Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara Sendiri



Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara Sendiri, cek kanker payudara di prodia  cara mendeteksi kanker payudara secara manual  benjolan pada payudara  rumah sakit deteksi dini kanker payudara  sadari kanker payudara  pemeriksaan sadari pdf  deteksi dini kanker payudara pdf  pemeriksaan kanker payudara
Mirwaners! Sebagaimana yang selama ini sudah kita ketahui, kanker merupakan penyakit yang sulit disembuhkan dan dapat berdampak hingga terjadinya kematian. Salah satu jenis kanker yang sudah cukup banyak merenggut nyawa adalah kanker payudara. Kanker payudara ini 99% dialami oleh wanita, dan hal ini terjadi tidak hanya pada usia dewasa saja, melainkan pula dapat terjadi pada usia-usia remaja.


Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara Sendiri


Penyakit kanker payudara memang belum ada obatnya yang secara langsung dapat menyembuhkan. Walau demikian, kanker payudara ini dapat dicegah melalui penerapan pola hidup sehat dan deteksi kanker payudara sejak dini. Nah, oleh sebab itu, jangan menunda-nunda untuk mendeteksi adanya gejala kanker payudara. Adapun cara mudah deteksi kanker payudara sendiri dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut. Selamat membaca!

Cara mudah deteksi kanker payudara sendiri ini dapat anda lakukan di rumah, yakni dengan langkah-langkah berikut. 

• Berdirilah di depan cermin, kemudian posisikan kedua lengan lurus kebawah, dan perhatikan ada atau tidaknya benjolan, perubahan bentuk, warna, hingga ukuran (jika anda dapati perbedaan ukuran payudara kanan dan kiri, maka itulah ciri payudara yang normal)

• Posisikan kedua lengan ke atas hingga tangan berada di belakang kepala lalu tekan ke arah depan. Lakukan berulang-ulang dan amati apakah terdapat perubahan bentuk seperti cekungan atau benjolan.

• Posisikan lengan kiri ke atas dan pegang payudara kiri dengan tiga ujung jari yang dirapatkan. Buatlah gerakan memutar dengan lembut searah dengan jarum jam mulai dari bagian luar hingga mengarah ke bagian puting, serta buat gerakan ke arah atas dan bawah.

• Pada bagian puting, tekan secara perlahan dan amati, apakah terdapat cairan yang keluar. Pada ibu menyusui, cairan ini tidak sama seperti ASI, jadi harap diperhatikan dengan baik. 

• Posisikan tubuh berbaring dengan tangan kiri di bawah kepala dan bantal kecil di bawah punggung. Raba payudara secara merata dan amati apakah terdapat perbedaan bentuk.

• Terakhir, amati pula bagian dekat ketiak dan leher. Karena bagian tersebut juga sering menjadi indikasi terdapatnya gejala kanker payudara.

Indikasi Kanker Payudara


Kanker payudara ini dapat diindikasikan dengan beberapa aspek, yaitu:

Perhatikan adanya perubahan pada payudara, seperti:

Terdapat benjolan pada sekitar payudara, ketiak, atau leher
Kulit terasa lebih tebal
Ukuran payudara berubah drastis
Kulit payudara mengerut
Keluarnya cairan pada puting
Timbul rasa nyeri
Lengan atas bengkak
Perhatikan batas-batas payudara, yakni:
Batas bawah, yakni garis lingkar bawah payudara.
Batas atas, berjarak sekitar 1-2 jari dibawah clavicula.
Batas luar, garis tengah pada ketiak.
Batas dalam, garis tengah ruas dada.

Nah, jika tanda-tanda tersebut terdeteksi sejak dini, segera lanjutkan dengan pemeriksaan secara klinis. Pemeriksaan payudara ini sangat dianjurkan untuk dilakukan secara berkala, yakni sekali dalam sebulan. Adapun kegiatan deteksi payudara ini dapat mulai dilakukan pada wanita usia 20 tahun, dengan waktu pengecekkan yakni saat hari ke-7 hingga hari ke-10 mulai dari hari pertama haid, atau pada tiap tanggal yang sama bagi yang sudah menopouse.

Jika kita fahami lebih lanjut, gejala kanker payudara ini juga berbeda-beda tiap stadiumnya. Jadi penting sekali untuk kita segera mempraktikkan cara mudah deteksi kanker payudara sendiri. Untuk informasi lebih lanjut coba kunjungi https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/. Nah bila anda yang ingin melakukan pemeriksaan lebih lanjut melalui asuransi kesehatan, anda dapat kunjungi platform finansial, yakni Cekaja.com. Tetap semangat untuk hidup yang lebih sehat.




1 comment

Wah dulu pernah aku ada tumor payudara, semacam benjolan sebesar ukuran baso kecil, dipencet enggak sakit tapi bisa pindah-pindah tumornya. Kata dokter kalau dibiarin takutnya tumor ganas dan bisa jadi kanker payudara. Duh untung udah di operasi. Dan penyebabnya katanya gara-gara konsumsi junk food, emang dulu sering banget sih ke mcd. Tuh jangan sering-sering konsumsi junkfood yaa!

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa dibagikan kepada teman-teman ya. Kalian juga bisa tanya-tanya di Instagram @MirwanChoky
Name

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,2,Automotive,16,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,33,Culture,9,English Zone,15,Events,30,Fashion,1,Featured,8,Film,9,Finance,7,Fitness,7,Gym,1,Hotel,16,I-Sing,10,Info,3,International,17,Kesehatan,6,Lifestyle,106,Lomba,2,Lowongan Kerja,1,Malaysia,8,NTT,13,Pendidikan,10,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,26,Riau,17,Rommentiq,17,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,19,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,30,Timor Leste,1,Tips,39,Transportation,10,Travel,79,Viral,44,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara Sendiri
Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara Sendiri
Cara Mudah Deteksi Kanker Payudara Sendiri, cek kanker payudara di prodia cara mendeteksi kanker payudara secara manual benjolan pada payudara rumah sakit deteksi dini kanker payudara sadari kanker payudara pemeriksaan sadari pdf deteksi dini kanker payudara pdf pemeriksaan kanker payudara
https://1.bp.blogspot.com/-ZI035H_z4DI/XfGLknJvwSI/AAAAAAAAYQg/KXs5W5i_t3A3wLPa5ajDfYp5DDQaOM70gCK4BGAYYCw/s1600/payudara%2Bcowok.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-ZI035H_z4DI/XfGLknJvwSI/AAAAAAAAYQg/KXs5W5i_t3A3wLPa5ajDfYp5DDQaOM70gCK4BGAYYCw/s72-c/payudara%2Bcowok.jpeg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2019/12/cara-mudah-deteksi-kanker-payudara.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2019/12/cara-mudah-deteksi-kanker-payudara.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy