15 Tips Mengatur Keuangan Ala Raditya Dika



tips mengatur keuangan pribadi  rumus mengatur keuangan  cara mengatur keuangan usaha  cara mengatur keuangan bulanan  cara mengatur keuangan 50-3020  cara mengatur keuangan gaji 2 juta  tips mengatur keuangan saat pandemi  cara mengatur keuangan keluarga Raditya Dika

Mirwaners! Kalian pada tau gak sih kalau aku itu salah satu orang yang sangat konsumtif? Maksudnya aku tipe orang yang suka memfoya-foyakan uang ketika baru gajian dan mulai berhemat diakhir bulan. Ini tentunya bukan hal yang bagus. Menyadari hal ini, aku langsung mencari tips di Youtube bagaimana cara mengatur keuangan. Dan aku ketemu videonya Raditya Dika di pencarian Youtube yang membahas tentang tips mengatur keuangan. Aku langsung nonton videonya dari awal sampai akhir. 



Pada akhirnya, aku bisa menyimpulkan tips mengatur keuangan dari video Raditya Dika tersebut. Point-point yang ku dapat adalah seperti berikut : 

TIPS MENGATUR KEUANGAN

1. Beli barang untuk diri sendiri. Belilah barang karena kalian hepi, bukan karena mau impress orang lain. 

2. Waktu adalah teman terbaik untuk investasi. Semakin lama kalian berinvestasi, semakin besar hasil akhirnya. 

3. Uang keluar harus lebih sedikit dari uang masuk. Vice versa. 

4. Tidak hutang dan tidak mau dihutangin. Setiap kali ada orang mau hutang, tanya ke orang itu: "gimana kalau elu kasih gua suatu value (misalnya: kerja) buat gua, biar gua bisa bayar elu. Jadi gak ada hutang-hutangan. Jikalau hutang, gunakanlah untuk aset yang bisa bertumbuh. Kalau bisa hindari hutang. Hindari juga hutang melalui kartu kredit. 

5. Bayar sesuatu itu cash, walaupun bayarnya 100% setiap bulan. Pakai cash, karena lebih sakit untuk pakai uang dalam bentuk cash. 

6. Fokus ke penghasilan. Gaji itu beda dengan penghasilan. Yang benar adalah bagaimana kalian menambah penghasilan kalian. Paling gampang dengan membuka revenue stram yang berbeda dengan keahlian kalian yang ada. Telusuri lagi keahlian kalian. 

7. Pelajari instrumen investasi dengan tujuan finansial kalian. Investasi pakai instrumen dengan resiko rendah, misalnya untuk: beli hp. Investasi pakai instrumen seperti saham, misalnya untuk: dana pensiun. Googling tentang saham kalau gak ngerti. 

8. Banyak penghasilan bukan berarti banyak pengeluaran. Jangan kaget dengan uang yang banyak, hindari pemikiran semacam: uang bisa dicari lagi. Karena penghasilan naik, maka kemungkinan investasi juga lebih banyak. Dibandingkan foya-foya, miliki lah mindset investasi tersebut. 

9. Punya budget. Min 10%, gunain penghasilan kalian untuk investasi. Alokasikan untuk investasi. Normal 10%-20%, di satu cerita Raditya Dika: 70% untuk invest. 

10. Beli lah pengalaman. Karena rasa hepi yang didapat lebih berbeda ketimbang kalian beli benda. Misal: ajak makan keluarga. 

11. Beli barang, pikirkan cost per use nya. Jumlah biaya setiap kali kalian menggunakan barang itu. Misal: mau beli ban pinggang mewah, daripada beli ban pinggang seharga 10jt yang umurnya hanya 1-2 tahun, lebih baik beli ban pinggang seharga 10jt yang umurnya panjang. Beli yang mewah-mewah bagus sekalian. 

12. Usahakan kalau belanja, sendirian. Karena kalau sama teman, bisa dihasut. 

13. Bayar pajak dan donasi. Kalau kalian punya uang banyak, kalian juga harus bayar pajak. Jalani saja kewajiban kalian sebagai warga negara. Donasi: melalui memberi sesuatu ke orang lain, kalian akan dapat kebahagiaan yang lain, ketimbang barang/pengalaman. 

14. Hubungan dengan uang adalah hubungan kebiasaan. Semua itu harus kalian biasakan. Perlu komitmen dan fokus. Hindari kalau stress dikit, belanja. Yang penting adalah bagaimana caranya kalian bisa memaintainnya. Misalnya: stress, dimaintain dengan meditasi atau ngobrol dengan teman. 

15. Temukan pasangan yang perilakunya terhadap uang sehat. Jangan sampai sikap kalian yang sudah sehat tentang uang, tiba-tiba saat mau nikah, uang nya pas-pas an. Komunikasikan sikap uang kalian kepada pasangan kalian dari zaman pacaran, atau komunikasikan dengan baik. Saling komunikasikan. Sampai benar-benar saling tahu sikap masing-masing terhadap uang. Agar rumah tangga yang kalian jalani nanti lancar, terhindar dari konflik. Karena biasanya persoalan uang bisa menjadi sumber konflik yang lumayan besar. 

Jadi, demikian lah 15 Tips Mengatur Keuangan Ala Raditya Dika. Kalau tulisan ini bermanfaat, silakan di share ke teman-teman dan social media ya.



Klik like supaya selalu dapat info-info terbaru!


Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa dibagikan kepada teman-teman ya. Kalian juga bisa tanya-tanya di Instagram @MirwanChoky
Name

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,2,Automotive,17,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,5,Blogging Tips,5,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,36,Culture,9,English Zone,25,Events,31,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,19,Fitness,56,Gym,1,Health,6,Hotel,18,I-Sing,10,Info,5,International,20,Kesehatan,11,Lifestyle,107,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,14,Percetakan,3,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,18,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,5,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,32,Technology,3,Timor Leste,1,Tips,40,Transportation,11,Travel,90,Viral,4,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: 15 Tips Mengatur Keuangan Ala Raditya Dika
15 Tips Mengatur Keuangan Ala Raditya Dika
tips mengatur keuangan pribadi rumus mengatur keuangan cara mengatur keuangan usaha cara mengatur keuangan bulanan cara mengatur keuangan
https://1.bp.blogspot.com/-5Iwj1XU7fmQ/X7yN0kFn7fI/AAAAAAAAZM4/S8yCglmYCmsKDEnfSFXegnV6IOABqCAUACLcBGAsYHQ/s16000/RADITYA%2BDIKA.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-5Iwj1XU7fmQ/X7yN0kFn7fI/AAAAAAAAZM4/S8yCglmYCmsKDEnfSFXegnV6IOABqCAUACLcBGAsYHQ/s72-c/RADITYA%2BDIKA.JPG
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2020/11/15-tips-mengatur-keuangan-ala-raditya.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2020/11/15-tips-mengatur-keuangan-ala-raditya.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy