Apa Itu Machine Learning? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya



Apa Itu Machine Learning? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya


Maraknya penggunaan AI (Artificial Intelligence) belakangan ini membuat topik machine learning ikut dibicarakan. Teknologi machine learning sebenarnya sudah ada sejak lama, namun seiring berkembangnya teknologi, machine learning mulai diterapkan pada banyak bidang, salah satunya dalam mengembangan dan pengelolaan data.

Tapi sebenarnya, apa itu machine learning? Apakah ini teknologi yang sama dengan AI? Lantas, bagaimana cara kerja machine learning, dan kenapa kita perlu mempelajarinya? Penjelasan berikut akan mencoba memberikan gambaran sederhana mengenai machine learning dan cara kerjanya di industri.

Apa Itu Machine Learning?

Machine learning adalah sebuah aplikasi atau sistem yang dikembangkan berdasarkan algoritma, data dan mekanisme kerja yang mengadaptasi kemampuan manusia. Machine learning merupakan salah satu cabang teknologi artificial intelligence (AI).

Seringkali AI dianggap sebagai machine learning. Namun dilihat dari cara kerja dan fungsinya, keduanya memiliki perbedaan.

Salah satu contoh penerapan machine learning bisa kita lihat pada AlphaGo, sebuah board game yang dikembangkan oleh Google. Pada tahun 2015, program ini berhasil mengalahkan pemain profesional. Sementara itu di tahun 2016, AlphaGo berhasil mengalahkan Lee Sedol dalam 3 pertandingan berturut-turut.

Manfaat Machine Learning pada Bisnis

Disadari atau tidak, penggunaan machine learning sudah banyak diterapkan pada industri, termasuk bisnis. Berikut beberapa manfaat penerapan machine learning pada bisnis, antara lain:

1. Membantu Pengolahan Data

Machine learning dapat membantu kita mengolah data berukuran besar dengan lebih cepat dan efisien. Program ini juga dapat menyelesaikan beberapa masalah atau tugas secara terukur.

2. Membantu Mengenali Konsumen

Pada platform e-commerce, kita bisa melihat penerapan machine learning dalam memahami konsumen. Bisa kita lihat beberapa platform belanja online bisa dengan mudah menampilkan produk serupa. Itu merupakan hasil pembelajaran machine learning yang berusaha memahami perilaku konsumen.

3. Automasi Bisnis

Ada beberapa pekerjaan dalam industri bisnis yang bisa dikerjakan oleh software. Hal ini sangat membantu automasi bisnis, dan bisa dilakukan oleh program yang sudah terintegrasi dengan machine learning. Misalnya dalam program customer relationship management (CRM).

Cara Kerja Machine Learning

Lalu, bagaimana sebenarnya machine learning bekerja? Berikut gambaran singkat mengenai cara kerja machine learning dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Pada penerapannya, machine learning bekerja sesuai dengan algoritma atau alur yang telah ditentukan. Sehingga cara kerja satu sistem dengan sistem lainnya bisa sangat berbeda.

Namun secara umum, cara kerja machine learning meliputi pengumpulan data, eksplorasi data, pembuatan model, dan melatih model dengan informasi atau algoritma yang telah disusun.

Penerapan Machine Learning pada Bisnis

Bila saat ini kamu menjalankan sebuah bisnis, dan ingin mengelola persoalan finansial dengan baik. Kamu bisa menggunakan layanan Ascore.ai. program ini memungkinkan kamu mengelola credit score pada bisnis dengan baik.

Selain itu Ascore juga membantu kamu mengambil keputusan penting, yang dapat berdampak positif pada performa kredit skor yang kamu miliki.

Saat ini berbagai industri bisnis telah banyak menerapkan sistem machine learning pada sistemnya. Beberapa digunakan untuk menganalisa data, automasi pekerjaan yang berulang, dan membantu mengambil keputusan penting dalam bisnis.

Penerapan AI atau machine learning tidak selalu menggantikan pekerjaan manusia. Bisa kita lihat bahwa saat ini penerapan teknologi tersebut justru mempercepat pekerjaan kita. Sehingga penerapan teknologi ini membawa dampak positif pada pekerjaan, dan memudahkan kita menyelesaikan tugas-tugas dengan baik.

Apakah kamu juga sudah menerapkan teknologi ini pada bisnis yang kamu jalani?


Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


2 comments

Banyak yang ketakutan dengan machine learning atau AI, padahal teknologi tersebut hanya terdiri dari kumpulan data-data statistik yang dipolakan dengan algoritma tertentu, dan masih bisa mengalami error dalam pengoreasiannya.

Iya juga ya kak...

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Apa Itu Machine Learning? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya
Apa Itu Machine Learning? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya
Apa Itu Machine Learning? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg7RCBMbA1-hOSPLGUaoD5j4ldXaaelGFEGMW9dLkFi8N997J1ZWra-RV_CxfeASHpcCJIWB4MfJfP2Wi8Jr3EFIiq_e7SxljJ5hWm91WH4lnM2jRqXPp6oEgqCbdJ6890Ne9mWN61viDpOwpqqz-jU5w_zRxYhmYMuPJSH02YPbG1S64pP4GZlj6vSK7BS=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg7RCBMbA1-hOSPLGUaoD5j4ldXaaelGFEGMW9dLkFi8N997J1ZWra-RV_CxfeASHpcCJIWB4MfJfP2Wi8Jr3EFIiq_e7SxljJ5hWm91WH4lnM2jRqXPp6oEgqCbdJ6890Ne9mWN61viDpOwpqqz-jU5w_zRxYhmYMuPJSH02YPbG1S64pP4GZlj6vSK7BS=s72-c
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2023/12/apa-itu-machine-learning-ini-pengertian.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2023/12/apa-itu-machine-learning-ini-pengertian.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy