Wifi Hotspot, Penyebab Warung Kopi Banda Aceh Ramai Pelanggan



Warung Kopi Banda Aceh

Waktu saya belum pernah sampai ke Aceh, apa yang terpikir di kepala saya saat mendengar kata Aceh yaitu bahwa Aceh adalah wilayah yang dikenali dengan kentalnya keagamaannya. Setelah saya sampai di Aceh, ternyata benar, provinsi yang terletak di ujung utara pulau Sumatera ini memang merupakan sebuah wilayah yang dikenali dengan hal tersebut. Selain hal itu, ada satu hal lagi yang membuat saya tertarik dan berdecak kagum melihatnya, yaitu tentang warung kopinya.

Banda Aceh, selain dikenali dengan keagamaannya, kota ini juga dikenali dengan Warung Kopinya. Terbukti ketika saya jalan-jalan mengelilingi banda Aceh, begitu banyak warung kopi yang saya temui. Maka tidak salah lagi kalau kota ini memang dikenal dengan sebutan Kota 1001 Warung Kopi. Mulai dari warung kopi yang kecil-kecilan sampai warung kopi yang besar dan sudah terkenal seperti Kopi Solong, Zakir Kopi, Dek Mie dan beberapa warung kopi lainnya semuanya tidak sepi dari pelanggan. Buka dari pagi sampai ke tengah malam, bahkan ada yang sampai subuh. Dan herannya saya, walaupun sampai larut malam, pelanggannya tetap ada.

Seperti yang saya lihat, pelanggannya datang dari berbagai kalangan. Kalau dipagi hari sekitar jam 7, biasanya yang datang itu adalah Pegawai Sipil, Aparat Polisi dan orang kantoran. Mereka datang ke warung kopi sebelum jam kerja mereka. Saat sekitar jam 9 pagi sampai siang bahkan sampai sore, biasanya yang memenuhi warung kopi itu adalah para mahasiswa. Dan pada malam hari, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak muda dan orang-orang dari berbagai komunitas.

Warung Kopi Banda Aceh

Satu hal yang perlu diingat, di Aceh, jika anda diajak untuk ngopi, bukan berarti anda diajak untuk meminum kopi. “Ngopi” hanyalah sebuah istilah bagi orang Aceh untuk bertemu dan berkumpul di warung kopi atau ditempat lainnya bersama teman-teman atau keluarga. Jadi, bagi anda yang tidak suka minum kopi, jangan khawatir. Saat berada diwarung kopi, anda masih bisa memesan minuman lainnya yang tersedia. Pernah suatu ketika, ada teman saya yang berasal dari luar Aceh dan baru pertama kali sampai di Aceh, dia diajak oleh orang Aceh untuk ngopi. Lalu dengan spontannya dia menolak karena dia memang tidak menyukai kopi. Mendengar hal itu, kami pun tertawa dan menjelaskan ke dia bahwa sebenarnya ‘ngopi’ itu tidak harus minum kopi.

Seperti yang saya sebutkan tadi, warung kopi di Banda Aceh itu jarang sekali sepi dari pelanggan. Setiap saat ada saja yang datang. Berdasarkan dari pengamatan, ada beberapa hal yang menyebabkan warung kopi ini tidak putus dari pelanggan : 

1. Lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis merupakan hal yang sangat menunjang bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) seperti warung kopi untuk memajukan usahanya. Di Banda Aceh memang termasuk lokasi yang sangat strategis untuk memajukan usaha warung kopi. Hal ini dikarenakan ramainya penduduk di kota ini yang sering nongkrong atau hanya sekedar beristirahat dari lelahnya melakukan kegiatan harian. Di kota ini terdapat beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Serambi Mekkah dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry sehingga kota ini menjadi pusat pendidikan yang pada akhirnya dibanjiri oleh orang-orang yang datang dari berbagai penjuru desa.


2. Wifi Hotspot

Sejak era digital, semuanya serba canggih. Sampai-sampai warung kopi pun ikut canggih dengan adanya Wifi Hotspot. Apa itu Wifi Hotspot? Wifi Hotspot merupakan kata-kata yang sudah familiar di telinga kita. Wifi Hotspot ini bisa dikatakan sebagai suatu istilah bagi sebuah lokasi dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet dengan menggunakan smartphone, PC, laptop atau perangkat lainnya tanpa media kabel. Wifi Hotspot merupakan hal yang sangat mendukung bagi sebuah warung kopi untuk meramaikan pelanggan dan memajukan usaha tersebut. Dapat dipastikan bahwa di setiap warung kopi yang ada di Banda Aceh itu ada Wifi Hotspotnya. Walaupun ada beberapa warung kopi yang tidak ada, tapi hampir semua warung kopi mulai dari warung kopi yang biasa-biasa saja sampai warung kopi yang megah, Wifi Hotspot pasti tersedia. Karena Wifi hotspot ini dianggap sebagai penarik pelanggan. Wifi Hotspot sangat dibutuhkan dan dicari-cari oleh mahasiswa dan anak-anak muda zaman sekarang. Ketika mahasiswa datang ke warung kopi, termasuk saya sendiri kemaren, hal yang ditanya kepada panjaga warung setelah mempesan minuman atau makanan adalah “Bang, password wifi-nya apa?”. Kebanyakan dari mereka biasanya menanyai kata sandi Wifi setelah memesan minuman atau makanan. 

Warung Kopi Banda Aceh

Wifi Hotspot sudah menjadi kebutuhan manusia di zaman ini, khususnya lagi bagi mahasiswa. Saat mereka datang ke warung kopi, mereka membawa laptop, tersambung ke wifi, dan mungkin ingin mencari materi untuk tugas kuliah atau hanya sekedar berselancar didunia maya. Kalau dibandingkan dengan warnet, sepertinya mahasiswa lebih memilih untuk pergi ke warung kopi. Karena kalau berselancar di warnet, bayarnya hitungan per jam. Tapi kalau di warung kopi, pesan segelas kopi, maka bisa internetan semaunya dengan gratis. Mengingat dan menimbang bahwa pada umumnya dalam kehidupan mahasiswa itu selalu berhemat dalam mengeluarkan uang, pastinya mereka lebih mencari yang lebih murah.

Warung Kopi Banda Aceh

Jadi, kesimpulannya adalah lokasi yang strategis dan Wifi Hotspot sangat berpengaruh besar bagi pengusaha warung kopi yang berada di Banda Aceh dalam memajukan usahanya tersebut. Dapat dipastikan jika sebuah warung kopi ada Wifi Hotspot nya, maka pasti banyak pelanggannya. Dengan melihat hal ini, saya jadi tertarik untuk membuka warung yang difasilitasi dengan Wifi Hotspot di kota saya sendiri, Pekanbaru. Dan saya rasa, hal ini juga bisa menjadi contoh bagi para pengusaha warung minuman untuk menyediakan layanan Wifi Hotspot diwarungnya tersebut agar semakin ramai pelanggan yang datang.

Warung Kopi Banda Aceh



BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 22
Loading...
Name

Aceh Affiliate apartemen di Indonesia Axioo Blog Competition Axioo Indonesia Bagan Siapiapi cara cepat sewa dan jual apartemen Cheria Halal Holiday Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Hotel Info jual apartemen Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau rukamen sewa apartemen Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
Mirwan Choky: Wifi Hotspot, Penyebab Warung Kopi Banda Aceh Ramai Pelanggan
Wifi Hotspot, Penyebab Warung Kopi Banda Aceh Ramai Pelanggan
Berdasarkan dari pengamatan, ada beberapa hal yang menyebabkan warung kopi ini tidak putus dari pelanggan :
https://4.bp.blogspot.com/-jGLizA5SX0M/WKpF_kHNe3I/AAAAAAAAQyU/VzLuQym5ZTk3dsAPMOPlRPgNxQRK-3aBQCK4B/s1600/kop4a.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-jGLizA5SX0M/WKpF_kHNe3I/AAAAAAAAQyU/VzLuQym5ZTk3dsAPMOPlRPgNxQRK-3aBQCK4B/s72-c/kop4a.jpg
Mirwan Choky
http://www.mirwans.com/2017/02/wifi-hotspot-penyebab-warung-kopi-banda.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/02/wifi-hotspot-penyebab-warung-kopi-banda.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy