Wow! Meriam Sudah Berusia 3 Abad Ini Masih Kokoh



meriam bagan siapiapi

Mirwaners, seperti yang saya sebutkan pada beberapa postingan sebelumnya bahwa kota Bagan Siapiapi ini penuh dengan barang peninggalan sejarah. Peninggalan sejarah tersebut ada yang sudah dirawat dan ada juga yang kurang terawat. Namun pemerintah setempat sudah mulai memperhatikan dengan serius barang-barang peninggalan sejarah tersebut agar barang tersebut bertahan hingga ke anak cucu mereka. Selain itu, lokasi dimana letaknya barang ini akan dijadikan tempat wisata sejarah yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Jadi, pada saat saya ikut event Bagan Heritage di Bagan Siapiapi kemaren, saya ketemu beberapa barang yang bisa dikategorikan sebagai barang antik yang mungkin tidak akan bisa ditemukan ditempat lain. Salah satu barang tersebut adalah satu unit meriam. Meriam ini sepertinya terbuat dari besi murni. Yang lebih wow-nya lagi yaitu usia meriam ini sudah mencapai 3 abad, namun terlihat masih kokoh seperti baru dibuat.

Menurut warga setempat, Marzuki di Kronline, meriam ini adalah peninggalan tentara Portugis sekitar 350 tahun yang lalu. Karena Belanda telah masuk ke Bagansiapiapi sekitar 350 tahun lalu. Informasi ini dia dapat berdasarkan keterangan yang ia peroleh dari Tim Purbakala PDK Jakarta yang mengaku telah melihat buku sejarahnya tahun 1982.

Lokasi meriam ini terletak bersebelahan dengan Pelabuhan yang telah menjadi daratan yang kini berada di Belakang Kantor Bea Cukai Bagan Siapiapi. Lokasi ini dipagari dengan tembok sehingga untuk memasuk ke lokasi tersebut harus mendapat izin dari pihak yang berwajib. Apa bila anda mau mengunjung ke lokasi ini, saran saya, kunjungilah pada jam kerja. Karena dikhawatirkan tidak ada si penjaga di tempat pada hari libur.


meriam bagan siapiapi

Walau bagaiamana pun, sebagai warga Riau, saya berbangga karena di provinsi ini memiliki sesuatu yang sangat unik dan potensial, seperti satu unit meriam ini. Barang peninggalan sejarah ini apabila dijaga dengan maksimal maka akan bisa menarik perhatian para wisatawan, khususnya bagi mereka yang suka dengan barang yang antik yang memiliki sejarah tersendiri. Apabila para wisatawan telah mengetahui tentang keberadaan barang antik ini, tentunya lokasi ini akan dimasukkan ke daftar list kunjungan oleh mereka. Para wisatawan, ayo ke Bagan!



BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 39
Loading...
Name

Aceh Affiliate apartemen di Indonesia Axioo Blog Competition Axioo Indonesia Bagan Siapiapi cara cepat sewa dan jual apartemen Cheria Halal Holiday Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Info jual apartemen Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau rukamen sewa apartemen Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Wow! Meriam Sudah Berusia 3 Abad Ini Masih Kokoh
Wow! Meriam Sudah Berusia 3 Abad Ini Masih Kokoh
Wisata Sejarah Bagan Siapiapi Riau : Meriam ini sepertinya terbuat dari besi murni.
https://1.bp.blogspot.com/-lUU9w3tjf8Y/WPWjLBPtCKI/AAAAAAAARN4/LndKl4rm2w0Wv0Icf6pmIaEVYZDcFzhugCK4B/s1600/MERIAMS.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lUU9w3tjf8Y/WPWjLBPtCKI/AAAAAAAARN4/LndKl4rm2w0Wv0Icf6pmIaEVYZDcFzhugCK4B/s72-c/MERIAMS.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2017/04/wow-meriam-berusia-3-abad-ini-masih.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/04/wow-meriam-berusia-3-abad-ini-masih.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy