Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan : Pepes Tahu Kemangi dan Pepes Ikan Kembung Gurih Pedas

Resep Pepes Tahu Kemangi dan Pepes Ikan Kembung Gurih Pedas, cara masak pepes tahu kemangi, cara masak pepes ikan kembung
Mirwaners! Bagi mayoritas ibu rumah tangga, memasak pepes merupakan cara yang paling mudah untuk menghemat anggaran keuangan rumah tangga. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri mengingat bumbu dan bahan yang cukup murah dan mudah didapat. Bahkan ketika harga ikan naik, pepes tahu kemangi juga bisa menjadi resep andalan bagi para ibu rumah tangga. Pepes tahu kemangi menggunakan tahu trempos sebagai bahan dasarnya yang jauh lebih terjangkau dari pada harus menggunakan ikan kembung sebagai bahan baku pepesnya.


Resep Pepes Tahu Kemangi dan Pepes Ikan Kembung Gurih Pedas, cara masak pepes tahu kemangi, cara masak pepes ikan kembung

Pepes Ikan Kembung


Apa sih sebenarnya pepes ikan kembung itu?. Pepes ikan kembung merupakan jenis pepes khas Jawa Barat dengan cita rasa pedas gurih dengan bumbu-bumbu dan rempah- rempah seperti kunyit, tomat, jeruk nipis, daun singkong, bawang putih, bawang merah dan cabai merah yang semuanya dihaluskan kemudian dibalurkan ke tubuh ikan kembuh sebelum akhirnya dibungkus dengan daun pisang. Bahan baku utama dari pepes ikan kembung tersebut adalah ikan kembung. Lalu sebenarnya berapa sih harga ikan kembung itu?. Dilansir dari beberapa supermarket dan situs ecommerce resmi, ikan kembung dijual dengan harga mulai dari Rp 45.000,- hingga Rp 55.000,- per kg nya dengan kondisi yang masih sangat fresh. Semakin fresh, maka cita rasa yang dihasilkan dalam pembuatan pepes ikan kembung ini akan semakin lezat. Namun pastikan jika ikan kembung yang Anda beli bebas formalin ya?


Resep Pepes Tahu Kemangi dan Pepes Ikan Kembung Gurih Pedas, cara masak pepes tahu kemangi, cara masak pepes ikan kembung

Pepes Tahu Kemangi (On The Budget Recipes)


Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jika Anda merasa harga bahan baku dan bumbu pepes ikan kembung dirasa cukup mahal, saatnya Anda beralih ke pepes tahu kemangi. Pepes tahu kemangi dirasa dapat menjadi alternatif yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pepes ikan kembung. Dengan harga Rp 12000,- per kg Anda sudah bisa membeli tahu untuk ukuran 1 kg. Bandingka  jika Anda harus membeli ikan kembung dengan harga Rp 45.000,- hingga Rp 55.000,- per kg. Tentu akan sangat mahal bukan?. Dengan bahan tahu, Anda juga bisa membuat pepes tahu kemangi dengan bumbu dan proses yang hampir sama dengan pepes ikan. 

Nah penasaran apa saja bahan dan rempah-rempah yang dibutuhkan dalam pembuatan pepes tahu kemangi? Cukup siapkan tahu ukuran sedang sebanyak 3 buah, telur 1 butir saja, daun kemangi 1 genggaman tangan, tomat merah yang dipotong secara kotak-kotak, gula pasir dan garam yang masing- maisng 1 sdt. Jangan lupa siapkan pula 6 lembar daun pisang dan tusuk gigi atau lidi secukupnya. Kemudian siapkan pula bumbu yang  nantinya akan digunakan untuk melumuri pepes tahu Anda. Bumbu- bumbu tersebut diantaranya kunyit 3 cm, bawang merah 2 siung, kemiri 3 butir, bawang merah 5 buah, bawang putih 2 siung serta cabai merah sebanyak 3 buah. Anda juga boleh menggunakan cabai merah dengan sebanyak yang Anda mau. 

Lalu bagaimana proses pembuatannya?. Sebenarnya cara pembuatan pepes tahu ini tidak jauh berbeda dari cara membuat pepes ikan. Cukup haluskan tahu dengan garpu. Campurkan semua tahu yang telah dihaluskan sebelumnya dengan bumbu tadi. Siapkan daun pisang dan taruh adonan pepes tadi di atasnya dan pincuk dengan lidi. Berbeda dengan pembuatan pepes ikan, proses terakhir dari pembuatan pepes tahu kemangi adalah dengan dikukus dahulu selama 20 menit. Setelah selesai proses pengukusan selesai, siapkan sedikit minyak di atas wajan, kemudian bakar pepes tadi di atas wajan tersebut. 

Nah, cukup mudah bukan cara pembuatan pepes tahu daun kemangi tersebut. Semoga menginspirasi!

1 komentar untuk "Resep Masakan : Pepes Tahu Kemangi dan Pepes Ikan Kembung Gurih Pedas"