Berikut Ini Macam-Macam Ibadah, Umat Islam Wajib Tahu!



Umat Islam sudah sepatutnya tau macam-macam ibadah yang bisa dilakukan untuk mendapat pahala. Lalu, apa saja ibadah pada agama Islam itu? Inilah ulasa

Ibadah adalah suatu cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain itu, ibadah merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas semua nikmat yang diberikan.  Selama ini kita hanya mengetahui ibadah umat Islam seperti sholat, zakat, puasa dan haji. Padahal dalam agama Islam macam ibadah memiliki banyak macam. Apa saja macam-macam ibadah umat Islam? Simak ulasannya dibawah ini. 


Macam-Macam Ibadah Umat Islam yang Wajib Diketahui

Secara etimologis, ibadah berarti merendahkan diri serta tunduk. Sedangkan menurut para ulama fikih, ibadah adalah bentuk pekerjaan yang bertujuan untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT dan mendambakan pahala dari-Nya di akhirat. Berikut adalah beberapa macam ibadah berdasarkan perbuatannya:

1. Ibadah Qolbiyyah 

Ibadah Qolbiyyah adalah semua ibadah yang dilakukan melalui aktivitas akal atau hati. Ibadah ini meliputi aspek i’tiqod atau keyakinan seperti iman kepada wujud Allah SWT. Selain i’tiqod seperti cinta kepada Allah SWT, ada juga dalam bentuk tafakur seperti merenungkan penciptaan Allah SWT.

2. Ibadah Qowliyyah

Ibadah Qowliyyah adalah ibadah yang dilakukan oleh aktivitas lisan. Contohnya yaitu membaca al-qur’an, bertahmid, bertasbih, bertakbir, bertahlil dan sebagainya. 

3. Ibadah Maaliyyah

Ibadah Maaliyyah adalah ibadah yang dilakukan oleh seorang hama dengan mendermakan hartanya. Contoh dari ibadah ini adalah menunaikan zakat serta bershodaqoh.

4. Ibadah Amaliyyah

Ibadah Amaliyyah merupakan ibadah yang dilakukan oleh aktivitas anggota tubuh. Contohnya yaitu gerakan dalam sholat, haji, melakukan puasa dan sebagainya.


Ibadah Berdasarkan Rukum Islam

Rukun Islam merupakan dasar agama Islam yang harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh semua umat Islam. Rukun Islam sendiri adalah dasar atau pondasi Islam dan harus selalu diamalkan supaya keimanannya tetap terjaga sepanjang hidupnya. 

1. Dua Kalimat Syahadat 

Pertama yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat. Dua kalimat syahadat yang diucapkan oleh umat Islam merupakan suatu bukti keyakinannya dalam menerima Islam serta integritasnya dalam menjalankan syariat wajib. 

Seorang muslim yang membaca dua kalimat syahadat berarti percaya bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah dan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusannya. 

2. Sholat

Umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan sholat sesuai waktu yang sudah ditentukan. Mulai dari sholat subuh yang dilaksanakan di pagi hari hingga sholat Isya yang dilaksanakan di malam hari. Umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan sholat lima waktu yaitu Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Jika meninggalkan sholat wajib tersebut maka harus siap menerima dosa dan balasan di akhirat.

3. Puasa

Rukun Islam ketiga yaitu mewajibkan umat muslim untuk menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Puasa berarti menahan diri dari makanan, minuman, hubungan suami istri dan segala hal yang bisa membatalkan puasa dari matahari terbit hingga terbenam. Menjalankan puasa berarti akan melatih diri untuk melawan segala hawa nafsu, seperti makan atau minum berlebih, menahan amarah, dan sebagainya. 

4. Zakat

Dalam Islam ada dua jenis zakat yaitu zakat fitrah (makanan pokok) dan zakat mal (harta mencapai nisab dan haul). Zakat fitrah bisa dibayarkan selama bulan Ramadhan dan sebelum memasuki Idul Fitri. Sedangkan zakat Mal bisa disimpan selama satu tahun dan dibayarkan setiap tahun dari kekayaan/harta, penghasilan yang memenuhi nisab setara dengan 65 gram emas. 

5. Haji

Menunaikan ibadah haji merupakan kewajiban umat Islam apabila mampu secara fisik dan finansial. Ibadah ini diwajibkan kepada mereka yang mampu karena biaya yang dibutuhkan untuk ke tanah Suci cukup mahal. Selain itu, persiapannya cukup banyak dan membutuhkan persiapan fisik maupun mental bagi umat yang akan menjalankan haji.

Nah itulah informasi tentang macam-macam ibadah yang perlu diketahui oleh umat Islam. Selain beberapa ibadah yang disebutkan diatas, Anda juga bisa melakukan ibadah umrah ke Tanah Suci. Sama seperti haji, menjalankan ibadah ini juga membutuhkan biaya yang cukup tinggi. 

Supaya Anda bisa menjalankan ibadah ini, disarankan untuk membuka tabungan umroh di Bank Danamon. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika membuka tabungan ini di bank Danamon.


Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Berikut Ini Macam-Macam Ibadah, Umat Islam Wajib Tahu!
Berikut Ini Macam-Macam Ibadah, Umat Islam Wajib Tahu!
Umat Islam sudah sepatutnya tau macam-macam ibadah yang bisa dilakukan untuk mendapat pahala. Lalu, apa saja ibadah pada agama Islam itu? Inilah ulasa
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjW-Z-6Q4q2D-aEOTnZ52dg58Jz7yvXUIeQYQw28SlwhYfcelloMjpsbah0TUDoIkWHj_961ln3xuwFWSBBS4Kw5s70-Mg7x-oSVEYI6kyw2qzOacL4vLFyqKDEffWUKZ8sRIinPnPNZjTzOb4w1lGZhdhYXgijjiexDHR6Z2edueb2UjS_ZBRMWjwyjQ=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjW-Z-6Q4q2D-aEOTnZ52dg58Jz7yvXUIeQYQw28SlwhYfcelloMjpsbah0TUDoIkWHj_961ln3xuwFWSBBS4Kw5s70-Mg7x-oSVEYI6kyw2qzOacL4vLFyqKDEffWUKZ8sRIinPnPNZjTzOb4w1lGZhdhYXgijjiexDHR6Z2edueb2UjS_ZBRMWjwyjQ=s72-c
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2022/11/berikut-ini-macam-macam-ibadah-umat.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2022/11/berikut-ini-macam-macam-ibadah-umat.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy