Menikmati Kopi Khop Khas dari Aceh dengan Cangkir Jungkir Balik



Kalau yang namanya Aceh, gak akan pernah luput dari yang namanya Kopi. Aceh udah dikenal dengan minuman kopinya. Kopi diolah menjadi berbagai jenis minuman kopi yang rasanya bikin ketagihan. Ada satu hal yang unik, yaitu cara menyeruputnya. Kita pada umumnya sudah biasa minum kopi yang diseduh dalam cangkir. Namun pernahkah anda membayangkan minum kopi dalam posisi cangkir yang sengaja dibalik? Ya, cara minum kopi dengan posisi cangkir terbalik disebut Kopi Khop. Uniknya lagi, kopi Khop ini hanya terdapat di Aceh.

Kopi khop aceh
Nofri sedang mengajari saya cara menikmati kopi Khop

Cara menikmati kopi Khop ini dibantu dengan sebuah sedotan untuk menikmati tiap tetes kenikmatannya dari celah cangkir. Kopi yang bisa diminum adalah yang sudah mengalir ke piring dan bukan kopi yang masih ada di dalam gelas. Untuk mengeluarkan kopi di dalam gelas Anda bisa meniupnya perlahan maka air kopi akan keluar ke piring. Unik, kan?

Kopi ini tidak disaring. Tapi tak perlu khawatir, walaupun tidak disaring sama sekali seperti umumnya kopi Aceh yang disaring berulang-ulang, ampas bijih kopi tidak akan terminum karena posisinya mengapung di atas cangkir.

Kopi khop aceh

Menurut Serambi Indonesia, Kopi khop (kopi tubruk) ini berasal dari Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Konon cara penyajian kopi tersebut terilhami dari model topi yang menjadi trade mark pahlawan nasional yang berasal dari daerah setempat yaitu Teuku Umar. Penyajian kopi khas Meulaboh, Aceh Barat itu telah ada sejak zaman penjajah atau pada saat Teuku Umar bergerilya.

Benar sekali, Mirwaners. Ketika saya pergi ke Aceh Selatan, diperjalanan, saya ketemu kedai-kedai kopi berjejer yang di pinggir pantai. Salah satunya yaitu di Geureutee.  Penyajian kopi sengaja disajikan dalam cangkir dengan posisi terbalik agar tetap hangat saat dinikmati. Selain dari pada itu, penyajian seperti ini juga agar minuman kopi tersebut bebas dari debu dan tetap nikmat saat diminum karena penyajian kopi dengan cara tersebut juga mempengaruhi citarasa yang ditawarkan. Untuk menikmati secangkir kopi khop, anda cukup hanya mengeluarkan uang mulai dari Rp 3 ribu. Murah, kan?

Kopi khop aceh
Lagi nunggu pesanan kopi Khop


Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


6 comments

7/17/2016

Cara menikmatinya lucu ya... haha

Iya bro. Unik banget. Awalnya saya bingung gimana cara minumnya.

7/18/2016

Saya tahu bahwa Aceh terkenal dengan kopinya. Tapi baru tahu cara minumnya kayak gitu. Unik juga yak. Itu ngga tumpah kopinya walau cangkir jungkir balik. Btw keren tuh minum kopinya dengan pemandangan danau apa laut?

Iya mbak. Memang unik. Walapun cangkirnya jungkir balik kayak gitu tapi airnya gak tumpah kok. Kemaren saya gak sabar minumnya karena airnya keluar dikit-dikit. Hehehe...

hadeuhhh.... ngiler ini saya bang :(

Ayo jalan-jalan ke Aceh nikmatin kopi khop Aceh :)

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Menikmati Kopi Khop Khas dari Aceh dengan Cangkir Jungkir Balik
Menikmati Kopi Khop Khas dari Aceh dengan Cangkir Jungkir Balik
Menikmati Kopi Khop Khas dari Aceh dengan Cangkir Jungkir Balik, cara minum kopi khop, cara seduh kopi
https://4.bp.blogspot.com/--z_qxTQqVCI/V4sYoW0h5LI/AAAAAAAAOyg/-zLzcoMUHtomFKphB-e6roK7gapHTCTEQCK4B/s1600/DSC_0050.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--z_qxTQqVCI/V4sYoW0h5LI/AAAAAAAAOyg/-zLzcoMUHtomFKphB-e6roK7gapHTCTEQCK4B/s72-c/DSC_0050.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/07/menikmati-kopi-khop-yang-unik-dari-aceh.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/07/menikmati-kopi-khop-yang-unik-dari-aceh.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy