10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi



10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Mirwaners, travelling atau kegiatan jalan-jalan menuju ke lokasi yang indah merupakan hal yang di idam-idamkan bagi para traveller, backpacker, wisatawan dan sejenisnya. Apa lagi bagi mereka yang mendapatkan jatah libur kerja atau saat weekend, sebagian besar dari mereka pastinya ingin berjalan-jalan menjelajah suatu destinasi untuk mengistirahatkan fisik dan minda dari kesibukan harian. Begitu banyak destinasi-destinasi di Indonesia ini yang bisa dijadikan tempat liburan, salah satunya yaitu Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau. 

Kota Bagan Siapiapi ini merupakan kota yang penuh dengan destinasi-destinasi yang memiliki hasil peninggalan sejarah Belanda yang mana destinasi tersebut sangat direkomendasi bagi anda untuk dikunjungi. Sebagaimana yang telah saya kunjungi kemaren bersama tim Bagan Heritage, ada beberapa destinasi wisata sejarah yang bisa anda kunjungi apabila anda akan travelling ke Bagan Siapiapi.

1. Rumah Kapitan


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Rumah kapitan ini merupakan salah satu bukti keberadaan kapitan Tionghoa yang menjadi pemimpin lokal untuk orang-orang Tionghoa. Rumah yang berada di belakang hotel Lion Bagan Siapiapi ini sudah berdiri pada akhir abad ke 18. Pada saat industri perikanan menjadi sumber pendapatan kota Bagan, Kapitan Tionghoa di Bagan Siapiapi diberikan hak oleh Belanda untuk melakukan kontrol perdagangan. Kontrol perdagangan ini berkembang menjadi monopoli di dalam bisnis. Dalam catatan Belanda, pada tahun 1908, mantan Kapitan Bengkalis Oey I Tam memiliki hak mompoli garam di kota Bagan, bersama Tjong A Fie, kapitan Tionghoa di Medan. Mereka memonopoli masuknya garam dari Singapura bahkan Mesir ke kota Bagan. Belanda mencatat, pendapatan bersih Oey memonopoli garam pada tahun 1908 sebesar 112,000 Gulden.


2. Bekas Pelabuhan Tua Belanda dan Gudang tua


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Pelabuhan tua ini pada zaman dahulu didirikan oleh Belanda pada tahun 1924. Dipelabuhan ini terdapat 30 anak tangga dari permukaan menuju sungai Rokan. 21 anak tangga menurun disambung pelataran kemudian dilanjutkan dengan 9 anak tangga. Pelabuhan tua ini sekarang berada di halaman kantor Bea Cukai Bagan Siapiapi. Selain pelabuhan tua tersebut juga terdapat gudang tua yang telah didirikan oleh Belanda pada tahun 1920. Gudang tua tersebut dulunya difungsikan untuk menampung barang-barang yang masuk kota Bagan yang dibawa oleh kapal-kapal dari maskapai Pelayaran Belanda/Koninklijke Paketvaart Maatschappij.


3. Meriam


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Meriam ini adalah peninggalan tentara Portugis sekitar 350 tahun yang lalu. Karena Belanda telah masuk ke Bagansiapiapi sekitar 350 tahun lalu. Informasi ini dia dapat berdasarkan keterangan yang ia peroleh dari Tim Purbakala PDK Jakarta yang mengaku telah melihat buku sejarahnya tahun 1982. Lokasi meriam ini terletak bersebelahan dengan Pelabuhan yang telah menjadi daratan yang kini berada di Belakang Kantor Bea Cukai Bagan Siapiapi. 


4. Kantor cabang bank BRI kota Bagan Siapiapi


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Kantor BRI Bagan Siapiapi ini merupakan bank BRI nomor dua di Indonesia. Bank BRI pertama didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmaja dengan nama Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden bulan Desember 1895. Bank BRI Bagan ini didirikan saat kejayaan industri ikan di kota Bagan. Dibangun pada tahun 1917. Bank ini dahulunya bernama De Visscherij Bank “Bagan Madjoe” atau biasa di sebut bank Bagan Majoe (Bank Bagan Maju). Kemudian berganti nama menjadi bank BRI pada zaman kemerdekaan. BRI Cabang Bagan Siapiapi memiliki kode cabang nomor 2 penanda BRI Bagan Siapiapi adalah Kantor Cabang Kedua di Indonesia.

5. Gereja Tua Santo Petrus


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Gereja ini dibangun pada awal tahun 1900-an awal pada saat kotroleur Belanda mengembangkan kota Bagan Siapiapi. Gereja tua ini merupakan salah satu bukti bahwa pada tahun itu Belanda membawa misi keagamaan di kota Bagan Siapiapi. 

6. Rumah Sakit DR R.M. Pratomo


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Rumah sakit ini dibangun oleh R.M. Pratomo. RM Pratomo seorang alumni STOVIA yang mengabadikan hidupnya dengan membuat rumah sakit di kota Bagan Siapapi. Beliau datang ke Bagan pada tahun 1910. RM Pratomo menyelesaikan sekolah kedokterannya dibawah bimbingan dr. Wahidin Soedirohoesodo. Pada tahun 1925, RM Pratomo mendirikan rumah sakit yang sekarang menjadi rumah sakit daerah Rokan Hilir. RM Pratomo meninggal kecelakaan pada tahun 1942 sebelum Indonesia merdeka.

7. Water Leding


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Water Leding ini juga merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang masih utuh di kota Bagan Siapiapi. Bangunan ini merupakan stasiun pengolahan air minum. Water leding dibangun oleh Belanda pada tahun 1931. Sekarang yang tersisa adalah sisa berupa tandon air berukuran raksasa. Peninggalan-peninggalan ini menjadi bukti bahwa Bagan Siapiapi adalah kota yang maju pada zamannya., sayangnya, Rumah Wedana, kantor Wedana, rumah Pegadaian, rumah kepala Bank Bagan Madjoe, dan pasar kota sudah di hancurkan pada saat kota Bagan berbenah menjadi ibukota Kabupaten Rokan Hilir.

8. Klenteng In Hok Kiong


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Merupakan klenteng tertua di Bagan, klenteng ini dibangun pada abad ke 18 akhir, setelah orang-orang Tionghoa masuk ke Bagan Siapiapi. Ornamen-ornamen yang ada di klenteng ini masih sesuai dengan kondisi pada abad ke 18. Dari pagi hari, kita bisa melihat masyarakat Tioghoa Bagan melaksanakan ibadah.

9. Tugu Perjanjian


10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi

Tugu perjanjian antara manusia dan setan ini menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa Bagan merupakan penjaga kota agar tidak dimasuki makhluk jahat. Ada empat tugu perjanjian yang dibuat mengelilingi klenteng Hok In Kiong, Tugu perjanjian yang paling dekat bisa dilihat berjarak 100 meter dari klenteng.

10. Asrama Brimob

Selain yang diatas, ada juga asrama Brimob. Asrama ini dibangun di tahun yang sama dengan gereja Santo Petrus & Paulus. Dulunya ini merupakan rumah kesusteran sebelum dialih fungsikan menjadi asrama.

Demikianlah 10 destinasi wisata yang bisa anda kunjungi ketika liburan ke Bagan Siapiapi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin berlibur ke Bagan Siapiapi, salah satu kota yang ada di Riau. Dikarenakan postingan ini hanya membahas tentang wisata sejarah, jadi sebenarnya masih ada lagi jenis wisata lain yang bisa anda kunjungi yang tidak dibahas disini. salah satunya yaitu wisata kuliner. Ada satu hal yang perlu anda ketahui tentang wisata kuliner. Jika anda sudah sampai ke kota ini, jangan lupa mencicipi kuliner khas Bagan Siapiapi, yaitu Kacang Pukul, makanan yang gurih dan nikmat. Belum lengkap rasanya jika tidak mencoba kacang pukul apabila sudah menginjak tanah Bagan Siapiapi.

