Cara Membaca Kalender Mancing Fase Bulan Enkosa.Com



Cara Membaca Kalender Mancing Fase Bulan Enkosa.Com

Mirwaners! Memancing di laut sangat berbeda dengan memancing di sungai, waduk atau empang. Selain biayanya yang lebih mahal tentu harus bisa memprediksi waktu yang tepat untuk memancing, jangan sampai budget yang sudah dikeluarkan untuk biaya kapal dan perbekalan percuma atau boncos karena sama sekali tidak mendapatkan hasil ikan.

Agar lebih efektif dalam melakukan aktivitas memancing di laut, tentu kita harus mahir tidak hanya soal memancing saja, namun juga harus mahir membaca kondisi dan fase bulan. Fase bulan menjadi tolok ukur keberhasilan mancing di laut, selain itu cara ini juga merupakan cara paling tradisional yang dilakukan oleh nenek moyang pesisir Indonesia. 

Kenapa sangat penting? Mari kita flashback sebentar, pada waktu kita sekolah dulu guru kita pasti pernah menyinggung mengenai pelajaran Geografi yang mana keadaan bulan sangat berpengaruh terhadap pasang surutnya air laut. Nah, dalam satu kondisi keadaan bulan purnama maka akan mengakibatkan efek gravitasi bulan, hingga menyebabkan air laut menjadi pasang. Begitupun sebaliknya, jika dalam kondisi bulan mati atau bulan baru maka air laut akan menjadi surut dalam kondisi maksimalnya.


Ikan predator, mereka berburu mangsanya mengikuti pergerakan arus. Dikarenakan ikan-ikan kecil sangat menyukai arus air laut, sehingga ikan predator akan menunggu mangsanya lewat pada kondisi air laut yang memiliki arus. Pergerakan arus air laut tersebut di pengaruhi oleh gaya gravitasi bulan purnama, yang mana pada waktu-waktu tertentu mengakibatkan perubahan arus air laut yang sangat kuat.

Selain arus air laut, kondisi bulan mati juga menjadi faktor penentu keberhasilan memancing. Jika malam dengan kondisi bulan mati atau bulan baru (New Moon) maka malam hari akan menjadi sangat gelap. Jika Anda memancing dimalam hari maka memancing dengan dibantu lampu penerangan seperti lampu petromax akan sangat membantu. Atau, jika Anda tidak sempat memancing dimalam hari dalam kondisi bulan mati, Anda bisa memancing keesokan paginya untuk mendapatkan banyak strike.

Memancing dipagi hari ketika bulan mati diprediksi akan mendapatkan hasil yang maksimal, dikarenakan ketika malam hari yang sangat gelap ikan predator kesulitan dalam mencari mangsanya. Maka ketika fajar tiba ikan-ikan predator akan semakin agresif dalam mencari mangsa. Keadaan tersebut sangat cocok jika kita mancing dengan teknik Casting, Surf Casting/Pasiran, Rock Casting, atau Popping.


Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas memancing

Kapan waktu terbaik untuk melakukan aktivitas memancing dengan menggunakan Fase Bulan, simak penjelasan singkatnya dibawah:

1. Malam hari pada kondisi bulan purnama

2. 2 sampai 3 hari di waktu malam sebelum hari bulan purnama

3. 2 sampai 3 hari di waktu malam setelah hari bulan purnama

4. Malam hari pada kondisi bulan mati atau bulan baru (New Moon)

5. 3 hari di waktu malam sebelum hari bulan mati atau bulan baru (New Moon)

6. 2 hari di waktu malam setelah hari bulan mati atau bulan baru (New Moon)


Jika Anda kesulitan untuk menentukan kapan hari bulan purnama tersebut, ada satu website sebagai rujukan untuk melihat kalender mancing dengan akurat yakni website kalender mancing tahun 2021 di www.enkosa.com. Di sana Anda dapat melihat kapan terjadinya bulan purnama dan kapan terjadinya bulan mati atau new moon. Selain itu juga turut disertakan hari-hari terbaik memancing dengan mengikuti pedoman Fase Bulan.

Semoga informasi kalender mancing dengan fase bulan di atas dapat memberikan pengetahuan tentang teknik memancing dengan mengandalkan fase bulan seperti nenek moyang kita. Jika ada pertanyaan atau informasi tambahan dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah. Terimakasih


Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


1 comment

wah, untuk yang memancing ternyata mesti paham juga kalender mancing ini supaya mantab hasilnya

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,38,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Cara Membaca Kalender Mancing Fase Bulan Enkosa.Com
Cara Membaca Kalender Mancing Fase Bulan Enkosa.Com
Cara Membaca Kalender Mancing Fase Bulan Enkosa.Com
https://1.bp.blogspot.com/-XBhfXT8MPPQ/X_8BnxbntYI/AAAAAAAAZXc/LyDzclfmgJIxNTKcHn6Rn9T6dcBeQIpMACLcBGAsYHQ/s16000/macing%2Bmirwan%2Bchoky.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XBhfXT8MPPQ/X_8BnxbntYI/AAAAAAAAZXc/LyDzclfmgJIxNTKcHn6Rn9T6dcBeQIpMACLcBGAsYHQ/s72-c/macing%2Bmirwan%2Bchoky.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2021/01/membaca-kalender-mancing-enkosa-com.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2021/01/membaca-kalender-mancing-enkosa-com.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy