5 Hal yang Tidak Dapat Dilakukan di Pesawat Sejak Pandemi Covid-19



5 Hal yang Tidak Dapat Dilakukan di Pesawat Sejak Pandemi Covid-19

Setelah pandemi Covid-19 datang, perjalanan dengan pesawat terbang menjadi berbeda dan berubah drastis. Selain ada banyak regulasi baru, banyak pedoman perjalanan udara yang tidak lagi sama seperti dulu.  Tidak seperti sebelum masa pandemi, kini sebelum pergi liburan Anda harus  selalu memeriksa situasi di daerah tujuan dan mengetahui berapa banyak kasus Covid-19 yang terjadi disana dalam beberapa hari dan minggu terakhir.

Anda juga harus mengetahui apa saja aturan dan regulasi yang diberlakukan oleh pihak terkait, serta persyaratan apa saja yang harus dipenuhi sebelum melakukan perjalanan. Bagi Anda yang gemar bepergian dengan menggunakan moda transportasi pesawat, Anda bisa memesan berbagai maskapai seperti Batik Air di Traveloka dan Anda juga bisa mengecek jadwal Damri Bandara. Berikut ini adalah 5 hal yang tidak bisa lagi dilakukan di pesawat sejak pandemi Covid-19.


1. Tidak Memakai Masker

Sejak masa pandemi, masker menjadi benda yang wajib dipakai saat Anda berada di tempat publik, termasuk di dalam pesawat. Pihak bandara serta maskapai penerbangan telah menerapkan persyaratan khusus bagi para penumpang sehingga aktivitas penerbangan bisa tetap aman baik bagi para penumpang maupun awak kabin yang terlibat. 

Diperkirakan selama beberapa waktu kedepan, moda transportasi penerbangan akan menjadi salah satu tempat dimana orang-orang akan terus menggunakan masker. Penumpang diwajibkan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Anda harus tetap memakai masker hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan.


2. Bebas Makan di Atas Piring

Di masa pandemi Covid-19, hampir seluruh maskapai penerbangan membatasi layanan dalam pesawat secara signifikan, seperti misalnya layanan makan dan minum onboard, untuk menekan persebaran Covid-19. 

Meski saat ini sudah ada sejumlah maskapai yang mulai menyajikan makanan main course di atas piring, tetap saja ada beberapa aturan tertentu yang harus dipatuhi.  Para penumpang pesawat biasanya  masih tetap mendapatkan makanan, namun disajikan dalam wadah plastik atau tempat yang tersegel dibanding di atas piring.  

Perubahan mencolok lainnya yaitu di lounge bandara juga sudah dilakukan pembatasan menu prasmanan. 


3. Minum Alkohol di Penerbangan Luar Negeri

Sejak Covid-19 melanda, ada banyak maskapai, terutama maskapai penerbangan luar negeri yang juga membatasi layanan alkohol atau bahkan berhenti menyajikannya. 

Namun setelah kondisi pandemi berangsur membaik sejumlah maskapai di Amerika Serikat sudah mulai menyediakan alkohol lagi di penerbangan. Akan tetapi, banyak pula maskapai seperti American Airlines yang tidak akan kembali menyediakan alkohol dalam penerbangan mereka hingga aturan soal pemakaian masker dicabut. 


4. Membaca Majalah di Pesawat

Jika biasanya Anda bisa membaca majalah yang ditaruh di bagian kursi selama perjalanan di pesawat, adanya pandemi Covid-19 membuat sejumlah maskapai menyingkirkan fasilitas majalah tersebut. Tetapi, ada juga maskapai yang saat ini sudah mulai menyediakan majalah lagi lantaran ada pemasukan baik dari iklan maupun promosi. 

Sementara sejumlah maskapai lainnya tidak mau memasangnya lagi lantaran biaya dan keuntungan yang didapat tidak seberapa.  Selain itu, ada pula maskapai yang lebih memilih untuk tetap menyediakan majalah namun dalam bentuk digital dan bukan dalam bentuk fisik. Hal ini diprediksi akan banyak diterapkan oleh berbagai maskapai penerbangan pada masa depan. 


5. Melakukan Kontak Langsung Dengan Orang Lain

Selama masa pandemi, melakukan kontak langsung dengan orang lain merupakan hal yang tidak disarankan demi mencegah meluasnya persebaran Covid-19. Hal itu membuat pemeriksaan boarding pass dan pemindaian dilakukan secara mandiri oleh para penumpang.  

Di masa depan, diprediksi tidak ada lagi penyerahan boarding pass ke petugas kemudian diberikan lagi ke para penumpang. Meskipun saat ini vaksin dan obat Covid-19 telah ditemukan, kemungkinan besar akan ada banyak peraturan baru yang tetap dipertahankan pihak maskapai penerbangan ataupun bandara di Indonesia maupun negara-negara lain.

Itulah 5 hal yang tidak dapat dilakukan lagi di pesawat sejak pandemi Covid-19. Ingin mengetahui syarat dan regulasi terbaru untuk bepergian dengan pesawat terbang? Temukan semua persyaratan penerbangan terbaru dan terlengkap hanya di Safe Travel Page Traveloka. 

Perlu diingat bahwa syarat naik pesawat terbang bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan terkini. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi di lapangan saat Anda bepergian. Diketahui mulai 3 Januari 2022, berlaku Surat Edaran Satgas Covid-19 No 22 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kemenhub No 96 Tahun 2021, di masa penerapan PPKM Level 1-4 Jawa-Bali dan di luar Jawa-Bali.

Jadi, sebisa mungkin Anda turut mengonfirmasi segala regulasi dan aturan yang berlaku pada otoritas terkait sebelum bepergian dengan pesawat. Dengan begitu, perjalanan Anda akan terasa lebih nyaman dan aman. 

Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan di mana pun Anda berada, seperti memakai masker ganda (masker medis dan masker kain), menjaga jarak dengan orang lain, serta rajin membersihkan tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer. Pastikan juga kondisi tubuh Anda fit dan sehat ya saat traveling!



Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa dibagikan kepada teman-teman ya. Kalian juga bisa tanya-tanya di Instagram @MirwanChoky
Name

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,2,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,41,Culture,9,English Zone,34,Events,32,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,30,Fitness,57,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,14,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,109,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,17,Percetakan,4,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,32,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,42,Transportation,11,Travel,96,Viral,5,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: 5 Hal yang Tidak Dapat Dilakukan di Pesawat Sejak Pandemi Covid-19
5 Hal yang Tidak Dapat Dilakukan di Pesawat Sejak Pandemi Covid-19
5 Hal yang Tidak Dapat Dilakukan di Pesawat Sejak Pandemi Covid-19
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcnT7pKW1MgfmQl2m2xiKHKGN5f3Z4u4XM5VCXSlB4K6f9Bs9KjepD3s-FpYxTPyxeP_cI4aVNOJOdC1XbWKHTp-rIWY03x9lmFbv9m4RISphx1bUMG-LhgVf1dirp7m18I6ISgfDM-L6SEqT-wrX2-O0D5E5BWImpvE-mlb38yUxJCo_LeZ_8drhkFA/s16000/mirwan%20pesawat.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcnT7pKW1MgfmQl2m2xiKHKGN5f3Z4u4XM5VCXSlB4K6f9Bs9KjepD3s-FpYxTPyxeP_cI4aVNOJOdC1XbWKHTp-rIWY03x9lmFbv9m4RISphx1bUMG-LhgVf1dirp7m18I6ISgfDM-L6SEqT-wrX2-O0D5E5BWImpvE-mlb38yUxJCo_LeZ_8drhkFA/s72-c/mirwan%20pesawat.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2022/03/5-hal-yang-tidak-dapat-dilakukan-di.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2022/03/5-hal-yang-tidak-dapat-dilakukan-di.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy