Tips Memilih Asuransi yang Perlu Kamu Ketahui



asuransi, tips memilih asuransi, AAJI, produk asuransi, masa muda, sehat, musibah

Asuransi adalah salah satu hal yang sering kita sepelekan. Pemahaman akan asuransi kebanyakan terbatas pada asuransi jiwa tanpa mengetahui jenis-jenis asuransi lainnya. Padahal, seperti yang dijelaskan dalam artikel-artikel sebelumnya, banyak sekali jenis asuransi yang meliputi berbagai macam peristiwa penting dalam hidup. Sebut saja, asuransi jiwa, Pendidikan, kesehatan, kendaraan, properti, bisnis hingga asuransi online.

Dari banyaknya jenis asuransi tersebut, tentunya orang akan kebingungan untuk memilih asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan ditunjukan tips memilih asuransi yang sesuai untuk kamu.

Manfaat Menggunakan Asuransi 

Sebelum masuk ke dalam tips memilih asuransi yang sesuai, kita akan membahas tentang manfaat dari asuransi tersebut.

1. Tindakan cepat ketika terjadi musibah atau hal tak terduga

Asuransi pada dasarnya adalah sebuah upaya untuk menanggulangi dampak dari hal-hal yang terjadi di luar rencana. Asuransi dapat menjadi jaring pengaman kamu dalam situasi-situasi yang tidak terduga yang terjadi secara mendadak. Contoh yang paling dekat adalah musibah dan kecelakaan. Dalam situasi tersebut, memiliki asuransi menjadi hal yang sangat penting.

2. Menghindari kerugian yang mungkin terjadi 

Kedua, asuransi memiliki manfaat untuk menghindari kerugian yang mungkin terjadi. Dalam berbagai situasi selalu terdapat risiko untuk kerusakan aset dalam berbagai bentuk. Baik situasi kerja maupun situasi lain, mitigasi risiko ini sangat dibutuhkan mengingat kerugian yang muncul bisa saja dalam jumlah yang besar. Karenanya, memiliki asuransi bermanfaat untuk memitigasi risiko ini.

3. Hidup menjadi lebih tenang 

Ketiga, ketenangan hidup. Tidak ada yang lebih mahal dari ketenangan hidup. Semakin dewasa kita, semakin kita mengerti bahwa hidup tenang adalah hal yang mewah. Dengan memiliki asuransi, kamu dapat melepaskan beberapa kegelisahan yang kamu miliki karena kamu telah membaginya dengan mitigasi berupa asuransi.


Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Asuransi?

Ketika kamu sudah mengetahui manfaat dari asuransi, pasti pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah kapan saat yang tepat untuk menggunakan asuransi. Jawabannya adalah saat kamu sudah mulai memikirkan masa depanmu.

Tidak ada waktu yang tepat untuk memulai, sesegera mungkin semakin baik, tetapi sedikit saran untuk ini adalah gunakanlah asuransi ketika masih muda. Asuransi bersifat tabungan untuk kejadian di masa depan, kamu akan membutuhkannya di waktu-waktu yang tak terduga. Selain itu, gunakanlah asuransi ketika kamu masih sehat. Hal ini selaras dengan peribahasa “Sedia payung sebelum hujan.”

Kita tidak tahu pasti kapan musibah akan terjadi tapi akan lebih baik jika kita sudah siap menghadapinya sejak dini. Terakhir, gunakan asuransi ketika kamu sudah mengenalnya. Dalam arti lain, kenali produk asuransi yang ada. Pemahaman akan produk asuransi akan membantu kamu untuk memilih produk yang sesuai. 


Tips Memilih Produk Asuransi yang Tepat 

Secara garis besar, ada empat tips yang harus kamu ketahui sebelum memilih produk asuransi yang akan kamu gunakan.

1. Memiliki lisensi AAJI

Dalam memilih penyedia asuransi, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah apakah instansi atau agen yang menawarkan asuransi memiliki lisensi AAJI. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) adalah organisasi induk yang membawahi bidang asuransi jiwa di Indonesia. Jadi, setiap dan seluruh individu yang berprofesi sebagai agen asuransi jiwa di Indonesia wajib memiliki lisensi ini. 

Selanjutnya, seorang agen asuransi jiwa resmi yang memiliki lisensi AAJI hanya boleh mewakili/menawarkan produk asuransi jiwa dari 1 perusahaan asuransi saja. Untuk mendapatkan lisensi, agen juga perlu mengikuti serangkai ujian. Setelah dinyatakan lulus, agen tersebut baru dinyatakan kredibel untuk mewakili dan/atau menjual produk asuransi dari instansi penyedianya. 

2. Rekam jejak perusahaan penyedia

Satu hal yang tidak kalah penting, kamu juga harus tahu latar belakang perusahaan yang menyediakan produk asuransi. Di Indonesia sendiri, banyak sekali penyedia jasa asuransi yang menawarkan produk asuransi, namun banyak juga penyedia jasa baru yang menawarkan produk asuransi dengan manfaat yang baik, tapi belum memiliki rekam jejak. Ada baiknya kamu mencari tahu dulu perusahaan atau instansi penyedia produk asuransi terlebih dahulu karena banyak juga perusahaan-perusahaan penyedia asuransi yang kredibel.

3. Sesuaikan dengan kemampuan finansial 

Sebelum memilih produk asuransi, kamu juga perlu menyesuaikan dengan kemampuan finansial mu. Bagi orang-orang yang membutuhkan, produk asuransi pasti terlihat menggiurkan dengan manfaat dan proteksi yang ditawarkan. Tetapi, kamu juga perlu memperhatikan premi dari setiap paket asuransi yang ditawarkan agar tidak memberatkanmu ketika membayar premi setiap bulannya.

4. Pilih sesuai kebutuhan

Produk asuransi yang ditawarkan memang beragam, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, properti, bisnis, pendidikan, umum, perjalanan dan kredit. Nah, dari begitu banyak jenis asuransi di atas, kamu hanya perlu memiliki asuransi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhanmu. 

Ketika kamu belum memiliki rumah, kamu tidak perlu memiliki asuransi properti; atau ketika kamu bukan seorang wiraswasta, kamu tidak perlu memiliki asuransi bisnis. Pilihlah produk asuransi yang memang kamu butuh. Dengan begitu, kamu akan merasakan manfaat memiliki produk asuransi tersebut dengan baik.



Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa dibagikan kepada teman-teman ya. Kalian juga bisa tanya-tanya di Instagram @MirwanChoky
Name

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,2,Automotive,18,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,7,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,38,Culture,9,English Zone,29,Events,31,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,24,Fitness,57,Gym,1,Health,6,Hotel,19,I-Sing,10,Info,7,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,107,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,17,Percetakan,3,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,22,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,32,Technology,6,Timor Leste,1,Tips,40,Transportation,12,Travel,93,Viral,5,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Tips Memilih Asuransi yang Perlu Kamu Ketahui
Tips Memilih Asuransi yang Perlu Kamu Ketahui
Kebanyakan orang memilih asuransi yang kurang tepat. Jika kamu bertanya bagaimana cara memilih asuransi yang sesuai, baca selengkapnya dalam artikel b
https://1.bp.blogspot.com/-1u9rx8Oscno/YDxoKtFjC0I/AAAAAAAAZhM/kPeJv56zwkw0VGls1NFmemDyhGJG1CDPACLcBGAsYHQ/s16000/prudential.png
https://1.bp.blogspot.com/-1u9rx8Oscno/YDxoKtFjC0I/AAAAAAAAZhM/kPeJv56zwkw0VGls1NFmemDyhGJG1CDPACLcBGAsYHQ/s72-c/prudential.png
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2021/03/tips-memilih-asuransi-yang-perlu-kamu.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2021/03/tips-memilih-asuransi-yang-perlu-kamu.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy