%#$@&%. Ya Allah! Aku kaget setengah mati dan pingin kabur rasanya dari situ. Aku tutup telinga ku dengan kedua tangan ku. Malu aku dengarnya. Yang di baca ntah apa-apa, sembarangan sebut aja. Entah bahasa planet mana yang dia pakai. Belum pernah aku dengar doa yang kek gitu. Bahasanya pun gak mirip-mirip bahasa Arab.

Setelah selesai, aku minta klarifikasi ke dia, dan apa dia bilang “Kamu diam aja. Orang-orang disinikan mayoritas Kristen, jadi mereka gak ngerti kalau aku baca doanya sembarangan sebut.” Ya Tuhan! Ternyata dia menipu orang-orang disini. Gak habis pikir aku. Sanggup banget ya dia bikin kayak gitu. 



Itulah pengalaman ku yang terunik saat berada disuatu daerah. Well, aku gak bermaksud untuk bilang kalau aku lebih baik dari dia. Aku juga sebenarnya gak bermaksud mau bilang kalau pendidikan dia itu rendah. Tapi seperti yang sudah aku bilang, dia kan udah sarjana. At least, hal-hal mendasar kayak gitu seharusnya bisalah dikit-dikit. Dan ini hanyalah salah satu contoh bahwa kulitas pendidikan di Indonesia itu masih tergolong rendah. Ternyata di Indonesia ini, seorang sarjana masih ada yang belum hafal surat Al-Fatihan. Padahal dia bukan muallaf yang baru mengenal ajaran islam. Memang iya sih, dulu waktu kuliah, seingat aku, mata pelajaran agama cuma 2 SKS, gak tau sih sekarang udah berapa SKS.

Ohya, ngomong-ngomong tentang kualitas pendidikan Indonesia, aku jadi teringat dengan postingan Instagram dosen ku, Pak Afrianto Daud, PhD. Nama Instagramnya @udo_anto. Beliau membuat buku yang berjudul Problematika Pendidikan Nasional, dimana didalam buku ini membahas tentang berbagai isu pendidikan nasional kita, termasuk tentang keguruan, kurikulum, ujian nasional, sampai hal-hal teknis terkait pembelajaran yang lebih berkualitas di dalam kelas. Selain bicara tentang beberapa masalah, buku ini juga menyajikan beberapa tawaran solusi untuk dunia pendidikan kita, termasuk dengan belajar pada beberapa 'best practices' di Australia. Jadi, mungkin kalau kalian mau memiliki buku ini, bisa langsung hubungi beliau di Instagram ya.


Kabar gembira! ---- Alhamdulillah, segera terbit buku saya tentang Problematika Pendidikan Nasional. Buku ini adalah kumpulan pemikiran saya tentang berbagai isu pendidikan nasional kita, termasuk tentang keguruan, kurikulum, ujian nasional, sampai hal-hal teknis terkait pembelajaran yang lebih berkualitas di dalam kelas. Selain bicara tentang beberapa masalah, saya juga menyajikan beberapa tawaran solusi untuk dunia pendidikan kita, termasuk dengan belajar pada beberapa 'best practices' di Australia. Saya ucapkan terimakasih kepada beberapa pihak yang telah membantu penerbitan buku ini. Kepada ibu Itje Chodidjah, praktisi dan aktivis pendidikan nasional, yang telah memberikan kata pengantar. Kepada bapak rektor Universitas Riau, Prof. Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc, ibu Prof Lesley Harbon, Prof Mulyoto Png, ibu Dr. Lara Fridani, pak Dr. Abukh Bukhori, Bro Dr. Endro Dwi Hatmanto yang telah memberikan endorsement. Juga pada Joni Iskandar Ibnu Buhari dan Kardo Al Minasyi yang telah membantu proses kompilasi dan desain cover. Buku sudah sedang naik cetak. Bagi teman-teman yang tertarik memiliki, silahkan melakukan pre-order dengan menuliskan nama dan nomor kontak yang bisa dihubungi pada postingan ini, atau via inbox. Harga IDR 80,000., (di luar ongkir). Terimakasih. :-) #newbook #newbookalert #newbookstagram #comingsoon #mybook #mypublication #iamateacher #iamawriter #karya #tulisan #dosen #universitasriau #peradaban #order #ayoorder #beliyuk #terimakasih 😊
A post shared by Afrianto (@udo_anto) on

BERIKAN KOMENTAR

Jumlah komentar: 18
Loading...
Name

Aceh,44,Affiliate,1,apartemen di Indonesia,1,Artis,7,Automotive,9,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,cara cepat sewa dan jual apartemen,1,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,24,Culture,8,English Zone,12,Events,19,Featured,31,Fitness,6,Gym,14,Hotel,10,I-Sing,10,Info,1,International,13,jual apartemen,1,Kesehatan,3,Lifestyle,87,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,8,Pesawat,10,PPG SM-3T,16,Resep Masak,2,Review,27,Riau,16,rukamen,1,sewa apartemen,1,Shopping,8,Singapore,10,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,19,Timor Leste,1,Tips,33,Transportation,6,Travel,71,Viral,37,
ltr
item
Mirwan Choky: Sudah Sarjana, Tak Hafal Al-Fatihah : Inikah Kualitas Pendidikan Indonesia?
Sudah Sarjana, Tak Hafal Al-Fatihah : Inikah Kualitas Pendidikan Indonesia?
Sudah Sarjana, Tak Hafal Al-Fatihah : Inikah Kualitas Pendidikan Indonesia? bagaimana dengan kualitas pendidikan kita sendiri? Apa kabar kualitas pendidikan Indonesia?
https://1.bp.blogspot.com/-vz8Qulk8q1o/Wu3Kt2GKmVI/AAAAAAAAUOc/B9XEwApnsw0TCKFb67ZBv1aqyW8MH60YQCK4BGAYYCw/s1600/zd.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vz8Qulk8q1o/Wu3Kt2GKmVI/AAAAAAAAUOc/B9XEwApnsw0TCKFb67ZBv1aqyW8MH60YQCK4BGAYYCw/s72-c/zd.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2018/05/sudah-sarjana-tak-hafal-al-fatihah.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2018/05/sudah-sarjana-tak-hafal-al-fatihah.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy