Dinginnya Alam Lahurus, Nusa Tenggara Timur



Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Mirwaners, tau gak sih kalau di NTT itu ada sebuah lokasi yang keren banget? Nama lokasinya yaitu Lahurus. Tempat ini memiliki pemandangan yang serba hijau dan sangat masih alami, masih belum ada campur tangan manusia. Dengan keadaan suhu yang agak dingin, maka kiat akan merasa betah berlama-lama menikmati indahnya suasana alam Lahurus. Bahkan rasanya saya ingin lagi travelling ke tempat ini.

Lahurus, kecamatan Lasiolat ini berlokasi di kaki gunung Lakaan. Gunung yang merupakan ikon kabupaten Belu ini sering juga dikenal dengan nama adat yaitu Manuaman Lakaan. Dalam cerita-cerita orang Belu, gunung ini merupakan tempat asal mula leluhur asli orang Timor yang turunannya kemudian kawin dengan para pendatang di Belu lalu menyebar  memenuhi wilayah Belu  dan Timor. Kalau kita lihat dari puncak Lakaan ini seperti yang saya lihat sendiri kemaren, maka kita akan bisa menikmati pemandangan yang indah sampai ke batas Laut utara dan Selatan.

Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Jika anda ingin pergi ke puncak Lakaan ini, ada beberapa rute yang bisa anda ditempuh. Rute terdekat dan termuda adalah dari padang Fulan Fehan (baca: Indahnya Padang Hijau Fulan Fehan dibalik Puncak Lakaan) di wilayah Lamaknen Selatan. Rute lainnya adalah dari Lahurus, bisa melalui desa Lakanmau lalu putar ke arah Balokama, atau dari tempat strat yang lasim di kampung Maulakak di desa Dualasi - Raiùlun  – ke atas bukit Lakmau lalu ke dataran Balokamafehan.

Tapi jika anda menginginkan tantangan dan cabaran, anda bisa langsung mendaki dari arah bukit Kotamutin. Tapi medan yang berat di rute ini sangat membahayakan keselamatan dan hanya boleh didaki dengan para pengantar yang mengenal baik rute ini.

Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Nah, kalaju untuk pulang, ada satu rute juga yang sangat menarik tapi juga menantang lho, menyusuri punggung perbukitan sebelah barat, kira-kira sejajar dengan perkampungan Maudemu-Beisurik, lalu turun ke sungai Mota Harewe, menyusuri kaki Bukit Kotamutin ke arah sungai Motaklot lalu naik ke arah kampung Weklekat di desa Lakanmau lalu kembali ke Lahurus.

Mirwaners, seperti yang saya sebutkan tadi, keindahan dan kesejukan Lahurus adalah merupakan daya tarik bagi banyak orang untuk mengunjungi tempat indah ini. Bahkan penjajah Portugis dulu pernah mendirikan tempat peristirahatan di Lahurus (Irimida) dan para Misionaris memilih Lahurus untuk menjadi pusat misi Katolik di Timor.

Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Sebenarnya ada beberapa tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi di Lahurus ini. Yang pertama yaitu sumber Air Lahurus yang kini dialirkan juga sampai ke kota Atambua. Selain itu, air terjun Ruweledan danau Debu Bot. Air terjun ini belum dijamah atau ditata secara baik. Semuanya ini tentu merupakan aset wisata yang menanti jamahan tangan-tangan kreatif.

Jadi, bagi anda yang suka travelling, backpackeran, tour, atau apalah namanya, saya rekomendasikan tempat ini menjadi salah satu destinasi yang akan anda kunjungi suatu hari nanti. Ayo kunjungi Lahurus!

Lahurus, kecamatan Lasiolat, NTT

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


16 comments

berkabut gt, kebayang dinginnya

Iya mbak, Diana. Dingiinnn. Hehehe... tapi asikkk.

Banyak rute yang bisa dipilih dan masih asri. Itu pengen rasanya main air di curug :-D

Iya mas Nasirullah. Banyak rute yang bisa dipilih dan masih asri. Ayo travelling kesana :)

Doakan saja mas. Siapa tahu ada kesempatan untuk menjelajah bagian Indonesia lainnya. Sementara ini hanya bisa mengunjungi tempat-tempat terdekat dari rumah :-)

Iya mas. Amiiiiinnnn ya rabbal alamin. Semoga suatu hari nanti mas Nasirullah bisa jalan-jalan kesana ya :)

Foto no.3 bagus. Belakangnya itu jurang, kah?

omnduut.com

Anonim
9/01/2016

seru jalan ramai ramai bareng teman ya

Iya bener banget, mas Haryadi. Itu yang dibelakang foto 3 itu jurang. Hehehe...

Iya dong mbak Winny. Jalan rame-rame lebih seru. lebih asikk.

Wah di ntt ada spot yang oke banget ternyata, btw nama alam lahurus itu diambil dari kata apa ya???

Iya mas. Tempatnya oke banget. Sebenarnya nama daerahnya itu adalah Lahurus. Sepertinya nama Lahurus itu di ambil dari bahasa Portugis. Tapi kurang tau juga sih arti yang tepatnya apa.

9/02/2016

Gw pikirkarena dingin jadi pengen ML gitu hua hua

Waaah... emang asik tu mas kalau dingin-dingin ML alias makan lontong. Hahaha...

8/13/2017

Fotonya itu di Air Terjun Siata Mauhalek yah?..

Aku juga sudah kesana tapi belum eksplor lebih jauh lagi...

Iya, bener banget bro. Udah pernah nyampe kesini ya?

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Dinginnya Alam Lahurus, Nusa Tenggara Timur
Dinginnya Alam Lahurus, Nusa Tenggara Timur
Dinginnya Alam Lahurus, Jadi Pingin Travelling Lagi, objek wisata alam di Lahurus NTT, Belu, Nusa Tenggara Timur, gunung di kabupaten Belu
https://3.bp.blogspot.com/-XJ57R76j9i0/V8WshQgOVQI/AAAAAAAAPSM/9sh3U86dobo-fUK8Dgf1wMDtw2TFRWwrACK4B/s1600/IMG20150103152236.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-XJ57R76j9i0/V8WshQgOVQI/AAAAAAAAPSM/9sh3U86dobo-fUK8Dgf1wMDtw2TFRWwrACK4B/s72-c/IMG20150103152236.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/08/dinginnya-alam-lahurus-jadi-pingin.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/08/dinginnya-alam-lahurus-jadi-pingin.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy