Kaget! Tiba-tiba Nyampe ke Tugu Kilometer Nol Sabang

Tugu Kilometer Nol yang berslogan ‘Dari Sabang sampai Merauke’ ini dipopulerkan oleh Presiden Soekarno dari ucapan seorang perwira Belanda bernama Jenderal J.B. van Heutsz mengklaim kemenangan Perang Aceh pada 1904, yakni “Vom Sabang tot Merauke”.


Tugu Kilometer Nol Sabang

Mirwaners, pernah dengar lagu “Dari Sabang sampai Merauke”? Liriknya seperti ini : “Dari sabang sampai merauke. Berjajar pulau-pulau. Sambung memnyambung menjadi satu. Itulah Indonesia. Indonesia tanah airku. Aku berjanji padamu. Menjunjung tanah airku. Tanah airku Indonesia.” Ya dulu kita sering kali nyanyi lagu ini di sekolah bersama-teman-teman. Dan gak nyangka banget sekarang saya bisa pergi ke salah satu ujung Indonesia ini, yaitu Sabang, dan melihat sendiri disana ada Tugu Kilometer Nol.

Seperti yang kita ketahui bahwa hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki monumen yang berharga, termasuk sabang dan merauke memiliki Tugu Kilometer Nol. Sabang dan Merauke merupakan dua kota di ujung paling barat dan paling timur Indonesia yang sama-sama memiliki tugu Kilometer Nol. Tugu Kilometer Nol yang berslogan ‘Dari Sabang sampai Merauke’ ini dipopulerkan oleh Presiden Soekarno dari ucapan seorang perwira Belanda bernama Jenderal J.B. van Heutsz mengklaim kemenangan Perang Aceh pada 1904, yakni “Vom Sabang tot Merauke”. Dan Tugu ini ini diresmikan oleh wakil Presiden RI, Try Sutrisno pada  9 September 1997 di kota Sabang.



Seperti yang saya kunjungi bersama teman-teman kemaren, lokasi Tugu Kilometer Nol ini terletak di Hutan Wisata Sabang, tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya. Sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Letaknya di sebelah barat kota Sabang sekitar 29 kilometer atau memakan waktu 40 menit berkendara.

Jujur, ketika baru sampai di Tugu ini, saya kaget, kayak gak percaya kalau akhirnya saya bisa ke ujung Indonesia ini. Saat saya berada dilokasi kemaren, saya lihat Tugu ini lagi direnovasi, dan kelihatannya tampilannya semakin menarik dan semakin pantas dijadikan tempat berfoto ria sebagai sebuah kenang-kenangan tanda  bahwa sudah pernah sampai ke titik paling barat indonesia itu.
By the way, jika anda tertarik untuk berkunjung ke Tugu Kilometer Nol ini, langsung aja deh caw ke Sabang. Dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, menyeberang saja menggunakan Kapal Express Rondo selama 45 menit sampai ke Pelabuhan Balohan, Sabang. Nah, jika anda udah sampai di Sabang, anda langsung bisa menuju ke Tugu Kilometer Nol. Nyampenya agak lama ya. Sekitar satu jam hingga satu setengah jam perjalanan. Tapi, meskipun perjalanan agak cukup lama, namun semua akan terbayar tuntas dengan pemandangan yang luar biasa indah. Ayo ke Sabang!

Tugu Kilometer Nol SabangTugu Kilometer Nol SabangTugu Kilometer Nol Sabang

COMMENTS

BLOGGER: 5
Loading...
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Kaget! Tiba-tiba Nyampe ke Tugu Kilometer Nol Sabang
Kaget! Tiba-tiba Nyampe ke Tugu Kilometer Nol Sabang
Tugu Kilometer Nol yang berslogan ‘Dari Sabang sampai Merauke’ ini dipopulerkan oleh Presiden Soekarno dari ucapan seorang perwira Belanda bernama Jenderal J.B. van Heutsz mengklaim kemenangan Perang Aceh pada 1904, yakni “Vom Sabang tot Merauke”.
https://4.bp.blogspot.com/-HFmr0pJK2no/V9660E7b5EI/AAAAAAAAPeM/-zRibbjYPcYLbvGlrUGQ8BuhMUrJZhd6ACK4B/s640/DSC_8206.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-HFmr0pJK2no/V9660E7b5EI/AAAAAAAAPeM/-zRibbjYPcYLbvGlrUGQ8BuhMUrJZhd6ACK4B/s72-c/DSC_8206.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/09/kaget-tiba-tiba-nyampe-ke-tugu.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/09/kaget-tiba-tiba-nyampe-ke-tugu.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy