Desa Wisata Penglipuran Bali, Desa Terindah di Indonesia



Desa Wisata Penglipuran Bali, Desa Terindah di Indonesia, desa terindah di dunia  10 desa terbaik di indonesia 2019  100 desa terbaik di indonesia  kepala desa terbaik di indonesia  jumlah desa di indonesia 2019
Hello, Mirwaners! Apa jawaban kalian ketika ditanya tentang desa terindah di Indonesia? Raja Ampat, Papua? Iboih, Sabang? Iya, jawaban kalian benar sih! Memang sih Raja Ampat dan Iboih Sabang merupakan tempat wisata yang indah di Indonesia, tapi tau kah kalian kalau di Indonesia ini ada lagi tempat yang lebih indah lagi, yaitu Desa Wisata Penglipuran yang berlokasi di Bali. Dan kalian harus tau bahwa Desa Penglipuran ini pernah dinobatkan sebagai salah satu desa terbaik di dunia selain Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India. 


Desa Wisata Penglipuran Bali, Desa Terindah di Indonesia


Memang sih aku belum pernah sampai di desa Wisata Penglipuran. Tapi kalau ku lihat-lihat foto di Google tentang desa wisata Penglipuran, desanya indah banget dan bersih, tak terlihat sampah berserakan. Hal ini terjadi karena ada kesadaran masyarakat sekitar tentang betapa pentingnya kebersihan yang memang sudah ditanamkan sejak zaman nenek moyang sejak zaman dahulu kala. Gak aku sendiri lho yang bilang indah dan bersih, tapi banyak situs web yang mengatakan kalau Desa Wisata Penglipuran ini merupakan salah satu desa yang paling indah di Indonesia.

Seperti yang dituliskan oleh Hipwee bahwa desa Penglipuran ini adalah salah satu desa yang paling indah di Indonesia dan juga merupakan desa adat yang telah berkembang menjadi desa wisata yang sangat ramai dikunjungi para wisatawan, lokal maupun mancanegara. Tapi sayang banget, aku belum bisa berkunjung di desa ini. Tapi walau bagaimana pun, Desa Wisata Penglipuran ini akan aku masukin dalam waiting list of travelling spot ku.

Kalau ku baca-baca dari berbagai sumber sih, ternyata pada awalnya, desa Wisata Penglipuran ini hanyalah sebuah desa yang sebenarnya ingin mempertahankan adat dan kebudayaan nenek moyang leluhur. Dulu, pada tahun tahun 1990, ada mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Udayana yang melakukan kegiatan di desa tersebut. Mereka meninggalkan jejak berupa pembangunan taman-taman kecil dan penataan lingkungan. Nah, setelah itu, pada tahun 1991/1992 ada beberapa wisatawan yang mengunjungi desa ini. Sedangkan, disaat itu, Dinas Pariwisata Daerah belum mengeluarkan kebijakan atau peraturan apapun atau sumbangsih untuk mengelola desa ini. Dan kemudian, muali dari sini lah sesepuh dan para pemuda bersama perwakilan dari pemerintah daerah dan kota bermusyawarah untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Desa Adat Penglipuran ini sehingga pada akhir tahun 1993, desa adat ini ditetapkan sebagai Desa Wisata Penglipuran dengan Surat Keputusan Bupati No.115 tanggal 29 April 1993.

Mungkin kalian penasaran kenapa mereka menamai desa ini dengan desa Penglipuran. For your information, desa Penglipuran berasal dari kata pengeling dan pura yang memiliki arti mengingat tempat suci. Pada mula nya, orang-orang desa ini berasal dari Desa Bayung Gede, Kintamani, yang pindah permanen karena suatu hal ke desa Kubu Bayung, yang kini menjadi desa Penglipuran. Jadi, di desa inilah mereka akhirnya tinggal dan menjaga kearifan kebudayaan mereka.

Kini, semua tradisi dari leluhur di desa Penglipuran ini masih dijaga dengan ketat dan wajib jaga dan dilestarikan oleh seluruh lapisan masyarakat, khusunya orang-orang di Bali. Hal ini dilakukan berfungsi untuk sebagai perwujudan upaya melestarikan budaya yang dilakukan oleh orang-orang di Bali yang dikenal sebagai umat Hindu yang religius.

Yang uniknya dari desa ini adalah terletak di model rumahnya. Setiap rumah di desa ini memiliki sebuah pintu gerbang yang di namai Angkul-angkul. Semua rumah di desa ini seragam tapi tak serupa. Nyaris mirip sih sebenarnya karena rumah mereka memang sama persis. 

Kalau kalian ingin pergi ke desa Penglipuran ini, jangan khawatir kebanjiran deh, soalnya desa Penglipuran ini berada di ketinggian 700 mdpl. Selan itu, jangan khawatir juga kalian kesunyian, karena di desa ini sudah ramai orang. Di desa Penglipuran ini tercatat sudah memiliki 985 jiwa dalam 234 keluarga pada catatan sensus awal tahun ini. Mereka tersebar di 76 pekarangan yang terbagi rata di setiap sisinya dari total 112 hektar.

Jadi, seperti yang ku bilang tadi, desa Wisata Penglipuran Ini merupakan salah satu desa paling indah di Indoensia yang ingin ku kunjungi. Gak tau sih kapan, yang penting sudah ku masukin dalam travelling list ku. 


2 comments

4/19/2019

sudah lama pengen ke desa ini, belum kesampaian

But in fact, I cannot visit this village even though this tourist village is on the waiting list of my travel destinations.

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa follow dan share ya.
Name

Aceh,44,Affiliate,1,Artis,7,Automotive,14,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,26,Culture,8,English Zone,11,Events,22,Featured,34,Finance,4,Fitness,6,Gym,1,Hotel,10,I-Sing,10,Info,1,International,13,Kesehatan,3,Lifestyle,92,Lomba,2,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,8,Pesawat,13,PPG SM-3T,16,Property,3,Religi,1,Resep Masak,2,Review,26,Riau,16,Rommentiq,17,Shopping,8,Singapore,11,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,24,Timor Leste,1,Tips,38,Transportation,6,Travel,75,Viral,43,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Desa Wisata Penglipuran Bali, Desa Terindah di Indonesia
Desa Wisata Penglipuran Bali, Desa Terindah di Indonesia
Desa Wisata Penglipuran Bali, Desa Terindah di Indonesia, desa terindah di dunia 10 desa terbaik di indonesia 2019 100 desa terbaik di indonesia kepala desa terbaik di indonesia jumlah desa di indonesia 2019
https://3.bp.blogspot.com/-H4NE5OVBVNg/XLhZYmD6dNI/AAAAAAAAWuc/PmH50T6QCkgSL-u9shQ9n9ww6UIETT1cgCK4BGAYYCw/s1600/desa%2Bpenglipuran.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-H4NE5OVBVNg/XLhZYmD6dNI/AAAAAAAAWuc/PmH50T6QCkgSL-u9shQ9n9ww6UIETT1cgCK4BGAYYCw/s72-c/desa%2Bpenglipuran.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2019/04/penglipuran-desa-terindah-di-indonesia.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2019/04/penglipuran-desa-terindah-di-indonesia.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy