Dinginnya Alam Lahurus, Jadi Pingin Travelling Lagi

M irwaners, tau gak sih kalau di NTT itu ada sebuah lokasi yang keren banget? Nama lokasinya yait...


Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Mirwaners, tau gak sih kalau di NTT itu ada sebuah lokasi yang keren banget? Nama lokasinya yaitu Lahurus. Tempat ini memiliki pemandangan yang serba hijau dan sangat masih alami, masih belum ada campur tangan manusia. Dengan keadaan suhu yang agak dingin, maka kiat akan merasa betah berlama-lama menikmati indahnya suasana alam Lahurus. Bahkan rasanya saya ingin lagi travelling ke tempat ini.

Lahurus, kecamatan Lasiolat ini berlokasi di kaki gunung Lakaan. Gunung yang merupakan ikon kabupaten Belu ini sering juga dikenal dengan nama adat yaitu Manuaman Lakaan. Dalam cerita-cerita orang Belu, gunung ini merupakan tempat asal mula leluhur asli orang Timor yang turunannya kemudian kawin dengan para pendatang di Belu lalu menyebar  memenuhi wilayah Belu  dan Timor. Kalau kita lihat dari puncak Lakaan ini seperti yang saya lihat sendiri kemaren, maka kita akan bisa menikmati pemandangan yang indah sampai ke batas Laut utara dan Selatan.

Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Jika anda ingin pergi ke puncak Lakaan ini, ada beberapa rute yang bisa anda ditempuh. Rute terdekat dan termuda adalah dari padang Fulan Fehan (baca: Indahnya Padang Hijau Fulan Fehan dibalik Puncak Lakaan) di wilayah Lamaknen Selatan. Rute lainnya adalah dari Lahurus, bisa melalui desa Lakanmau lalu putar ke arah Balokama, atau dari tempat strat yang lasim di kampung Maulakak di desa Dualasi - RaiĆ¹lun  – ke atas bukit Lakmau lalu ke dataran Balokamafehan.

Tapi jika anda menginginkan tantangan dan cabaran, anda bisa langsung mendaki dari arah bukit Kotamutin. Tapi medan yang berat di rute ini sangat membahayakan keselamatan dan hanya boleh didaki dengan para pengantar yang mengenal baik rute ini.

Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Nah, kalaju untuk pulang, ada satu rute juga yang sangat menarik tapi juga menantang lho, menyusuri punggung perbukitan sebelah barat, kira-kira sejajar dengan perkampungan Maudemu-Beisurik, lalu turun ke sungai Mota Harewe, menyusuri kaki Bukit Kotamutin ke arah sungai Motaklot lalu naik ke arah kampung Weklekat di desa Lakanmau lalu kembali ke Lahurus.

Mirwaners, seperti yang saya sebutkan tadi, keindahan dan kesejukan Lahurus adalah merupakan daya tarik bagi banyak orang untuk mengunjungi tempat indah ini. Bahkan penjajah Portugis dulu pernah mendirikan tempat peristirahatan di Lahurus (Irimida) dan para Misionaris memilih Lahurus untuk menjadi pusat misi Katolik di Timor.

Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Sebenarnya ada beberapa tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi di Lahurus ini. Yang pertama yaitu sumber Air Lahurus yang kini dialirkan juga sampai ke kota Atambua. Selain itu, air terjun Ruweledan danau Debu Bot. Air terjun ini belum dijamah atau ditata secara baik. Semuanya ini tentu merupakan aset wisata yang menanti jamahan tangan-tangan kreatif.

Jadi, bagi anda yang suka travelling, backpackeran, tour, atau apalah namanya, saya rekomendasikan tempat ini menjadi salah satu destinasi yang akan anda kunjungi suatu hari nanti. Ayo kunjungi Lahurus!

Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Mirwan Choky


COMMENTS

BLOGGER: 14
Loading...
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Dinginnya Alam Lahurus, Jadi Pingin Travelling Lagi
Dinginnya Alam Lahurus, Jadi Pingin Travelling Lagi
https://3.bp.blogspot.com/-XJ57R76j9i0/V8WshQgOVQI/AAAAAAAAPSM/9sh3U86dobo-fUK8Dgf1wMDtw2TFRWwrACK4B/s640/IMG20150103152236.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XJ57R76j9i0/V8WshQgOVQI/AAAAAAAAPSM/9sh3U86dobo-fUK8Dgf1wMDtw2TFRWwrACK4B/s72-c/IMG20150103152236.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/08/dinginnya-alam-lahurus-jadi-pingin.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/08/dinginnya-alam-lahurus-jadi-pingin.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy