5 Kesalahan Fatal Saat Membeli Asuransi Jiwa Terbaik



asuransi jiwa terbaik, asuransi jiwa terbaik dan terpercaya, asuransi jiwa terbaik di indonesia

Mirwaners! Di tengah masa pandemi, tidak sedikit orang yang mulai memikirkan untuk membeli asuransi jiwa. Memang, sudah sewajarnya Anda memiliki asuransi jiwa mengingat tak ada seorang pun yang tahu apakah yang akan terjadi pada esok hari. Itu sebabnya, sangat penting untuk memiliki asuransi jiwa terbaik dan terpercaya untuk melindungi Anda dan keluarga. Tak perlu tunggu lama lagi, segera kunjungi website PFI Mega Life.

Manfaat asuransi jiwa untuk Anda dan keluarga


Asuransi jiwa, baik itu asuransi jiwa murni maupun plus unit link, bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda dan keluarga. Yuk, simak beberapa manfaatnya di bawah ini.

1. Perlindungan atas risiko musibah

Dalam hidup, risiko terjadinya musibah pada manusia merupakan satu hal yang bisa muncul kapan saja. Apalagi, jika musibah tersebut menyebabkan seseorang yang menjadi tulang punggung keluarga meninggal, dampaknya bisa memberatkan seluruh anggota keluarga kedepannya. Di sinilah peran asuransi jiwa untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

Lewat asuransi jiwa, pemegang polis bisa mengalihkan risiko yang ditanggung pada perusahaan asuransi yang menjadi penyedia asuransi jiwa. Dengan membayar premi sebagai biaya pengalihan, saat tertanggung meninggal dunia, keluarga selaku ahli warisnya akan mendapatkan manfaatnya.

2. Perlindungan pada keluarga yang ditinggalkan

Mendapatkan manfaat asuransi jiwa setelah tertanggung meninggal dunia adalah salah satu bentuk perlindungan bagi keluarga yang ditinggalkan. Manfaat asuransi jiwa yang biasanya berupa uang tunai, dapat digunakan untuk melanjutkan rencana masa depan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Mulai dari pendidikan anak, kebutuhan keluarga, dan hal-hal lain yang membutuhkan dukungan finansial bisa dilindungi jika pencari nafkah meninggal.

3. Perlindungan atas keuangan keluarga

Dalam kehidupan berkeluarga, keuangan keluarga adalah elemen penting yang memastikan kelangsungan hidup keluarga tersebut. Asuransi jiwa menjadi salah satu komponen yang amat penting dalam perencanaan keluarga karena mampu memberikan proteksi atas kondisi keuangan keluarga.
Dengan adanya proteksi tersebut, pos-pos keuangan yang telah diatur bisa dihindarkan dari goncangan saat pemasukan utama hilang ketika tulang punggung keluarga meninggal. Keuangan keluarga yang tetap stabil saat salah satu anggota keluarga meninggal memungkinkan keluarga tersebut untuk terus menjalani hidup dengan baik.

Kesalahan saat Membeli Asuransi Jiwa

 
asuransi jiwa terbaik, asuransi jiwa terbaik dan terpercaya, asuransi jiwa terbaik di indonesia

Ada bermacam jenis proteksi yang tersedia saat ini. Perusahaan asuransi telah menyiapkan inovasi produk asuransi agar bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Dengan memilih proteksi yang tepat, Anda bisa melindungi semua aspek hidup keluarga Anda secara penuh.

Sayangnya, banyak orang yang melakukan kesalahan dalam membeli asuransi jiwa. Kesalahan-kesalahan yang terjadi bisa mengakibatkan berkurangnya manfaat asuransi, atau bahkan hilang sama sekali. Hasil akhirnya, ekspektasi yang diharapkan jauh dari kenyataan. Untuk menghindarinya, berikut ini lima kesalahan fatal yang biasa dilakukan orang saat membeli asuransi jiwa yang sebaiknya Anda hindari.

1. Memilih uang pertanggungan yang terlalu kecil

Uang pertanggungan menentukan manfaat yang akan dibayarkan perusahaan asuransi jika tertanggung meninggal. Bisa dibilang, uang pertanggungan adalah alasan mengapa seseorang membeli asuransi jiwa. Karena itu, uang pertanggungan yang kecil akan memberikan manfaat yang kecil pula untuk keluarga yang ditinggalkan oleh tertanggung.

Jumlah yang kecil atau besar kadang relatif bagi tiap orang. Nominal yang menurut Anda kecil, bisa jadi dianggap besar oleh orang lain. Karena itu, perlu ada patokan tertentu untuk menentukan apakah uang pertanggungan yang Anda pilih termasuk besar atau tidak untuk Anda.

Sebenarnya, cara untuk menentukan besar atau tidaknya uang pertanggungan adalah dengan melihat seberapa banyak biaya hidup Anda dan keluarga setiap bulan. Sebagai contoh, jika Anda mendapat tawaran untuk membeli asuransi jiwa dengan uang pertanggungan senilai Rp 300 juta, bagilah nominal tersebut dengan biaya hidup Anda dalam sebulan. Jika biaya hidup sebulan sekitar Rp 10 juta, uang pertanggungan tersebut bisa digunakan untuk 30 bulan.

Jumlah tersebut masih hitungan kasar, belum dipotong nilai inflasi. Jika rata-rata kenaikan biaya hidup karena inflasi mencapai 6-7% per tahun, semakin tahun nilai uang pertanggungan akan semakin kecil. Karena itu, setidaknya, estimasi nilai uang pertanggungan yang cukup adalah nilai uang pertanggungan dikalikan dengan 1% dari biaya hidup bulanan Anda. Sebagai contoh, jika biaya hidup bulanan Anda adalah Rp 5 juta per bulan, uang pertanggungan minimum adalah Rp 500 juta.

2. Fokus pada nilai investasi, bukan nilai pertanggungan

Belakangan ini, banyak produk asuransi jiwa plus investasi yang ditawarkan pada masyarakat. Produk asuransi yang demikian disebut dengan unit link. Pada dasarnya, unit link adalah salah satu produk asuransi yang bermanfaat bagi orang yang membutuhkannya, untuk memproteksi diri sekaligus berinvestasi. Pada asuransi jenis ini, hasil investasi akan ditambahkan pada uang pertanggungan.

Permasalahannya adalah, banyak orang fokus pada nilai investasi yang bisa didapatkan alih-alih pada nilai pertanggungannya. Hal ini menjadi fatal akibatnya karena nilai hasil investasi bukanlah sesuatu yang pasti. Jadi nilai yang diproyeksikan di awal belum tentu menghasilkan nominal yang digambarkan beberapa tahun ke depan.

Orang yang fokus pada nilai investasi dan melupakan apakah nilai pertanggungan cukup untuk melindungi keluarga atau tidak bisa-bisa mendapatkan nominal total yang jauh dari bayangan. Anda perlu ingat bahwa investasi sangat fluktuatif tergantung pada kondisi pasar. Saat pasar buruk, hasil investasi juga akan buruk.

Dalam asuransi jiwa plus investasi, yang pasti adalah nilai pertanggungan. Jadi, Anda harus memperhatikan baik-baik nilai uang pertanggungan, bukan nilai investasinya.

3. Salah menentukan tertanggung

asuransi jiwa terbaik, asuransi jiwa terbaik dan terpercaya, asuransi jiwa terbaik di indonesia

Kelihatan sepele, tetapi nyatanya masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menentukan tertanggung. Agar tidak melakukan kesalahan dalam menentukan tertanggung, Anda harus memahami posisi tertanggung dalam asuransi jiwa. Tertanggung adalah pihak yang jika ia meninggal, maka perusahaan asuransi akan membayarkan uang pertanggungan.

Dalam menentukan tertanggung dalam sebuah keluarga misalnya, yang terpenting untuk dipilih menjadi tertanggung adalah orang yang bekerja dan menjadi tulang punggung keluarga. Dengan demikian, jika si tertanggung meninggal dunia, anggota keluarga yang tidak bekerja atau berpenghasilan akan terbantu dengan adanya uang pertanggungan.

Namun faktanya, masih banyak yang menjadikan anak atau pasangan—baik suami atau istri, yang tidak bekerja sebagai tertanggung. Akibatnya, ketika tulang punggung keluarga meninggal, tidak ada santunan yang diterima padahal tidak ada lagi penghasilan dalam keluarga.

Dewasa ini, banyak suami istri yang sama-sama bekerja. Jika demikian, sangat ideal jika keduanya sama-sama memiliki asuransi jiwa dan menjadi tertanggung. Untuk skala prioritas, sebaiknya didahulukan yang memiliki penghasilan lebih besar. Dengan berpenghasilan lebih besar, orang tersebut memiliki risiko keuangan yang lebih besar pula.

4. Membeli jenis asuransi yang tidak dibutuhkan

Memiliki asuransi jiwa murni yang tidak ada embel-embel lain di belakangnya adalah hal wajib. Namun, tidak demikian dengan asuransi jenis lain seperti asuransi jiwa plus investasi atau unit link. Sebagaimana sempat disinggung di poin sebelumnya, unit link bisa memberikan manfaat untuk orang yang membutuhkannya. Meski demikian, unit link juga bisa menjadi tidak berguna setelah Anda membelinya.

Pada kasus bagaimana unit link tidak memberikan manfaat bagi Anda? Salah satunya adalah pada situasi ketika Anda telah memiliki jenis investasi lain seperti saham atau reksa dana.  Memiliki investasi saham atau reksa dana berarti seluruh dana yang Anda setorkan digunakan untuk investasi sehingga hasilnya bisa maksimal.

Pada unit link, dana yang dibayarkan terbagi-bagi menjadi premi, investasi, dan biaya-biaya lainnya. Sudah jelas hasil investasi jadi lebih kecil, uang pertanggungan pun biasanya lebih kecil dari asuransi jiwa murni.

Situasi lain adalah yang biasanya terjadi pada mereka yang masih single dan belum berkeluarga. Mereka yang masuk dalam golongan ini banyak yang membeli unit link sebenarnya adalah untuk alasan investasi, tidak fokus pada proteksi jiwa atau uang pertanggungannya. Alasan yang umum diutarakan adalah karena mereka butuh investasi dan asuransi jiwa sebagai bonusnya.

Hal yang demikian adalah kesalahan yang sangat merugikan karena tujuan mereka adalah investasi, namun nilai investasinya jadi kecil karena harus membayar premi asuransi jiwa. Di sisi lain, jika masih lajang dan belum ada tanggungan keluarga, kenapa harus membeli asuransi jiwa? Akan lebih baik jika dialihkan pada asuransi lain atau murni investasi sekalian.

5. Membeli asuransi tambahan yang tidak perlu

Kesalahan lain yang banyak dilakukan orang saat membeli asuransi jiwa adalah mereka juga membeli asuransi tambahan yang tidak perlu. Asuransi tambahan di luar asuransi pokok biasa disebut rider. Mengambil rider akan menambahkan beban premi yang seharusnya. Memang, rider memberikan manfaat tersendiri bagi pemegang polis, karena itu perlu dipikirkan matang apakah manfaatnya lebih besar daripada nilai yang harus dibayarkan. Saat agen asuransi menawarkan rider kepada Anda, perhatikan baik-baik persyaratan maupun keterangan rider yang ditawarkan tersebut.  

Memahami pentingnya asuransi jiwa bagi Anda dan keluarga tentu menuntut Anda untuk menemukan asuransi jiwa terbaik dan terpercaya. Dengan mempercayakan kebutuhan proteksi Anda pada perusahaan asuransi yang kredibel, Anda akan mendapatkan manfaatnya secara penuh dan tak perlu lagi mengkhawatirkan keluarga Anda. Untuk itu, Anda bisa mempercayakannya pada PFI Mega Life yang menyediakan asuransi jiwa terbaik di Indonesia untuk Anda.

PFI Mega Life menyediakan berbagai produk asuransi sesuai kebutuhan. Anda bisa mendapatkan manfaat berupa perlindungan asuransi jiwa. Produk Asuransi Mega Comforta dilengkapi perlindungan terhadap penyakit kritis dan meninggal dunia akibat kecelakaan. Ada pula asuransi jiwa berjangka Mega Term Protection yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia dan cacat tetap karena kecelakaan maupun bukan kecelakaan.

Selain asuransi jiwa, tersedia pula asuransi kesehatan Mega Hospital Investa. Anda akan mendapatkan ketenangan saat dirawat di rumah sakit, yaitu pada kondisi rawat inap yang mengakibatkan hilangnya potensi penghasilan harian. Asuransi kesehatan ini juga menyediakan manfaat lengkap bagi Anda berupa Santunan Harian Rawat Inap, No-Claim Bonus, serta Santunan Meninggal Dunia.




Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa dibagikan kepada teman-teman ya. Kalian juga bisa tanya-tanya di Instagram @MirwanChoky
Name

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,2,Automotive,17,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Blogging Tips,5,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,36,Culture,9,English Zone,25,Events,31,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,14,Fitness,54,Gym,1,Hotel,18,I-Sing,10,Info,4,International,20,Kesehatan,7,Lifestyle,107,Lomba,2,Lowongan Kerja,1,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,14,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,18,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,19,Skin Care,1,Smartphone,5,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,32,Technology,3,Timor Leste,1,Tips,39,Transportation,10,Travel,88,Viral,4,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: 5 Kesalahan Fatal Saat Membeli Asuransi Jiwa Terbaik
5 Kesalahan Fatal Saat Membeli Asuransi Jiwa Terbaik
Ingin perlindungan maksimal untuk diri dan keluarga Anda? Hindari 5 kesalahan fatal berikut saat membeli asuransi jiwa terbaik!
https://lh3.googleusercontent.com/-YjJpF4aPc5g/X28dtYOdcCI/AAAAAAAAZFE/tA6-TWj3DZkMHzt49ZO3YqxI2QjsYRVewCLcBGAsYHQ/s16000/09.%2Bheader.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-YjJpF4aPc5g/X28dtYOdcCI/AAAAAAAAZFE/tA6-TWj3DZkMHzt49ZO3YqxI2QjsYRVewCLcBGAsYHQ/s72-c/09.%2Bheader.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2020/09/5-kesalahan-fatal-saat-membeli-asuransi.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2020/09/5-kesalahan-fatal-saat-membeli-asuransi.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy