Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Vaksin Covid-19, Manfaat dan Efek Sampingnya?

Apa Itu Vaksin Covid-19, Manfaat dan Efek Sampingnya?

Mirwaners! Berdasarkan statistik, angka korban Corona di Indonesia semakin lama semakin naik. Per hari ini, 16 Desember 2020, total kasus di Indonesia mencapai 629.000 kasus. Hal ini tentunya membuat masyarakat Indonesia belum bisa hidup dengan tenang. Mereka terpaksa selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan setiap hari. Hal ini dilakuakn dalam upaya untuk pencegahan penyebaran virus corona. 


Apa Itu Vaksin Covid-19, Manfaat dan Efek Sampingnya?

Berita gembiranya adalah hari ini vaksin covid-19 sudah ditemukan. Tapi masih belum siap disebarkan. Masih dalam tahap pengujian. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih melakukan penelitian sebelum mengeluarkan izin penggunaan. 


Apa itu vaksin? 

Vaksin adalah suatu zat atau senyawa yang berguna untuk menciptakan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Vaksin Covid-19 diciptakan untuk membuat kita kebal terhadapa virus corona. Sebenarnya vaksin terdiri dari berbagai macam jenis dan kandungan. Setiap jenis vaksin dapat melindungi kita terhadap berbagai penyakit yang berbahaya dan beberapa manfaat lainnya.


Manfaat Vaksin

Para ahli menciptakan vaksin tentunya karena ada manfaatnya. Manfaat utama vaksin adalah untuk mencegah penyakit menular. Dengan adanya pemberian vaksin ditubuh kalian, maka tubuh kalian mendapat pertahanan dan perlindungan dari berbagai penyakit infeksi yang tentunya sangat berbahaya. 


Efek Samping Vaksin Covid-19

Setiap obat pasti memiliki efek samping, hanya kadar persen nya saja yang berbeda-beda. Apa lagi jika dipakai dalam jangan waktu yang panjang. Begitu juga dengan vaksin, vaksin juga memiliki efek samping. Efek sampingnya bisa beragam seperti menimbulkan rasa tidak nyaman, timbulnya rasa nyeri atau ruam pada kulit di area suntikan. Selain itu, ada juga yang merasa demam ringan, nyeri atau kemerahan di lokasi penyuntikan vaksin, kelelahan dan sakit kepala. Beberapa efek samping yang telah ku sebutkan tadi ditas merupakan efek samping ringan yang umumnya bisa sembuh dengan sendirinya.

 

Apakah Vaksin benar-benar bisa mencegah penularan virus Corona?

Satu hal yang perlu di ketahu bahwa sebenarnya belum jelas apakah Vaksin Covid-19 bisa mencegah penularan Virus Corona. Seperti yang tertulis di Halodoc bahwa hingga hari ini, masih belum dipastikan dengan jelas apakah vaksin Pfizer dan BionTech bisa melindungi manusia dari serangan virus corona hingga 100 persen. Pihak pembuat vaksin Covid-19, Pfizer dan BionTech, menyatakan bahwa vaksin corona buatannya efektif pada 90 persen orang. Tentunya kita bertanya-tanya, terus sisa yang 10 persen kenapa tidak berhasil? 

Whatever it is, semoga kita bukan menjadi salah satu korban virus Covid-19. Mari selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 4 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Hal ini kita lakukan agar kita terhindar dari virus corona. Selain itu, konsultasikan dengan dokter jika kalian mengalami gejala-gejala yang aneh. 


Apa Itu Vaksin Covid-19? Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Untuk saat ini, konsultasi dengan dokter gak harus bertatap muka kok. Ada Halodoc, yang mana dengan fitur Halodoc kita bisa berkonsultasi dengan dokter melalui chat. Gak perlu bertatap muka secara langsung. Jika perlu bertatap muka untuk pemeriksaan lebih lanjut, kita bisa membuat janji dengan dokter tanpa harus ngantri. Selain itu, kita juga bisa melakukan pembelian obat dan vitamin melalui aplikasi Halodoc tersebut, dan kemudian barangnya akan diantar langsung ke alamat rumah. Halodoc juga berbagai artikel tentang tips kesehatan yang tentunya sangat bermanfaat bagi kita. Jadi, di musim pandemi gini, penting banget untuk menginstall aplikasi Halodoc. 


Posting Komentar untuk "Apa Itu Vaksin Covid-19, Manfaat dan Efek Sampingnya?"