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


52 comments

Baru kenal bagan siapiapi aku malah gan,wkwkwk. makasih infonya. mudah-mudahan nti bisa berkunjung kesana:V

Iya gan... Semoga informasi ini bermanfaat. Kapan-kapan bisa dong kunjungin Bagan Siapiapi.

4/23/2017

belum pernah ke bagan siapiapi. ternyata banyak tempat bersejarahnya ya di kota ini

4/23/2017

Noted. Patut didatangi nih kalau suatu waktu bisa ke sana.

indonesia memang nggak ada mati matinya kalau tempat menarik untuk dikunjungi. :)

Di Bagan Siapapi memang banyak destinasi wisata bersejarah mbak. Ayo mbak berlibur ke tempat ini :)

Iya mbak, kapan-kapan mau berlibur bisa tuh main-main ke tempat ini.

Bener banget mas, Indonesia memang kaya dengan tempat yang menarik.

Sedih saya...
satu pun belum pernah saya kunjungi mas...

Jangan sedih dong. Selagi punya waktu, ayo jalan-jalan ke Bagan.

Iya, bagan siapiapi sangat maju di masanya. Banyak fasilitas umum seperti terminal air, rumah sakit, pelabuhan dll. Ada faedahnya juga dijajah eh..

Iya mbak Arum. Bener banget. Bagi pecinta travelling apa lagi yang suka sejarah, tempat ini recommended banget deh.

Buset foto bapak disini banyak banget yah, hahaha

Hahhaha... Satu item satu foto. 😂😂

Kelihatan dari Jogja meriamnya itu ada penunggunya mas.... :)

Iya mbak Yuni, ada penunggunya lho... tapi jangan khawatir, penunggunya manusia kok, bukan makhluk halus :D

4/25/2017

indonesia selalu punya tempat mempesona
haaah, bagansiapiapi...entah kapan saya bisa kesini XD

Iya mbak, Indonesia ini kalau di jelajah satu per satu gak bakalan habis deh. Kapan-kapan main dong ke Bagan Siapiapi 😂

Banyak jg ya wisata sejarahnya...

Unik-unik tempatnya ya, Mas. Post ini bisa jadi referensi kalau mau Wisata Sejarah di Bagan Siapiapi. Indonesia memang top (y)

Wah ini Mas Mirwan salah manggil nih, itu kan Mas Winsu Tri laki-laki, Mas..hehe

Iya mbak, lumayan banyak di kota Bagan Siapiapi ini.

Iya mas, Indonesia top merkotop deh. Semoga post ini bermanfaat deh bagi orang yang membutuhkannya.

Ooh iya ya? Astaghfirullah. Jadi selama ini saya salah sebut ya. Maaf mas Wisnu. Saya khilaf 😅

4/27/2017

fotonya clean kabeh, belum pernah ke sana euy, moga someday ya bisa ke Bagan Siapiapi

4/27/2017

Lebih ke wisata sejarah ya. Ada juga wisata budayanya ke Klenteng.

itu paling unik ya tugu perjanjian...jarang2 banget

Iya mbak Evrina. Semoga suatu hari bisa ke Bagan deh.

Iya mbak Nita. Selain wisata sejarah, di tempat ini juga ada jenis wisata lainnya.

Iya bener banget mas. Jarang banget.

menariknya rumah kapitan tu

Jomlah jenjalan kat Bagan.

5/01/2017

aku masih penasaran lho yg rumah kapitan itu. eksotik

5/01/2017

Lho si mutia ada disitu
Saya juga suka lho berkunjung ke lokasi dan benda-bendar bersejarah. Pikiran bisa terbang ke masa lampau itu menyenangkan kok

Ayo kunjungi Bagan mas biar gak penasaran lagi.

Iya, mbak. Asik deh kalau ngunjungi tempat-tempat bersejarah.

Iya itu Mutia. Kenal ya mbak?

saya bangga jadi anak bagansiapiapi,,
saran buat teman" yang mau jalan" ke bagansiapiapi,ada wisata budaya yang lebih menarik lagi dan dalam 1 tahun cuman sekali adalah acara bakar tongkang .
untuk tahun 2017 acara dimulai dari tanggal 9 juni malam sampai dengan 11 juni sore.. makasii

Iya, kemaren waktu saya ke Bagan, orang-orang disana juga ngomong tentang acara Bakar tongkang ini. Saya juga udah alam penasaran dengan acara bakar tongkang ini. Soalnya belum pernah lihat.

Duh, tugu perjanjian manusia dengan setan itu, sesuatu!

Dulu pas SD, Bagan Siapiapi identik dengan INalum dan pukat harimau.
Ternyata banyak tempat wisata menariknya ya.

Iya mbak, di Bagan ini memang banyak tempat wisata yang menarik. By the way, itu tugu Perjanjian, meskipun ada iming2 setannya, tapi gak serem kok. Hehehe....

Ternyata banyak juga objek wisata menarik di Bagan Siapi-Api.

Bener banget mas, memang banyak objek wisata yang menarik di Bagan Siapiapi ini.

Ternyata masih banyak tempat wisata Bagan siapi api yang belum tak kunjungi. Kelihatannya kota kecil, tapi lumayan luas juga. Banyak banget objek wisata yang bisa dilihat ya

Asyik banget klo bisa datang melihat langsung acara tersebut ya. Bulan depan dong, deuh pas puasa..

Ayo lah kapan-kapan kunjungi kota Bagan Siapiapi untuk melihat beberap destinasi wisata yang ada.

waah wisata sejarahnya lumayan banyak ya di sana :)... dan aku jujurnya salah mas... aku pikir bagan siapi2 ini letaknya di sumatra utara :D.. krn namanya mirip kota2 di sumut sana... trnyata di riau yaaa :)

Iya mbak, lumayan banyak lokasi wisatanya. Bagan Siapiapi itu di Riau dong mbaaakk... Hehehe...

5/18/2017

kali aja saya bisa berkunjung ke sana...

Iya, mudah-mudahan bisa berkunjung ke tempat ini.

Anonim
7/06/2017

Baru pernah ke Bank BRI aja waktu tugas di Bagan selama sebulan.. itupun karena mau ke BNI harus ke bagan batu dulu.. hehehe..

Waaah... Sayang banget ya gak ngunjungin tempat lain nya.

Indonesia memang kayak akan SDA dan budaya yang menjadikannya cocok sebagai destinasi edukasi buat orang luar negeri

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: 10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi
10 Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi
Objek Destinasi Wisata Sejarah yang Wajib dikunjungi di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, Riau, seperti Rumah Kapitan, Bekas Pelabuhan Tua Belanda dan Gudang tua, Meriam, Kantor cabang bank BRI, Gereja Tua Santo Petrus, Rumah Sakit DR R.M. Pratomo, Water Leding, Klenteng In Hok Kiong, Tugu Perjanjian, Asrama Brimob.
https://1.bp.blogspot.com/-DQsd76RMu4g/WPx9pxqDiOI/AAAAAAAARUk/xkba1IsTBqYT79fA5ucvSa-mF36tkXoWQCK4B/s1600/IMG-20170402-WA0000.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-DQsd76RMu4g/WPx9pxqDiOI/AAAAAAAARUk/xkba1IsTBqYT79fA5ucvSa-mF36tkXoWQCK4B/s72-c/IMG-20170402-WA0000.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/04/10-destinasi-wisata-sejarah-yang-wajib.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/04/10-destinasi-wisata-sejarah-yang-wajib.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy