Inilah 3 Trik SEO untuk Tingkatkan Traffic Travel Blog



Inilah 3 Trik SEO untuk Tingkatkan Traffic Travel Blog, cara otomatis meningkatkan trafik blog, aplikasi seo untuk meningkatkan traffic pengunjung web
Mirwaners! Saat menjalani rutinitas sebagai travel blogger, kegiatan berwisata maupun jalan-jalan bukan hal utama yang harus kalian lakukan. Walau memang aktivitas piknik bisa membantu kalian dalam membuat konten travel, tapi pengelolaan blog secara teknis pun juga perlu diperhatikan. Jika kalian baru ingin memulai karir sebagai travel blogger, maka langkah awal seperti cara membuat blog WordPress untuk kebutuhan travel blog mutlak dilakukan. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, perkara teknis dalam pengelolaan blog tidak boleh ketinggalan dan harus benar-benar dikuasai.


Selain dengan cara membuat email di android smartphone untuk mempermudah komunikasi dengan klien maupun pihak sponsor yang ingin bekerja sama di blog kalian, hal teknis seperti SEO (Search Engine Optimization) juga harus ditekuni apabila kalian ingin menghasilkan lebih banyak pemasukan dari blog.


Tidak ada pengecualian khusus untuk SEO yang berlaku pada travel blog. Sama seperti niche blog lain, langkah awal yang perlu dilakukan untuk mengoptimasi konten di dalamnya adalah dengan melakukan riset kata kunci atau keyword research. Langkah ini yang nantinya juga akan menjadi penentu utama kesuksesan blog kalian untuk berada di halaman pertama Google.

Walau begitu, keyword research tidak serta merta menjadi satu-satunya pilar yang membuat sebuah blog travel sukses mencapai ranking teratas di mesin pencarian. Jika kalian menganggap keyword stuffing bisa menjadikan blog kalian sebagai kesayangan Google, kalian salah besar. Langkah ini malah dianggap sebagai spamming dan terlihat sangat mengganggu.


Akan sangat tidak tepat apabila kalian berharap bisa mendatangkan trafik organik dari Google dengan cara membombardir penulisan keyword secara gila-gilaan dalam satu artikel. Cara ini nantinya hanya akan merusak reputasi blog yang sudah kalian kelola. 

Dalam pemanfaatan keyword, sebaiknya kalian memilih yang paling relevan dengan konten yang ingin kalian buat. Lalu selain keyword, langkah apa saja yang perlu kalian lakukan agar travel blog kalian bisa banjir traffic?  

1. Perkaya Konten dengan Informasi Bermanfaat dan Penuh Insight

Ketika awal membuat blog, mungkin awalnya kalian hanya berniat menuliskan pengalaman kalian saat sedang melakukan perjalanan wisata. Seperti kegiatan plesiran pada umumnya, mengambil dokumentasi seperti foto dan merekam perjalanan dalam bentuk video adalah hal yang lumrah dilakukan. Sudah jalan-jalan, kenang-kenangan tidak boleh ketinggalan, dong.

Namun saat kita menganalisa lagi lebih jauh, adanya blog dengan niche travel bukan sekadar media untuk pamer kegiatan jalan-jalan saja. Lebih dari itu, ada banyak manfaat lain yang bisa kalian berikan melalui blog. Salah satu contohnya adalah dengan membagikan video maupun foto yang sudah kalian dokumentasikan melalui konten artikel yang kalian buat.

Dengan melengkapi artikel kalian menggunakan dokumentasi berupa foto, video, maupun data analisis lain, konten kalian akan terlihat lebih menarik dan insightful. Elemen ini juga yang nantinya akan membedakan konten artikel yang plain atau berisi tulisan saja. Melalui video dan foto, kalian menyuguhkan variasi konten yang beragam dalam satu artikel blog.

Melalui konten yang bervariasi, kalian tidak hanya membuat konten tersebut untuk diri kalian sendiri, tetapi juga mengakomodir kebutuhan pembaca yang juga beragam. Saat memberikan informasi seputar tempat wisata yang dikunjungi, kalian bisa memberikan gambaran lebih jauh mengenai pengalaman apa saja yang juga harus dirasakan pembaca saat berkunjung ke sana.

2. Manfaatkan Penggunaan Internal Link Semaksimal Mungkin

Jika kalian sudah memberikan informasi yang insightful pada konten travel yang dibuat, langkah selanjutnya adalah menambahkan internal link di dalamnya. Dalam SEO, internal link menjadi aspek yang cukup penting untuk mengoptimasi konten. Salah satunya untuk membuat pembaca semakin semakin betah dan angka bounce rate pun semakin rendah.

Jika dilihat dari cara kerja internal link yang menghubungkan satu halaman ke halaman yang lain dalam suatu blog, sangat masuk akal apabila pada akhirnya elemen inilah yang menjadi salah satu faktor pembaca bertahan lama di blog. Misalnya kalian membuat artikel tentang wisata murah Jogja, kalian bisa menambahkan internal link menuju artikel tentang wisata murah di kota lain yang sudah pernah kalian publikasikan sebelumnya.

Dalam penambahan internal link, akan lebih baik apabila kalian menambahkannya secara natural pada rangkaian kalimat yang kalian tulis di badan artikel. Secara sistem, algoritma dari mesin pencarian seperti Google akan mengutamakan blog yang kontennya saling berhubungan dan kalian bisa menunjukkan hubungan antar konten itu melalui internal link yang tertulis secara natural. Dampak jangka panjangnya pun akan terasa apabila kalian benar-benar menekuninya.

3. Percepat Akses Loading Blog

Selain penempatan internal link yang tepat, faktor lain yang juga akan membuat pengunjung blog betah berlama-lama saat membaca adalah akses loading yang cepat. Akses yang cepat ini sudah pasti akan mempermudah pembaca untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain di blog kalian, tentunya tanpa membuang waktu lama untuk menunggu proses loading-nya.

Bayangkan saja jika blog travel yang kalian kelola memiliki akses loading yang sangat lambat. Bukannya betah, para pembaca bisa jadi langsung ngambek dan tidak ingin kembali berkunjung ke blog kalian. Informasi yang kalian suguhkan pun tidak akan dibaca. Bagaimana mau dibaca, membuka halamannya saja sudah tidak minat karena sangat lambat.


Oleh karena itu, sangat penting bagi para travel blogger untuk memberikan kenyamanan akses dengan menampilkan desain blog yang rapi dan tidak terlalu banyak plugin di dalamnya. Konten seperti gambar sebaiknya dikompres terlebih dulu agar konten tetap “ringan” saat diakses dan kecepatan loading menjadi lebih baik.

Dari tiga trik SEO di atas, mana yang sudah kalian coba? Apabila kalian belum pernah mencoba ketiganya sama sekali, sekarang waktu yang tepat untuk memanfaatkannya sebaik mungkin di blog kalian. Selamat mencoba!




2 comments

Saya masih bingung dengan istilah 'riset keyword' dan penerapannya pada blog. Mungkin mas Mirwan bisa membuat artikelnya secara lebih spesifik di kesempatan mendatang.

Terimakasih.

2/11/2020

Kalau mau buat blog travel, apa harus suka jalan-jalan ya mas?

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa dibagikan kepada teman-teman ya. Kalian juga bisa tanya-tanya di Instagram @MirwanChoky
Name

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,2,Automotive,17,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Blogging Tips,5,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,36,Culture,9,English Zone,15,Events,30,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,14,Fitness,7,Gym,1,Hotel,17,I-Sing,10,Info,4,International,20,Kesehatan,7,Lifestyle,107,Lomba,2,Lowongan Kerja,1,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,11,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,18,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,19,Skin Care,1,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,32,Timor Leste,1,Tips,39,Transportation,10,Travel,86,Viral,4,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Inilah 3 Trik SEO untuk Tingkatkan Traffic Travel Blog
Inilah 3 Trik SEO untuk Tingkatkan Traffic Travel Blog
Inilah 3 Trik SEO untuk Tingkatkan Traffic Travel Blog, cara otomatis meningkatkan trafik blog, aplikasi seo untuk meningkatkan traffic pengunjung web
https://4.bp.blogspot.com/-LI0fOp2pO6A/Xji8o6Mu-XI/AAAAAAAAYcU/XktU-DCx3dAnaLmx3dn61WKDv7xuaLmWwCK4BGAYYCw/s1600/106%2Bmirwan%2Bchoky.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-LI0fOp2pO6A/Xji8o6Mu-XI/AAAAAAAAYcU/XktU-DCx3dAnaLmx3dn61WKDv7xuaLmWwCK4BGAYYCw/s72-c/106%2Bmirwan%2Bchoky.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2020/02/cara-tingkatkan-traffic-travel-blog.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2020/02/cara-tingkatkan-traffic-travel-blog.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy