Cara Menjadi Pribadi yang Berwibawa Saat Berbicara

Wibawa itu adalah otoritas atau kekuasaan seseorang terhadap orang lain yang membuatnya dapat mempengaruhi tingkah laku orang tersebut.


Cara Menjadi Pribadi yang Berwibawa Saat Berbicara Mirwan Choky

Hello, Mirwaners! Kali ini saya akan membahas topik yang tidak seperti biasanya. Saya kemaren ada baca-baca artikel tentang bagaimana cara menjadi pribadi yang berwibawa terhadap orang-orang disekitar. Saya membaca tentang hal ini karena saya sangat membutuhkannya. Karena saya sebagai seorang guru, perlu menjaga wibawa terhadap anak didik saya dan juga terhadap orang lain. Dan saya rasa semua orang perlu ada wibawa dalam kehidupan sehari-harinya. Oke, dari apa yang saja baca-baca kemaren, maka saya dapat mengambil beberapa kesimpulan.

Pertama, mari kita lihat wibawa ini apaan sih? Oke, Mirwaners! Menurut Himpunan Pengurus Organisasi Siswa Antar Sekolah, wibawa itu adalah otoritas atau kekuasaan seseorang terhadap orang lain yang membuatnya dapat mempengaruhi tingkah laku orang tersebut. Wibawa dapat muncul dari berbagai sumber, contohnya dari jabatan, penampilan, tingkah laku, dan lain-lain. Pokoknya wibawa itu adalah akibat, sedangkan sebabnya adalah sumber yang telah disebutkan sebelumnya, dan diantara sumber wibawa seseorang adalah kharisma orang tersebut.

Menurut Mario Teguh dalam video Youtubenya, ada beberapa hal yang harus kita lakukan saat berbicara agar kita terlihat berwibawa. Hal-hal tersebut adalah seperti yang saya rangkumkan berikut:

Jangan banyak gerak

Jangan banyak gerak maksudnya hindari gerak tubuh yang tidak berarti secara berlebihan saat berbicara dengan orang lain. Geraklah tubuh anda dibagian-bagian penting saja. Contohnya, jika anda tiba-tiba ingin merespon pembicaraan orang-orang yang berada disamping anda, maka berbicaralah dengan tenang dan anda hanya perlu menggerakkan atau menoleh kepala anda, tapi bukan tubuh anda. Karena orang yang terlalu banyak gerak tubuh akan sulit untuk berbibawa.

Terukur

Disaat anda berbicara, suara anda harus terukur. Suara anda jangan terlalu keras dan juga jangan terlalu lemah. Begitu juga disaat melangkahkan kaki, jarak langkah kaki anda harus terukur. Contohnya, jika langkah awal anda 60 cm, maka kira kan langkah-langkah seterusnya harus sekitar 60 cm juga. Hindari melangkah yang tidak teratur. Awal langkah berjarak 60 cm, eh tiba-tiba langkah kedua menajdi 90 cm dan kembali ke 40 cm. Hindari hal seperti ini.

Jangan tergesa-gesa

Hindari dari sikap tergesa-gesa. Contohnya, ketika anda sedang berdebat dengan orang lain, dan orang lain tersebut sedang membantah anda, maka jangan dipotong bantahan orang tadi secara tergesa-gesa sebelum orang tersebut selesai berbicara. Tunggu mereka selesai terus anda baru bisa ngomong. Justru jika anda langsung memotong pembicaraan orang lain, maka wibawa anda hilang. Jika anda menang dalam perdebatan, maka buatlah orang kalah itu merasa dimenangkah.

Suara Tegas

Memang suara itu adalah pemberian dari Allah. Dan usahakalah untuk menghindari dari suara cempreng, tinggi melengking atau suara terlalu lemah saat berbicara. Busungkan dada dan berbicaralah dengan tegas.

Hindari mengangguk kepala terlalu cepat

Saat kita setuju dengan pendapat atau pembicaraan orang lain, biasanya kebanyakkan orang menganggukan kepala terlalu cepat dan dengan frekuensi yang tinggi. Hindarilah menganggukan kepala banyak kali dengan cepat sambil bilang, “iya iya pak! Iya pak!”. Jika anda ingin menampakkan kesetujuan anda, maka cukup anggungkan kepala anda hanya sekali saja.

Well, demikianlah cara-cara untuk membuat kita lebih berwibawa saat berbicara dengan orang lain. Semoga bermanfaat yah. Kalau ada yang ingin menambahkan, silakan tinggalkan dikolom komentar yah buat saya dan juga para pembaca yang lain.


COMMENTS

BLOGGER: 17
Loading...
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Cara Menjadi Pribadi yang Berwibawa Saat Berbicara
Cara Menjadi Pribadi yang Berwibawa Saat Berbicara
Wibawa itu adalah otoritas atau kekuasaan seseorang terhadap orang lain yang membuatnya dapat mempengaruhi tingkah laku orang tersebut.
https://1.bp.blogspot.com/-144IhNN70BI/V_Z77sJGVSI/AAAAAAAAPu4/Z_kVtkgFsnIKu7Te1WxfRezwOBHhCvYPgCK4B/s640/IMG-20160620-WA0000.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-144IhNN70BI/V_Z77sJGVSI/AAAAAAAAPu4/Z_kVtkgFsnIKu7Te1WxfRezwOBHhCvYPgCK4B/s72-c/IMG-20160620-WA0000.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/10/cara-menjadi-pribadi-yang-berwibawa.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/10/cara-menjadi-pribadi-yang-berwibawa.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy