Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pingin Lihat Ragam Melayu dari Berbagai Negara? Yuk Hadir di Acara Ini

Ragam Melayu dari Berbagai Negara, hari melayu sedunia 2018 di Singapura, Pesta Wira Melayu 2018
Hello, Mirwaners! Siapa sih yang gak tau dengan suku Melayu? Sebuah kelompok etnis dari orang-orang Austronesia terutama yang menghuni Semenanjung Malaya, Sumatra bagian timur, bagian selatan Thailand, pulau Singapura, Borneo pesisir termasuk Brunei, Kalimantan Barat, Sarawak, Sabah Pesisir, Cambodia, dan pulau-pulau kecil yang terletak antara lokasi ini, yang secara kolektif dikenal sebagai 'Alam Melayu'. Gak hanya itu, orang Cham itu juga merupakan Melayu, Sunan Ampel dari Wali Songo, puteri Trowulan dan orang Aceh banyak yang dari Cham. Melayu juga bahkan ada di Madagascar dan sampai ke Pacific Island


Hari Melayu Sedunia


Menariknya, tahun ini Hari Melayu Sedunia dirayakan di Singapura. Dan ini merupakan pertama kali Hari Melayu Sedunia diadakan di Singapura. Perayaan Hari Melayu Sedunia ini dilaksanakan berkolaborasi dengan event Pesta Wira Melayu Singapura 2018, pada hari Sabtu 16 Desember 2018 dari pukul 10 pagi hingga 10 malam di Kallang Theatre, Singapura.

Diacara ini, kita akan melihat ragamnya budaya Melayu yang datang dari berbagai Negara Nusantara seperti, Singapura, Indonesia dan Malaysia. Dari Indonesia, akan datang dari berbagai daerah seperti Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Belitung, dan dari beberapa daerah lainnya. Dan tentunya masing-masing dari mereka akan berbagi tentang dunia Melayu dari negaranya masing-masing. Selain itu, akan ada juga persembahan Tarian Batik oleh Tenaga Kerja Indonesia di Singapura. Ohya, Mister Teen Kepri Indonesia juga akan datang lho dan Tarian Zapin dari Malaysia juga akan ikut memeriahkan acara ini.

Sesuai dengan tema acara “Kembali ke Akar”, acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memerayakan identitas mereka sebagai bagian dari Melayu dimana kebersamaan, persaudaraan dan saling menginspirasi merupakan kekuatan dalam komunitas Melayu ini.

For your information, acara Hari Melayu Sedunia ini diadakan barengan dengan acara Travel Fair (Ternate Travel Fair, Bengkulu Travel Fair, Bangka Belitung Travel Fair, Riau Travel Fair, Kepulauan Riau Travel Fair). Jadi, bagi kalian yang ingin melihat lebih mendalam tentang dunia melayu dari berbagai Negara maupun daerah, silakan hadir di acara ini ya. Acaranya sekali setahun lho. 

Ohya, kalau kalian ingin datang barengan sama aku nanti, kalian bisa DM aku di Instagram @MirwanChoky. Aku akan berangkat tanggal 14 dari Pekanbaru. Atau kalian bisa juga langsung ke lokasi dari tempat kalian masing-masing. Oke? Jumpa disana ya!


2 komentar untuk "Pingin Lihat Ragam Melayu dari Berbagai Negara? Yuk Hadir di Acara Ini"

  1. Jadi penasaran pengen dateng ke eventnya.

    BalasHapus
  2. Haiii om Mirwannn, lama gak main

    Di cariin Keenan om...

    Ya ampun Om Mirwan main mulu, bayarin saya ngapah

    BalasHapus