6 Hal Yang Perlu di Pikirkan saat Memulai Bisnis Kuliner



6 Hal Yang Perlu di Pikirkan saat Memulai Bisnis Kuliner, pengertian bisnis kuliner, bisnis kuliner kekinian, bisnis kuliner adalah, bisnis kuliner online, bisnis kuliner unik, bisnis kuliner 2018, 10 jenis usaha kuliner yang paling laku, tips usaha kuliner untuk pemula
Mirwaners! Akhir-akhir ini, aku sering banget jalan-jalan sambil nyobain kulineran. Aku itu suka banget nyobain makanan yang sebelumnya aku belum pernah coba. Contohnya, kemaren waktu di Singapore, aku cobain makanan yang belum pernah ku coba seperti Ayam Goreng Daun. Sebenarnya aku gak tau sih nama sebenarnya makanan itu apa, tapi yang jelas itu adalah ayam di kasi bumbu, terus dibungkus dengan daun, terus di goreng. Ternyata rasanya biasa aja sih.


6 Hal Yang Perlu di Pikirkan saat Memulai Bisnis Kuliner


By the way, sebagai seorang travel blogger yang sering jalan-jalan sambil kulineran, aku jadi dapat ide nih untuk dibagikan kepada kalian yang mungkin baru akan memulai bisnis kuliner. Berdasarkan apa yang ku lihat selama ini yah, bagi kalian yang ingin memulai bisnis kuliner, ada baiknya kalian perhatikan hal-hal berikut ini :


1. Konsep


Konsep ini sangat penting. Dalam hal apa pun. Konsep itu sangat dibutuhkan termasuk juga dalam hal bisnis kuliner. Dalam bisnis kuliner, milikilah konsep yang menarik, karena konsep yang menarik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka terkesan dengan makanan dan konsep dan akan menjadikan tempat makan kalian menjadi salah satu daftar lokasi tempat makan favorite bagi mereka. Misalnya, jika kalian ingin membuat bisnis kuliner khas Melayu di sebuah café atau restoran, kalian bisa hiasi restoran tersebut dengan perhiasan ciri khas melayu. Begitu juga dengan kemasan makanannya.


2. Nama Brand


Nama Brand ini sangat penting bahkan mungkin lebih penting dari produk itu sendiri. Kalian pasti kenal dengan warung kopi sebelah yang berlogo warna hijau? Meskipun produknya biasa-biasa aja, tapi dikarenakan brand nya udah dikenal diseluruh dunia, harga kopi per cup nya jadi sangat tinggi dibanding dengan kopi brand lain. Jadi, nama brand itu sangat penting. Kembangkan kreativitas kalian agar bisa membuat nama usaha kuliner yang menarik dan mudah diingat oleh orang banyak. Nama brand kalian harus berbeda dari yang lain dan sebaiknya dapat merepresentasikan jenis usaha kuliner kalian.


3. Lokasi


Lokasi yang strategis akan mempengaruh bisnis kuliner kalian. Jika kalian menjalankan bisnis kuliner secara online, lokasi tidak begitu berpegaruh. Tapi jika kalian menjalankan bisnis kuliner ini secara offline, carilah tempat yang strategis yang tepat. Misalnya, jika kalian akan membuka usaha bisnis sarapan lontong, sebaiknya buka di lokasi yang berdekatan dengan perkantoran dan persekolahan.


4. Kualitas makanan


Akhir-akhir ini banyak kita lihat tempat makan dan jenis makanan yang mendadak booming hanya karena tren. Tapi tau gak sih kalau sebenarnya yang membuat usaha kuliner bisa panjang umur itu adalah mereka yang memiliki makanan yang berkualitas? Kualitas itu gak hanya soal rasa ya, tapi juga soal kebersihan makanan itu sendiri.


5. Promosi


Yang terakhir adalah promosi, percuma sih punya konsep restoran yang bagus dan menu makanan yang enak dan bekualitas kalau tak ada yang mengenali dan tak ada yang datang ke tempat kalian. Jadi, langkah selanjutnya yang paling penting adalah promosi. Untuk melakukan kegiatan promosi agar dikenal oleh orang ramai, kalian bisa menggunakan beberapa cara mulai dari iklan berbayar di Koran, banner di tepi jalan, bahkan promosi melalui media sosial. Selain itu, kalian juga bisa mengundang seleb atau food bloggers/vloggers dan memberikan sample makanan kepada mereka secara gratis. Kalau mereka suka dengan makanan tersebut, dijamin mereka akan mengabarkan kepada followers mereka tentang sample makana tersebut.


6. Manajemen Keuangan


Satu hal lagi yang perlu kalian perhatikan adalah manajemen keuangan. Ketahuilah bahwa bisnis apapun yang kalian geluti jika tak ditunjang dengan sistem manajemen keuangan yang baik dan transparan maka akan sukar untuk menjadi sukses. Jika kalian gak memiliki sistem yang baik dalam mengelola modal, pemasukan, dan pengeluaran harian, bisa-bisa bisnis kalian collaps dalam hitungan bulan.

6 Hal Yang Perlu di Pikirkan saat Memulai Bisnis Kuliner, pengertian bisnis kuliner, bisnis kuliner kekinian, bisnis kuliner adalah, bisnis kuliner online, bisnis kuliner unik, bisnis kuliner 2018, 10 jenis usaha kuliner yang paling laku, tips usaha kuliner untuk pemula

Ohya, kalian udah tau belum tentang SPOTS? SPOTS ini adalah sebuah perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan. Jadi, untuk aplikasi kasir untuk bisnis kuliner kalian, coba deh pakai SPOTS. Karena  aplikasi kasir SPOTS ini bisa menghemat waktu dan uang dengan mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari. Kalian bisa cek website https://spots.co.id/ untuk mengetahui tentang SPOTS lebih lanjut.



Artikel ini didukung oleh SPOTS


https://srvimg.c2live.com/spots-banner-sm.png

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa follow dan share ya.
Name

Aceh,44,Affiliate,1,Artis,7,Automotive,14,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,26,Culture,8,English Zone,11,Events,22,Featured,33,Finance,5,Fitness,6,Gym,1,Hotel,10,I-Sing,10,Info,1,International,14,Kesehatan,3,Lifestyle,92,Lomba,2,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,8,Pesawat,13,PPG SM-3T,16,Property,3,Religi,1,Resep Masak,2,Review,26,Riau,16,Rommentiq,17,Shopping,8,Singapore,12,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,24,Timor Leste,1,Tips,38,Transportation,6,Travel,77,Viral,43,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: 6 Hal Yang Perlu di Pikirkan saat Memulai Bisnis Kuliner
6 Hal Yang Perlu di Pikirkan saat Memulai Bisnis Kuliner
6 Hal Yang Perlu di Pikirkan saat Memulai Bisnis Kuliner, pengertian bisnis kuliner, bisnis kuliner kekinian, bisnis kuliner adalah, bisnis kuliner online, bisnis kuliner unik, bisnis kuliner 2018, 10 jenis usaha kuliner yang paling laku, tips usaha kuliner untuk pemula
https://2.bp.blogspot.com/-O3FR143CIII/XKIwUuF3VkI/AAAAAAAAWoM/0m7-9vTm4VEUhJj5QZnCTGGUGklfE74gQCK4BGAYYCw/s1600/bq.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-O3FR143CIII/XKIwUuF3VkI/AAAAAAAAWoM/0m7-9vTm4VEUhJj5QZnCTGGUGklfE74gQCK4BGAYYCw/s72-c/bq.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2019/04/6-hal-yang-perlu-di-pikirkan-saat.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2019/04/6-hal-yang-perlu-di-pikirkan-saat.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy