10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi



10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Mirwaners, travelling atau kegiatan jalan-jalan menuju ke lokasi yang indah merupakan hal yang di idam-idamkan bagi para traveller, backpacker, wisatawan dan sejenisnya. Apa lagi bagi mereka yang mendapatkan jatah libur kerja atau saat weekend, sebagian besar dari mereka pastinya ingin berjalan-jalan menjelajah suatu destinasi untuk mengistirahatkan fisik dan minda dari kesibukan harian. Begitu banyak destinasi-destinasi di Indonesia ini yang bisa dijadikan tempat liburan, salah satunya yaitu Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau. 

Kota Bagan Siapiapi ini merupakan kota yang penuh dengan destinasi-destinasi yang memiliki hasil peninggalan sejarah Belanda yang mana destinasi tersebut sangat direkomendasi bagi anda untuk dikunjungi. Sebagaimana yang telah saya kunjungi kemaren bersama tim Bagan Heritage, ada beberapa destinasi wisata sejarah yang bisa anda kunjungi apabila anda akan travelling ke Bagan Siapiapi.

1. Rumah Kapitan


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Rumah kapitan ini merupakan salah satu bukti keberadaan kapitan Tionghoa yang menjadi pemimpin lokal untuk orang-orang Tionghoa. Rumah yang berada di belakang hotel Lion Bagan Siapiapi ini sudah berdiri pada akhir abad ke 18. Pada saat industri perikanan menjadi sumber pendapatan kota Bagan, Kapitan Tionghoa di Bagan Siapiapi diberikan hak oleh Belanda untuk melakukan kontrol perdagangan. Kontrol perdagangan ini berkembang menjadi monopoli di dalam bisnis. Dalam catatan Belanda, pada tahun 1908, mantan Kapitan Bengkalis Oey I Tam memiliki hak mompoli garam di kota Bagan, bersama Tjong A Fie, kapitan Tionghoa di Medan. Mereka memonopoli masuknya garam dari Singapura bahkan Mesir ke kota Bagan. Belanda mencatat, pendapatan bersih Oey memonopoli garam pada tahun 1908 sebesar 112,000 Gulden.


2. Bekas Pelabuhan Tua Belanda dan Gudang tua


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Pelabuhan tua ini pada zaman dahulu didirikan oleh Belanda pada tahun 1924. Dipelabuhan ini terdapat 30 anak tangga dari permukaan menuju sungai Rokan. 21 anak tangga menurun disambung pelataran kemudian dilanjutkan dengan 9 anak tangga. Pelabuhan tua ini sekarang berada di halaman kantor Bea Cukai Bagan Siapiapi. Selain pelabuhan tua tersebut juga terdapat gudang tua yang telah didirikan oleh Belanda pada tahun 1920. Gudang tua tersebut dulunya difungsikan untuk menampung barang-barang yang masuk kota Bagan yang dibawa oleh kapal-kapal dari maskapai Pelayaran Belanda/Koninklijke Paketvaart Maatschappij.


3. Meriam


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Meriam ini adalah peninggalan tentara Portugis sekitar 350 tahun yang lalu. Karena Belanda telah masuk ke Bagansiapiapi sekitar 350 tahun lalu. Informasi ini dia dapat berdasarkan keterangan yang ia peroleh dari Tim Purbakala PDK Jakarta yang mengaku telah melihat buku sejarahnya tahun 1982. Lokasi meriam ini terletak bersebelahan dengan Pelabuhan yang telah menjadi daratan yang kini berada di Belakang Kantor Bea Cukai Bagan Siapiapi. 


4. Kantor cabang bank BRI kota Bagan Siapiapi


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Kantor BRI Bagan Siapiapi ini merupakan bank BRI nomor dua di Indonesia. Bank BRI pertama didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmaja dengan nama Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden bulan Desember 1895. Bank BRI Bagan ini didirikan saat kejayaan industri ikan di kota Bagan. Dibangun pada tahun 1917. Bank ini dahulunya bernama De Visscherij Bank “Bagan Madjoe” atau biasa di sebut bank Bagan Majoe (Bank Bagan Maju). Kemudian berganti nama menjadi bank BRI pada zaman kemerdekaan. BRI Cabang Bagan Siapiapi memiliki kode cabang nomor 2 penanda BRI Bagan Siapiapi adalah Kantor Cabang Kedua di Indonesia.

5. Gereja Tua Santo Petrus


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Gereja ini dibangun pada awal tahun 1900-an awal pada saat kotroleur Belanda mengembangkan kota Bagan Siapiapi. Gereja tua ini merupakan salah satu bukti bahwa pada tahun itu Belanda membawa misi keagamaan di kota Bagan Siapiapi. 

6. Rumah Sakit DR R.M. Pratomo


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Rumah sakit ini dibangun oleh R.M. Pratomo. RM Pratomo seorang alumni STOVIA yang mengabadikan hidupnya dengan membuat rumah sakit di kota Bagan Siapapi. Beliau datang ke Bagan pada tahun 1910. RM Pratomo menyelesaikan sekolah kedokterannya dibawah bimbingan dr. Wahidin Soedirohoesodo. Pada tahun 1925, RM Pratomo mendirikan rumah sakit yang sekarang menjadi rumah sakit daerah Rokan Hilir. RM Pratomo meninggal kecelakaan pada tahun 1942 sebelum Indonesia merdeka.

7. Water Leding


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Water Leding ini juga merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang masih utuh di kota Bagan Siapiapi. Bangunan ini merupakan stasiun pengolahan air minum. Water leding dibangun oleh Belanda pada tahun 1931. Sekarang yang tersisa adalah sisa berupa tandon air berukuran raksasa. Peninggalan-peninggalan ini menjadi bukti bahwa Bagan Siapiapi adalah kota yang maju pada zamannya., sayangnya, Rumah Wedana, kantor Wedana, rumah Pegadaian, rumah kepala Bank Bagan Madjoe, dan pasar kota sudah di hancurkan pada saat kota Bagan berbenah menjadi ibukota Kabupaten Rokan Hilir.

8. Klenteng In Hok Kiong


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Merupakan klenteng tertua di Bagan, klenteng ini dibangun pada abad ke 18 akhir, setelah orang-orang Tionghoa masuk ke Bagan Siapiapi. Ornamen-ornamen yang ada di klenteng ini masih sesuai dengan kondisi pada abad ke 18. Dari pagi hari, kita bisa melihat masyarakat Tioghoa Bagan melaksanakan ibadah.

9. Tugu Perjanjian


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Tugu perjanjian antara manusia dan setan ini menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa Bagan merupakan penjaga kota agar tidak dimasuki makhluk jahat. Ada empat tugu perjanjian yang dibuat mengelilingi klenteng Hok In Kiong, Tugu perjanjian yang paling dekat bisa dilihat berjarak 100 meter dari klenteng.

10. Asrama Brimob

Selain yang diatas, ada juga asrama Brimob. Asrama ini dibangun di tahun yang sama dengan gereja Santo Petrus & Paulus. Dulunya ini merupakan rumah kesusteran sebelum dialih fungsikan menjadi asrama.

Demikianlah 10 destinasi wisata yang bisa anda kunjungi ketika liburan ke Bagan Siapiapi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin berlibur ke Bagan Siapiapi, salah satu kota yang ada di Riau. Dikarenakan postingan ini hanya membahas tentang wisata sejarah, jadi sebenarnya masih ada lagi jenis wisata lain yang bisa anda kunjungi yang tidak dibahas disini. salah satunya yaitu wisata kuliner. Ada satu hal yang perlu anda ketahui tentang wisata kuliner. Jika anda sudah sampai ke kota ini, jangan lupa mencicipi kuliner khas Bagan Siapiapi, yaitu Kacang Pukul, makanan yang gurih dan nikmat. Belum lengkap rasanya jika tidak mencoba kacang pukul apabila sudah menginjak tanah Bagan Siapiapi.



BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 49
Loading...
Name

Aceh Affiliate apartemen di Indonesia Axioo Blog Competition Axioo Indonesia Bagan Siapiapi cara cepat sewa dan jual apartemen Cheria Halal Holiday Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Hotel Info jual apartemen Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau rukamen sewa apartemen Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
Mirwan Choky: 10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi
10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi
Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau, seperti Rumah Kapitan, Bekas Pelabuhan Tua Belanda dan Gudang tua, Meriam, Kantor cabang bank BRI, Gereja Tua Santo Petrus, Rumah Sakit DR R.M. Pratomo, Water Leding, Klenteng In Hok Kiong, Tugu Perjanjian, Asrama Brimob.
https://1.bp.blogspot.com/-DQsd76RMu4g/WPx9pxqDiOI/AAAAAAAARUk/xkba1IsTBqYT79fA5ucvSa-mF36tkXoWQCK4B/s1600/IMG-20170402-WA0000.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DQsd76RMu4g/WPx9pxqDiOI/AAAAAAAARUk/xkba1IsTBqYT79fA5ucvSa-mF36tkXoWQCK4B/s72-c/IMG-20170402-WA0000.jpg
Mirwan Choky
http://www.mirwans.com/2017/04/10-destinasi-wisata-sejarah-yang-wajib.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/04/10-destinasi-wisata-sejarah-yang-wajib.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy