9 Manfaat Push Up Bagi Cowok yang Terlihat Secara Fisik



otot bahu
( Sorry, gambar gak matching dengan tulisan, ini bukan gambar latihan push up :D )

Mirwaners, diantara kalian ada yang sering melakukan push up gak? Kalau ada, mantap deh. We are on the same board. Saya juga beberap hari ini mau sering-seringin melaksanakan push up. Memang sih beberapa tahun yang dulu saya sering melaksanakan push up. Tapi jeda beberapa tahun kemudian, karena udah ada program fitness. Tapi sekarang saya udah jarang ke fitness, karena terlalu sibuk dengan urusan akademis. Jadi, mulai sekarang setidaknya saya harus ada kegiatan olahraga fisik. Saya pilih push up aja, karena bisa dilaksanakan dimana aja kita berada dan tidak memakan waktu terlalu lama.

Baca juga : 16 Manfaat Push Up
push up
( Contoh cara melaksanakan push up )


Selain itu, push up itu bermanfaat lho bagi kita, khususnya para cowok. Manfaatnya terlihat secara fisik seperti berikut :

1. Push Up Bisa Membentuk Otot Tubuh

Mirwaners, saat kita melakukan push up, beberapa otot tubuh kita pada bagian bahu depan, dada dan lengan yang bekerja dengan sangat kuat. Ketika gerakan push up itu dilakukan secara rutin, maka otot bekerja untuk 3 sistem tubuh tersebut akan terlatih. Pada bagian bisep dan trisep lengan otot kalian akan menarik kekuatan tubuh kalian dengan cara yang sangat menarik. Semua bagian otot penggerak akan bekerja untuk bagian dada saat badan melakukan gerakan naik dan turun.

Selain itu, bagian lengan belakang kalian yang banyak memiliki serabut otot kecil akan terlatih sehingga bisa menjadi lebih kuat. Jika kalian lakukan secara rutin maka otot pada bagian dada, lengan dan bahu kalian akan terbentuk secara alami dan menunjang perkembangan otot di sekitar badan bagian atas.

2. Push Up Bisa Memperkuat Otot Perut

Mirwaners, ketahuilah bahwa salah satu inti gerakan push up yang paling benar adalah tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang kalian. Lengkungan biasanya akan terlihat saat badan melakukan gerakan naik atau turun. Gerakan push up yang benar akan terlihat saat semua bagian tulang belakang kalian rata, kaku dan terlihat stabil. Ingatlah bahwa kesalahan dalam gerakan push up saat tulang belakang ikut tertarik ke bawah saat badan mengangkat ke atas maka bisa menyebabkan cedera tulang belakang kalian.

3. Push Up Bisa Membantu Kekuatan Tulang

Tulang adalah salah satu kekuatan inti tubuh yang sangat penting buat kalian. Tulang menjadi kekuatan tubuh untuk berdiri, duduk dan melakukan berbagai macam gerakan. Masalah kesehatan tulang menjadi masalah umum, yang biasa diderita oleh laki-laki dan perempuan pada usia lanjut. Beberapa keluhan yang paling sering terjadi adalah masalah tulang keropos, nyeri sendi dan tulang rapuh.

Masalah tulang ini, bisa disebabkan karena tulang rawan pada tubuh tidak terbiasa melakukan gerakan saat masih usia muda. Jika kalian tidak ingin mengalami masalah seperti ini, maka kalian bisa melakukan push up untuk memperkuat tulang rawan pada bagian kaki, pergelangan tangan, lengan dan bahu kalian.

4. Push Up Bisa Membuat Otot Dada menjadi Kuat

Mirwaners, ketahuilah bahwa dada kalian adalah anggota tubuh yang berperan besar saat melakukan push up. Gerakan ini akan memaksa otot dada (pektoralis) untuk menarik dan menekan badan kalian tanpa harus bertumpu pada bagian tubuh lain. Jika gerakan push up dilakukan secara teratur maka otot dada kalian akan terpelihara dan bisa membentuk massa otot yang sangat sehat.


5. Push Up Bisa Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep

Pembentukan masa otot bisep dan trisep bisa kalian lakukan dengan metode latihan angkat beban. Tapi jika kalian tidak mempunyai banyak waktu seperti saya, maka kalian bisa melakukan push up secara teratur. Gerakan push up akan meningkatkan kerja otot bisep dan trisep kalian. Hal ini terjadi saat badan bergerak naik dan turun dengan tekanan pada kekuatan otot lengan. Jika push up ini dilakukan dengan gerakan yang benar maka perkembangan otot bisep dan trisep kalian akan terjadi dengan cepat.


6. Push Up Bisa Membentuk Perut

Mirwaners, kalian ingin memiliki perut “six-pack”? Six-pack itu adalah bentuk perut yang terlihat seperti susunan kotak berjumlah enam kotak, keras dan kuat. Jika kalian ingin memiliki perut six-pack, dengan cara yang mudah dan hemat maka lakukan saja gerakan push up. Gerakan push up akan mempertahankan semua otot perut, pinggul dan tulang belakang.

7. Push Up Bisa Memperbaiki Postur Tubuh

Ketahuilah bahwa postur tubuh yang sempurna adalah bagian yang sangat penting untuk penampilan kalian. Beberapa masalah postur tubuh seperti tulang belakang yang kurang tegak, bahu yang tidak seimbang atau lengan yang kurang stabil masih sering kita jumpai. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan terapi tertentu. Namun hal ini bisa diperbaiki dengan melakukan push up secara rutin.

Mirwaners, jika kalian melaksanakan push up secara sekaligus, akan hal ini akan melatih otot tubuh, membentuk kekuatan otot dada, lengan dan bahu sehingga postur tubuh kalian bisa menjadi lebih baik. Secara umum manfaat olahraga pada gerakan push up juga bisa meningkatkan sistem kemampuan tubuh secara seimbang.

8. Push Up Bisa Menyeimbangkan Ukuran Tubuh

Gerakan push up banyak memanfaatkan kerja otot bahu, lengan dan dada. Jika diperhatikan maka gerakan push up cenderung akan membuat otot pada bagian bahu, lengan dan dada memiliki ukuran yang besar. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab saat gerakan push up terjadi maka kekuatan otot perut, tulang belakang, dan panggul juga akan bekerja. Hal inilah yang membuat gerakan push up bisa membentuk otot pada bagian atas dan bawah tubuh menjadi lebih seimbang.

9. Push Up Bisa Melatih Otot Jantung

Mirwaners, banyak orang yang berpikir bahwa push up hanya akan membuat otot pada bagian dada menjadi  lebih besar? Hal ini memang tidak salah, karena push up mendorong kekuatan otot dada, bahu dan lengan menjadi lebih kuat. Namun bukan berarti push up tidak memiliki manfaat penting untuk otot dalam tubuh seperti otot jantung.

Dan ketahuilah bahwa orang yang sering melakukan push up terbukti memiliki otot jantung yang lebih kuat daripada orang yang tidak melakukan push up. Gerakan rutin pada push up telah membuat otot jantung bekerja lebih banyak sehingga aliran darah juga menjadi lebih kuat. Hal ini juga membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik.

Demikianlah manfaat Manfaat Push Up Bagi Cowok yang bisa kalian lihat Secara Fisik. Semoga tulisan ini bisa membantu bagi kalian yang terlalu sibuk sehingga jarang berolahraga. Bagi yang ingin baca-baca lagi tentang tips fitness, biasa langsung menuju ke www.mirwanfitness.com, sebuah situs miliki saya khusus membahas tentang dunia fitness.

Mirwan Choky

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


41 comments

Saya biasanya push up di kasur mas. #ehh

Asik tuh push up di kasur.

10/02/2016

Wah mantep.
Saya baru kelas 1 smk dan
Saya sudah melakukan push up setiap hari selama 4bulan

10/02/2016

Pagi hari 20x sore hari 20x dengan kepalan tangan.

sorry sedikit sombong

10/02/2016

Keren tuh. Lanjutkan terus ya!!!!

10/02/2016

Lama-lama pasti berotot tuh.

11/12/2016

Bangun pagi 70x
Sebelum tidur malam 70x

11/12/2016

70? Wow! Emeijing :D

12/27/2016

Saya biasa push up 10 repetisi 5 sd 6 x. Setiap hari.Umur udah 30 an.masa Otot bisa bertambah gak ya?

12/27/2016

Bisa banget tu mas. Kalau saya sih kadang-kadang 12 repitisi 4x.

1/27/2017

saya push up rutin dari kelas 3 smp sampe sekarang kelas 3 sma. tiap pagi 5 set, 1 set=20 . seragam saya pada ketat semua .hhheh

2/19/2017

Saya sudah bapak bapak terinspirasi push up gegara baca artikel ini sudah sebulan tadinya cuma bisa push up mentok 20 kali nafas dah tersenggal sengal nah sekarang bangun tidur 40x 2 repetisi , mau mandi 30x mau tidur 50x 2 repetisi...hasil badan lebih tegap dada gak kendor .... Semoga sehari bisa 500x ya

Waaah... keren! Udah bisa jadi bodyguard dong. Hehehe... Kalau sekarang gimana mas? Apa ada aktifitas ngegym gitu?

500x per hari? Keren tu Om. Yang penting rutin aja melaksanakannya demi kesehatan disaat udah separuh umur seperti om. Semoga artikel ini terus bisa menginspirasi om.

2/25/2017

Wah suka fitness ya ? lama kelamaan bodynya makin gede dan lebih disukai cewe cewe ^^

Iya, suka fitness biar badan nya sehat walafiat. Hehehe....

3/20/2017

Ane push up setiap hari
150x per hari selama 3 bulan latihan
15 set 10x per set

Pasti udah bagus dong body nya sekarang...

4/14/2017

30 x 3 tiap hari minus sabtu minggu. seminggu lima hari push up rutin menjaga perut tetap rata dan otot dada trrjaga. tanpa fitness di gym push up bisa membentuk otot perut saya six pack... olah raga murah yg penting konsisten.

Waaah.... Pasti udah keren badannya sekarang ya mas. Iya bener banget, olahraga itu murah, yang penting konsisten.

Saya melakukan push up rutin (setiap hsri) dri kelas 2smp (skrng kelas 3smp) biasanya minimal itu 50× sehari... dan hasil nya sudah lumayan terlihat

Mantap tu, lanjutkan terus! 👍

7/14/2017

Selepas subuh 50x, Zuhur 50x, ashar 50x, Maghrib 50x, isya 50x. Sudah berjalan dua Minggu.

Bukan hanya kuantitasnya, tapi juga kualitasnya. Kalo cara pushupnya salah bisa jadi malah gak maksimal (y) nice share

Waah... Keren! Bakalan mantap nih ntar body nya.

Bener banget mas, push up yang salah bukan hanya menjadi gak maksimal, tapi juga bisa-bisa cedera.

7/26/2017

Saya melakukan push up 70x setiap hari alhasil otot perut makin keliatan

Wow! Keren! Sekarang udah mantap dong body nya.

7/29/2017

Benar seperti i yg mas choky bilang push up bagi saya sdh rutinitas.. biasanya pagi atau sore minimal 300 - 500 kali dg pola diamond singlenya leg lift.. klw hari libur kadang bisa 1000 kali dg pola yg sama.

Iya mas.

Wow! 1000 kali? mantap jiwa.

9/15/2017

Alhamdulillah saya ... push up dijadikan olah raga rutin sebelum melakukan aktivitas sehari hari, diselingi dengan fitnes juga 1 minggu 3 - 4 kali, hidup lebih sehat dan badan pun lebih segar

Mantappp... udah keren dong badannya.

1/02/2018

Kuatnya cuma 10-15 kali tiap push up :((

Gak apa-apa dikit gan... yang penting rutin.

2/13/2018

Saya cm kuat 20x2..tiap hari..tp dada sya ckup bsus...bangga
Yg pling berat klo lg sibuk n datang malas ny..usaha ja..

Mantap mas.... coba ditambah lagi menjadi 20 x 4 tiap hari... pasti lebih keren tuh...

2/24/2018

Mas choky..gmn kalo push up tiap hari 50x per setnya 10x?

Bagus dong... kalau rutin ngerjainnya pasti akan cepat membentuknya...

10/26/2018

yang betul pushup kondisi tangan terbuka lebar apa sejajar dengan bahu ya ?

5/05/2019

Cuma bisa kuat 10 dan itu saya cicil sampai 100x

5/05/2019

Cuma bisa kuat 10 dan itu saya cicil sampai 100x

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: 9 Manfaat Push Up Bagi Cowok yang Terlihat Secara Fisik
9 Manfaat Push Up Bagi Cowok yang Terlihat Secara Fisik
https://3.bp.blogspot.com/-WejDH9HqsfI/VuUip9k8TQI/AAAAAAAANcI/peAZKNQ2lIwcBXNBpOLaK8HZ3nOkxIPLQ/s400/2013-01-11%2B21.10.56%2Bcopy.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-WejDH9HqsfI/VuUip9k8TQI/AAAAAAAANcI/peAZKNQ2lIwcBXNBpOLaK8HZ3nOkxIPLQ/s72-c/2013-01-11%2B21.10.56%2Bcopy.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/03/9-manfaat-push-up-bagi-cowok-yang.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/03/9-manfaat-push-up-bagi-cowok-yang.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy