Resep Opor Telur Tahu Bumbu Instan untuk Hidangan Keluarga



Resep Opor Telur Tahu Bumbu Instan untuk Hidangan Keluarga

Opor adalah menu yang identik dengan acara besar seperti hari raya Idul Fitri. Meski banyak diminati, nyatanya tidak semua orang bisa mengeksekusi masakan dengan perpaduan bumbu yang cukup kompleks ini. Beruntung saat ini banyak inovasi seperti bumbu opor instan yang bisa membuat proses memasak opor menjadi lebih mudah. Lantas, bagaimana cara membuat opor telur tahu bumbu instan itu? 

Bahan untuk Membuat Opor Telur Tahu Bumbu Instan

Sesuai dengan nama resep yang disebutkan di atas, bahan utama untuk membuat sajian ini adalah telur, tahu, serta bumbu opor instan. Namun, meskipun menggunakan bahan utama bumbu instan, ada bahan pelengkap lain yang tidak boleh kamu lewatkan demi mendapatkan hasil yang lebih optimal. Berikut daftar lengkapnya:

● Telur sebanyak 12 butir yang direbus

● Tahu putih sebanyak 200 gram yang digoreng setengah matang

● Cabai merah besar sebanyak 3 buah yang dibuang bijinya, lalu dipotong serong

● Bawang goreng sebanyak 2 sendok makan

● Minyak goreng secukupnya untuk menumis

● Bawang putih sebanyak 4 siung yang dirajang

● Bawang merah sebanyak 8 siung yang dirajang

● Serai sebanyak 1 batang yang dimemarkan

● Daun jeruk atau daun salam (pilih salah satu) sebanyak 3 lembar

● Santan sebanyak 750 ml

● Bumbu opor instan sebanyak 1 kemasan

● Garam secukupnya

● Gula pasir sebanyak 1 sendok teh

Selain membutuhkan bahan-bahan di atas, kamu juga harus menyiapkan peralatan memasak yang meliputi panci untuk merebus; pisau untuk mengiris dan merajang bahan; serta wajan untuk menumis.

Cara Membuat Opor Telur Tahu Bumbu Instan

Opor telur tahu dengan bumbu instan ini merupakan olahan masakan yang cukup mudah dikreasikan mengingat bahan utamanya adalah bumbu instan. Tidak mengherankan jika pemula pun bisa membuat masakan dengan tingkat kesulitan yang cukup rendah ini.

Meskipun begitu, demi mendapatkan hasil yang optimal, kamu yang mungkin masih pemula perlu mengikuti resep di bawah ini secara berurutan. Jika berhasil menjalankan setiap proses dengan lancar, waktu yang kamu perlukan untuk menyajikan dan menyantap hidangan ini bersama keluarga hanya sekitar 45 menit saja.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melarutkan bumbu opor instan dengan sebagian santan yang telah kamu siapkan di awal, yakni sebanyak 250 ml. Kemudian, sisihkan larutan santan dan bumbu opor tersebut.

Berikutnya, tumis bawang putih yang sebelumnya sudah kamu rajang hingga warnanya berubah. Kemudian, masukkan bawang merah, serai, daun jeruk atau daun salam dan tumis hingga kamu bisa mencium aroma wanginya.

Setelah aroma wangi tercium dari tumisan, masukkan larutan santan dan bumbu yang tadi disisihkan. Kemudian masukkan gula dan garam sambil dicicipi hingga rasanya sesuai dengan keinginan.

Setelah semua bumbu tercampur dengan rata, masukkan telur rebus, tahu yang sudah digoreng setengah matang, serta cabai merah besar. Masak campuran itu hingga cabai tidak lagi mengeluarkan aroma.

Langkah terakhir adalah menambahkan setengah liter santan yang tersisa dan biarkan masakan hingga mendidih. Sebelum diturunkan dari atas kompor dan dituangkan dalam wadah penyajian, pastikan kamu telah mengoreksi kembali rasa dari opor telur dan tahu itu.

Itulah bahan yang diperlukan dan cara untuk membuat resep opor telur dan tahu bumbu instan yang mudah diikuti oleh pemula sekalipun. Bahan yang diperlukan untuk membuat resep pun bisa dibilang mudah untuk ditemukan, bukan?

Namun, jika kamu enggan untuk bepergian ke luar rumah, manfaatkan aplikasi Kingkong Meats saja untuk beli telur online. Kingkong Meats menyediakan telur ayam segar dan berkualitas dengan beragam jenis. Seperti telur ayam negeri, telur ayam kampung, hinga telur ayam omega. 

Selain itu, tersedia juga produk lainnya seperti daging ayam, daging sapi, seafood, frozen food, dan bumbu dapur. Kamu bisa mengunduh aplikasi Kingkong Meats ini dari Google PlayStore jika menggunakan gawai Android atau mencarinya di Apple AppStore jika mengandalkan gawai berbasis iOS. 

Hanya saja, untuk pengguna yang berada di luar kawasan Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, dan Tangerang harus sedikit bersabar. Karena untuk sementara ini, hanya area tersebut yang bisa dijangkau oleh layanan Kingkong Meats. 


Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Resep Opor Telur Tahu Bumbu Instan untuk Hidangan Keluarga
Resep Opor Telur Tahu Bumbu Instan untuk Hidangan Keluarga
Resep Opor Telur Tahu Bumbu Instan untuk Hidangan Keluarga
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEidg0S2kF-ApI0z5u0LAAqiDL0AnFVnq2LOyDjy--BKkRfqB_K5cvNq-BzZlnUoWk9FjNzRU2_x2jbhURTI8d7XDugYNKA8LKXDuEgwCoYWqqE4L1Q-wBBCS4v13qmTlisZPsjChqHc4NfInxPAtCGY-5SFK3iX_tI_exKKxz5lT1v-fd2jmrtzbgmINVGq=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEidg0S2kF-ApI0z5u0LAAqiDL0AnFVnq2LOyDjy--BKkRfqB_K5cvNq-BzZlnUoWk9FjNzRU2_x2jbhURTI8d7XDugYNKA8LKXDuEgwCoYWqqE4L1Q-wBBCS4v13qmTlisZPsjChqHc4NfInxPAtCGY-5SFK3iX_tI_exKKxz5lT1v-fd2jmrtzbgmINVGq=s72-c
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2023/06/resep-opor-telur-tahu-bumbu-instan.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2023/06/resep-opor-telur-tahu-bumbu-instan.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy