Sungai Gulamo, Wisata Riau yang Mempesona Menyejukkan Mata

Sungai Gulamo, Wisata Riau, wisata pekanbaru  tempat wisata di riau   wisata kampar   air terjun riau  makanan khas riau  pantai di riau
Pagi itu sangat indah. Tapi hati ku deg-degan karena ini pertama kalinya aku bergabung dan ngetrip bareng anak Couchsurfing Pekanbaru. Aku sebagai orang introvert ya pasti was-was ketika pertama kali gabung dengan orang baru, apa lagi saat travelling. Tapi mereka kan anak traveller, pastinya aku bakalan nyaman-nyaman aja, karena aku sendiri juga memang seorang yang suka travelling, meski masih newbie. Berteman dengan anak traveller itu ibaratnya “kita se-atmosfir”. Kalau ngomong nyambung. Jadi, ya aku nyantai aja akhirnya. So guys, ngetrip kali ini adalah ke salah satu wisata di Riau, yaitu Sungai Gulamo.

Jadi, di pagi itu yang gak dingin-dingin amat, karena Pekanbaru memang selalu hangat, aku menunggu mereka jemput aku di jalan depan Universitas Riau. Saat itu adalah pukul 5.00 pagi. Beberapa menit kemudian akhirnya mereka datang dengan mobil yang siap membawa ku ke wisata Sungai Gulamo . Ku lihat wajah-wajah mereka yang penuh ceria. Ah, dasar anak traveller! Kalau lagi ngetrip bukan main senangnya.

Dan akhirnya kami menuju ke wisata Sungai Gulamo bersama-sama. By the way, wisata Sungai Gulamo ini berlokasi di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kami berangkat dari Pekanbaru, jadi hampir 2 jam kami di perjalanan menunju lokasi. Dua jam itu mah gak terasa lho, soalnya kami asik ngobrol-ngobrol tentang pengalaman ngetrip kami masing-masing saat diperjalanan. Aku suka banget dengerin cerita mereka. Aku jadi tau beberapa hal tentang dunia luar negeri. Tapi aku sedikit minder, ternyata mereka sudah melanglang buana kemana-mana sampai ke ujung dunia. Sedangkan aku, masih saja merayap disekitaran Singapura dan Malaysia.

Ketika sampai di dermaga, kami parkir mobil disana, ganti baju, dan mulai naik kapal menuju ke lokasi wisatanya yaitu sungai Gulamo. Kami hanya membayar Rp. 600 ribu untuk sewa kapal yang mana kapalnya bisa ditumpangi maksimal 12 orang. Dari dermaga ke sungai Gulamo itu memakan waktu sekitar 1 jam. Disaat menuju ke sungai Gulamo menggunakan kapal, kami menyaksikan suasana alam yang sangat memukau. Kami melewati jembatan PLTA. Sejak dari jembatan itu, kami sudah mulai disajikan dengan pemandangan danau yang sangat mempesona, terlihat bangkai pohon yang cukup banyak terhampar di permukaan danau yang membuat pemandangan danau menjadi eksotis. Katanya sih, dulunya pohon itu ditenggelamkan oleh perusahaan saat membuat dam untuk waduk PLTA.

Setelah asyik mengitari Danau PLTA tersebut, kemudian kami bertemu dengan aliran masuk ke Sungai Gulamo. Tandanya, pada sisi kiri dan kanan sungai dipagari tebing-tebing curam dengan ketinggian mencapai sekitar 10-15 meter lebih. Perlahan tapi pasti saat memasuki Sungai Gulamo, air sungai mulai berubah warna menjadi hijau terang dan udaranya cukup sejuk. Suasana cukup tenang dengan kicauan burung dan hewan disana. Ini lah suasana yang didamba-dambakan buat ngilangin stres karena rutinitas pekerjaan yang padat.
Beberapa menit kemudian, kami bertemua dengan dua air terjun yang airnya seakan-akan mengisi penuh Sungai Gulamo. Kami berhenti sebentar di air terjun tersebut sembari berfoto-foto. Beberapa menit kemudian, kami lanjut perjalanan. Semakin ke ujung Sungai Gulamo, kami menjumpai batu-batu besar yang indah di kiri kanan. Air sungai yang semakin berubah menjadi jernih membuat kami bisa melihat pasir-pasir putih yang ada di dasar sungai. Nah, disinilah kami dapat berenang dengan aman sambil menikmati dingin dan segarnya air Sungai Gulamo. Sekali-sekali kami terjun dari tingginya batu besar ke sungai itu.

Disaat itu, kami benar-benar menyaksikan kombinasi keindahan awan biru diatas langit, hijaunya pepohonan yang tumbuh bak hutan yang masih perawan, jernihnya air di hulu sungai Gulamo sejernih bola mata yang sedang menatap keindahannya. Gak cuma itu, jernihnya sungai Gulamo yang membelah bebatuan dan tebing tebing tinggi membuat mata kami tak berkedip menyaksikan pesona yang menyejukkan mata dan meneduhkan jiwa. Kami se akan akan terbius dengan suguhan betapa indahnya maha karya dari sang pencipta.

Nah, itulah pengalaman ku ketika berkunjung ke wisata sungai Gulamo. Rasa-rasanya ingin kembali jalan-jalan kesana. Bersama teman-teman untuk sekedar menyaksikan kembali dan mengunjungi kembali destinasi wisata alam yang menghadirkan sejuta pesona itu. Tapi kapan ya? Ohya, untuk melihat vlog perjalan ini, bisa lihat dibawah ini ya.

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com

14 comments

9/14/2020

seru sekali keliling menyusuri sungai, ada air terjunnya pula

Serunyaa ... di Kabupaten Kampar ya sungainya ini. Saya sampai buka peta lagi, dulupernah tinggal di Minas, kab. Siak. Rupanya gak jauh-jauh amat dari Siak, berbatasan malah tapi tidak pernah ke Sungai Gulamo.

seru bEner PErjaLanannya, alamnya jg indah banget, asik ih jalan bareng temen temen couchsurfing

Jarang-jarang loh ada yang membahas destinasi wisata di Riau. Ini beda! Pertama kalinya saya baca. Eh, apa banyak tapi saya terlalu mojok duduknya, makanya nggak kelihatan? Hahaha ...

Coachsurfer tuh memang seluruh dunia ada kan, ya? Kayaknya kalau gabung sama mereka, saya bakal jiper juga karena jalan-jalannya masih di situ-situ aja. Balik lagi ke Riau, yang banyak diceritakan teman-teman di sana adalah Riau yang panas. Wah, ternyata ada pesona tersembunyi juga ya, Bang.

Hhiihi...kak Mirwan emang anti-mainstream yaa..
Itu wajah antara happy sama sog imut, perpaduan yang bagus sekali saat menyusuri Sungai Gulamo.
Amazing melihat pemandangan yang indah.

Belum pernah sampai Riau, kudu direncanakan bisa sampai ke sini untuk bisa menikmati wisata sungai Gulamo.

Belum pernah ke Riau. Tapi lihat postingan tentang sungai gini, jadi kangen main air di sungai euy. Sebelum pandemi, saya sering banget eksplor sungai-sungai di Lombok.

Kangen banget eui sama yang namanya main2 di sungai apalagi nemu air terjun.
APalagi kalau sungainya jernih banget. Di sini aku jarang nemu hehe sungai jernih huhu.
Kalau ajak anak kecil ke sana bisa gak ya kira2?

9/15/2020

Riau punya destinasi wisata air yang menarik yaa. Sungai Gelamo napak jernih. Pantes nih mas Coky suka wisata air

Wop! Gak pakai lama! Corona agak reda, langsung cus! Ambil cuti langsung pergi!

Kalau pandemi udah kelar mau pula nih menyusuri sungai seperti itu, sambil bertafakur alam.

Wah bisa jadi referensi liburan nih, tapi kalau covid gini Misti nunggu dulu jarang2 nemu yg fresh gini di riau

Indah sekali Kak. Namanya lucu ya. Bening jadi pengen main juga ke sungai ini. Aku suka wisata air meski ga bisa renang hahaha

9/16/2020

Indah sekali air terjunnya, duh seru ya travelling sekarang, tinggal cari grup yang sevisi 👏👍

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Sungai Gulamo, Wisata Riau yang Mempesona Menyejukkan Mata
Sungai Gulamo, Wisata Riau yang Mempesona Menyejukkan Mata
Sungai Gulamo, Wisata Riau, wisata pekanbaru tempat wisata di riau wisata kampar air terjun riau makanan khas riau pantai di riau
Mirwan Choky
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy