Aneh! Pelabuhan Tua di Bagansiapiapi Jadi Daratan



Pelabuhan Tua di Bagansiapiapi

Mirwaners, Bagansiapiapi merupakan ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Di sekitar lokasi ibu kota ini memiliki banyak tempat bersejarah. Dari sekian banyak tempat bersejarah, ada satu tempat yang menurut saya agak aneh, yaitu sebuah pelabuhan Tua Peninggalan Belanda pada tahun 1942. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata pelabuhan? Sebagian orang tentunya berfikir suasana sebuah pelabuhan dimana ada air lautnya dan juga mungkin ada kapal-kapal yang berlabuh.

Namun, pelabuhan tua yang satu ini agak aneh. Jarang bahkan belum pernah saya temui hal ini. Yang bikin aneh itu adalah pelabuhan ini yang dulunya adalah laut tapi sekarang menjadi daratan yang kini sudah dibangun rumah-rumah disekitarnya. Biasanya kan dipinggiran pelabuhan mengalami abrasi dimana pinggiran laut tersebut makin lama makin menjorok ke darat, tapi pelabuhan yang ini beda. Malah daratannya menjadi menjorok ke laut yang kini jarak antara pelabuhan tersebut dengan laut sudah begitu jauh, sekitar 4 kilo meter.

Pelabuhan Tua di Bagansiapiapi

Mirwaners, seperti yang saya lihat kemaren bersama tim Bagan Heritage, bentuk pelabuhan bersejarah ini kini tidak lagi utuh. Bekas besi dermaga sepanjang 100 meter di pelabuhan ini sudah dimakan karat dan besar kemungkinan beberapa puluh tahun mendatang besi ini akan rapuh jika tidak ada perawatan yang maksimal dari masyarakat atau pemerintah setempat. Selain itu, dilokasi ini juga terdapat gudang tua yang sudah lama dibangun, yaitu pada tahun 1920. Gudang tua ini dulunya digunakan untuk menampung barang-barang yang dipakai oleh maskapai pelayaran Belanda. Namun, kini lokasi pelabuhan ini sudah dipagar dan dijaga agar tidak dijahilin oleh orang-orang disekitar. Hanya orang yang mendapat izin yang bisa memasuki wilayah pelabuhan bersejarah ini.

Lokasi Pelabuhan tua yang penuh sejarah ini terletak di halaman belakang Kantor Bea Cukai Bagansiapiapi. Menurut cerita warga sekitar, lokasi pelabuhan tua ini pernah  ingin dijadikan perumahan oleh pihak Bea dan Cukai. Tapi untungnya, keinginan tersebut ditolak oleh masyarakat dan juga Pemerintahan kabupaten Rokan Hilir. Karena pelabuhan tua ini sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata sejarah dimana akan menjadi asset yang berharga bagi Rokan Hilir bahkan bagi Riau. Kini Pemerintahan kabupaten Rokan Hilir sedang berupaya untuk membebaskan lahan miliki Kemenkeu tersebut untuk dijadikan tempat wisata sejarah.

Pelabuhan Tua di Bagansiapiapi

Jadi, bagaimana menurut anda tentang pelabuhan tua yang bersejarah ini? Sudah pernah kah menyaksikan sendiri peristiwa seperti ini? Kalau belum pernah dan ingin melihat dengan mata kepala sendiri, ayo kita jalan-jalan mengunjungi lokasi ini di Bagan Siapiapi sebelum orang lain mengunjunginya. Untuk mengunjungi lokasi ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan bus pariwisata yang memakan waktu sekitar 6 atau 7 jam perjalanan kalau anda dari Pekanbaru di siang hari. Not so long, right?



BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 60
Loading...
Name

Aceh Affiliate apartemen di Indonesia Axioo Blog Competition Axioo Indonesia Bagan Siapiapi cara cepat sewa dan jual apartemen Cheria Halal Holiday Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Hotel Info jual apartemen Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau rukamen sewa apartemen Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
Mirwan Choky: Aneh! Pelabuhan Tua di Bagansiapiapi Jadi Daratan
Aneh! Pelabuhan Tua di Bagansiapiapi Jadi Daratan
Dari sekian banyak tempat bersejarah, ada satu tempat yang menurut saya agak aneh, yaitu sebuah pelabuhan Tua Peninggalan Belanda pada tahun 1942.
https://3.bp.blogspot.com/-Ks09aqAm0iA/WOR1irDa4cI/AAAAAAAARB4/IF6qf5kWFVYZ1uYFtAv3P-HceiGhvoA_ACK4B/s1600/PELA.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Ks09aqAm0iA/WOR1irDa4cI/AAAAAAAARB4/IF6qf5kWFVYZ1uYFtAv3P-HceiGhvoA_ACK4B/s72-c/PELA.jpg
Mirwan Choky
http://www.mirwans.com/2017/04/aneh-pelabuhan-tua-di-bagansiapiapi.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/04/aneh-pelabuhan-tua-di-bagansiapiapi.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy