Kaget! Tiba-tiba Nyampe ke Tugu Kilometer Nol Sabang



Tugu Kilometer Nol Sabang

Mirwaners, pernah dengar lagu “Dari Sabang sampai Merauke”? Liriknya seperti ini : “Dari sabang sampai merauke. Berjajar pulau-pulau. Sambung memnyambung menjadi satu. Itulah Indonesia. Indonesia tanah airku. Aku berjanji padamu. Menjunjung tanah airku. Tanah airku Indonesia.” Ya dulu kita sering kali nyanyi lagu ini di sekolah bersama-teman-teman. Dan gak nyangka banget sekarang saya bisa pergi ke salah satu ujung Indonesia ini, yaitu Sabang, dan melihat sendiri disana ada Tugu Kilometer Nol.

Seperti yang kita ketahui bahwa hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki monumen yang berharga, termasuk sabang dan merauke memiliki Tugu Kilometer Nol. Sabang dan Merauke merupakan dua kota di ujung paling barat dan paling timur Indonesia yang sama-sama memiliki tugu Kilometer Nol. Tugu Kilometer Nol yang berslogan ‘Dari Sabang sampai Merauke’ ini dipopulerkan oleh Presiden Soekarno dari ucapan seorang perwira Belanda bernama Jenderal J.B. van Heutsz mengklaim kemenangan Perang Aceh pada 1904, yakni “Vom Sabang tot Merauke”. Dan Tugu ini ini diresmikan oleh wakil Presiden RI, Try Sutrisno pada  9 September 1997 di kota Sabang.


Seperti yang saya kunjungi bersama teman-teman kemaren, lokasi Tugu Kilometer Nol ini terletak di Hutan Wisata Sabang, tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya. Sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Letaknya di sebelah barat kota Sabang sekitar 29 kilometer atau memakan waktu 40 menit berkendara.

Jujur, ketika baru sampai di Tugu ini, saya kaget, kayak gak percaya kalau akhirnya saya bisa ke ujung Indonesia ini. Saat saya berada dilokasi kemaren, saya lihat Tugu ini lagi direnovasi, dan kelihatannya tampilannya semakin menarik dan semakin pantas dijadikan tempat berfoto ria sebagai sebuah kenang-kenangan tanda  bahwa sudah pernah sampai ke titik paling barat indonesia itu.
By the way, jika anda tertarik untuk berkunjung ke Tugu Kilometer Nol ini, langsung aja deh caw ke Sabang. Dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, menyeberang saja menggunakan Kapal Express Rondo selama 45 menit sampai ke Pelabuhan Balohan, Sabang. Nah, jika anda udah sampai di Sabang, anda langsung bisa menuju ke Tugu Kilometer Nol. Nyampenya agak lama ya. Sekitar satu jam hingga satu setengah jam perjalanan. Tapi, meskipun perjalanan agak cukup lama, namun semua akan terbayar tuntas dengan pemandangan yang luar biasa indah. Ayo ke Sabang!

Tugu Kilometer Nol SabangTugu Kilometer Nol SabangTugu Kilometer Nol Sabang

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


5 comments

9/19/2016

wah pengen banget nih ke sini. Saya baru sampe 0 km nya Anyer Panarukan ... xixixi

9/19/2016

wah pengen banget nih ke sini. Saya baru sampe 0 km nya Anyer Panarukan ... xixixi

Ayo kapan ke Sabang? Waaah... Anyer Panarukan itu dimana mbak?

Dari kemaren udah punya planing mau kesini gagal mulu nih...
harus pergi sendiri sepertinya... liat gambar2nya seru banget sepertinya...

Waaah... harus di planning dengan matang mas supaya bisa ke Tugu Kilometer Nol ini. Seru banget mas.

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Kaget! Tiba-tiba Nyampe ke Tugu Kilometer Nol Sabang
Kaget! Tiba-tiba Nyampe ke Tugu Kilometer Nol Sabang
Objek wisata di Aceh Tugu Kilometer Nol Sabang, sejarah tugu kilometer nol sabang
https://4.bp.blogspot.com/-HFmr0pJK2no/V9660E7b5EI/AAAAAAAAPeM/-zRibbjYPcYLbvGlrUGQ8BuhMUrJZhd6ACK4B/s1600/DSC_8206.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-HFmr0pJK2no/V9660E7b5EI/AAAAAAAAPeM/-zRibbjYPcYLbvGlrUGQ8BuhMUrJZhd6ACK4B/s72-c/DSC_8206.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/09/kaget-tiba-tiba-nyampe-ke-tugu.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/09/kaget-tiba-tiba-nyampe-ke-tugu.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy