Tata Cara Naik Pesawat Bagi Pemula



Tips Naik Pesawat Terbang Pertama Kali Bagi Traveller

Mirwaners, mungkin sebagian dari kita sudah sering berpergian kesana kemari mencari alamat, ehh maksudnya travelling gitu. Berbagai macam jenis alat transportasi udah kita coba, seperti transportasi darat, laut, maupun udara. Dan hal tersebut bakal menjadi salah satu item dalam daftar kenangan yang tak terlupakan yang sebagian kita menuliskannya di buku diary, di blog atau mungkin di media sosial.

Tapi, tau gak sih, Mirwaners, bahwa diantara kita pasti ada yang belum pernah travelling atau berwisata ke suatu tempat dengan pesawat? Dengan berbagai alasan, mungkin karena belum memiliki kesempatan, belum ada niat, atau mungkin karena phobia naik pesawat. Maklum aja, naik pesawat terbang kan memang berbeda dengan naik kereta atau kapal laut.

Nah, bagi anda sebagai traveller yang akan memulai naik pesawat, atau mungkin terpaksa naik pesawat, berikut ini saya akan berbagi Tata Cara Naik Pesawat Bagi Pemula supaya tidak gugup saat pertama kali mencobanya :

Saya harus ngapain dulu sebelum berangkat?

Mirwners, yang pertama yang harus anda lakukan adalah ya booking tiket dulu. Jangan berharap banyak anda bisa pergi jika anda hari ini pergi hari ini juga anda pesan tiket. Apa lagi pada musim libur. Gak bakalan ada tiketnya. Tapi, sebelum booking tiket pesawat, ada baiknya anda mencari tiket penerbangan terbaik ya. Terbaik maksudnya penerbangan yang sudah mengakomodasi semua kebutuhan anda. Seperti harga tiket pesawat sudah include airport tax, kapasitas bagasi yang setidaknya sesuai dengan berat koper atau ransel anda, rute yang jelas dan berbagai macam alasan lainnya. Pokoknya yang sesuai banget deh dengan kebutuhan anda. Contohnya pesawat terbang Garuda Indonesia. Untuk lebih memudahkan anda, anda pesan aja di Traveloka. Gak perlu lagi pergi jauh-jauh untuk booking tiket pesawat. Buka internet dan buka Traveloka.

Tips Naik Pesawat Terbang Pertama Kali Bagi Traveller
Jangan lupa booking tiket dari awal.


Jam berapa harus datang ke bandara?

Mirwaners, ketahuilah bahwa jangan sampai anda datang waktu mepet, atau jangan sampai telat datang ya karena kalau anda terlambat datang maka say good bye aja deh. Pesawat gak bakalan nunggu anda. Gak ada ceritanya pesawat jadi lambat berangkat hanya gara-gara menunggu anda. Jadi, saya sarankan anda untuk datang ke bandara dua jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera dalam tiket pesawat anda.

Satu hal yang perlu anda tahu bahwa anda jangan takut bosan karena menunggu terlalu lama. Karena sebenarnyna banyak hal yang harus anda hadapi saat di bandara nanti seperti pemeriksaan keamanan, check in, sampai berjalan ke ruang boarding yang lumayan memakan waktu. Bahkan mencari terminal keberangkatan sesuai nama maskapai pun bisa membutuh waktu lebih untuk yang baru pertama ke sana.

Ada cek keamanan, anda harus bagaimana?

Mirwaners, sebagai penumpang, anda harus melalui metal detector dan pengecekan tas/koper. Umumnya anda diminta untuk meletakkan barang-barang packingan anda ditempat yang sudah disediakan untuk pengecekan. Bahkan anda juga akan diminta untuk melepaskan sepatu dan ikat pinggang anda. Jadi, di pesawat itu anda dilarang untuk membawa barang-barang yang dilarang karena dikhawatirkan akan menggangu penumpang lainnya dan mengganggu perjalanan pesawat.

Penitipan barang gimana dong?

Oh ya, jika anda membawa tas kecil, anda bisa bawa masuk ke dalam kabin, diatas tempat duduk akan ada tempat khusus untuk meletakkan tas anda. Tapi jika tas anda besar, anda perlu memasukkannya ke bagasi. Tas atau koper yang dimasukkan ke bagasi akan ditimbang terlebih dahulu oleh petugas. Setelah ditimbang, tas atau koper anda akan diberi label dan anda akan mendapat bukti nomor tas yang masuk bagasi. Ingat yah, jangan sampai hilang bukti nomor ini! Terlebih lagi jangan sampai hilang aku dihati mu. Eeaaakk... Dan ingat! Sebagian penerbangan, anda akan diminta untuk membayar jika berat barang-barang anda melebihi kuota yang telah ditentukan. Jadi, kalau pergi-pergi atau travelling, jangan banyak-banyak bawa barang ya, atau barang-barang yang dianggap penting aja dibawa ya.

Tips Naik Pesawat Terbang Pertama Kali Bagi Traveller
Didalam pesawat, anda akan disediakan makanan. Tinggal pilih mau makan apa.

Kalau udah landing, terus gimana lagi?

Terus kalau udah landing, anda jangan buru-buru ya melepas sabuk pengaman. Sebaiknya biar aja dulu terpasang dan tunggu sampai tanda memakai sabuk pengaman dimatikan. Terus, jika anda sudah dibenarkan untuk turun pesawat, tempat yang anda harus tuju adalah tempat pengambilan koper atau tas anda. Pastikan anda menuju tempat yang sesuai dengan nomor pesawat anda. Bila tas anda sudah anda ambil, keluarlah dari bandara, jangan sampai ambil tas orang lain ya.

Happy Travelling!

Kalau semuanya udah selesai, yah anda bisa langsung menuju destinasi yang anda tuju dan Happy Travelling!!!. Selamat bersenang-senang dengan perjalan anda. Kalau udah bersenang-senang jangan lupa sama saya yah. Saya tunggu oleh-olehnya.

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


16 comments

9/02/2016

haha. waktu pertama kali naik pesawat. telinga sakit krn turbulensi . mgkn bs ditambahkan tips mengatasinya mas. wkwkw

salam kenal ya.
hanif insanwisata.com

Hahaha... sama kita mas. Oh iya ya. Lupa masukkan tentang itu. Makasih mas atas masukannya :) Salam kenal juga ya.

9/02/2016

Aku mau nya duduk nya di pangku pramugari nya kak, karena aku takut ihik ihik

Yaaah... Sekalian aja mas duduk di pangku pilotnya. Hehehehe... :D

9/03/2016

gagal fokus nih gara2 liat makanannya :)
hehehe

btw, saya paling males kalo masukin tas ke bagasi
secara, antre pas ambil bisa sampe satu jam
jadi, biasanya barang2nya saya pecah ke beberapa plastik/tas, biar muat di pesawat

Iya, makanannya memang menggoda. Tapi makanan seenak apapun, kalo udah dipesawat, rasa makanannya agak hambar. Iya kan?

Ooh bagus juga tuh, barang2nya dipecah ke beberapa plastik/tas, biar muat di pesawat.

9/04/2016

Jadi inget pertama kali naik pesawat. Takut bok!! pas mau take off nya...
Pucat pasi deh rasanya. Untung waktu itu bareng si bos, yang udah kayak ortu banget yang nenangin..xixixi.

Hahaha... pokoknya saat kita pertama kali naik pesawat memang memiliki kenangan tersendiri ya mabk Levina. Hehehe...

Paling males antri bagasi hahahah
waktu pertama kali naik pesawat agak bingung karena Bandara Soeta itu lumayan gede hahahahah norak saya...

Hahaha... biasalah mbak. Hampir semua orang kalau pertama kali memang gitu. Suka bingung. Hehehe.. tapi sekarang gak lagi kan, mbak Wuri?

Jadi inget dulu belasan tahun gak naik pesawat, sekalinya naik pesawat lagi tugas kantor keliling 4 kota dalam satu minggu. Udah mules aja rasanya ngebayangin terbang haha.

omnduut.com

Bingung itu tiket kudu diapain (nggak ngeh sama check in, itu dimana, sama siapa, dan kapan dsb dsb). Nice post.

Iya Om Ndut. Kalau kita keseringan naik pesawat mah memang mules rasanya pas naik pesawat, apa lagi sampia 4 kali dalam satu minggu. Hehehe...

Nice post? Oh thank you Om :)

Pertama kali naik pesawat yg paling sakit ya telingane...turbulensi
Makanannya cuma makaroni sama prekedel
Hmm ga enak pokoknya mah
Waktu itu pramugarinya kurang cantik pula :'(

Iya bener banget. Sama dengan saya. Sakit telinga. Tapi untungnya pramugarinya cantik-cantik. :D

Anonim
1/13/2017

Tapi kalo airline nya lowcost biasanya ga dapet makan mas.. harus beli dulu.. hehehe...

Iya bener banget. Kemaren waktu pakai Li*n Air, gak dikasi makanan. Hehehe...

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Tata Cara Naik Pesawat Bagi Pemula
Tata Cara Naik Pesawat Bagi Pemula
Tata Cara Naik Pesawat Bagi Pemula, Tips Naik Pesawat Terbang Pertama Kali Bagi Traveller, cara naik pesawat terbang, cara check keamanan di bandara
https://4.bp.blogspot.com/-wGKWOFMYEAA/V8hfZLQll-I/AAAAAAAAPUI/m7oQtAfsrt4M-p1KgH9SVdi-KMrzCtK1gCK4B/s1600/WhatsApp%2BImage%2B2016-09-dat%2B9.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-wGKWOFMYEAA/V8hfZLQll-I/AAAAAAAAPUI/m7oQtAfsrt4M-p1KgH9SVdi-KMrzCtK1gCK4B/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2016-09-dat%2B9.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/09/tips-naik-pesawat-terbang-pertama-kali.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/09/tips-naik-pesawat-terbang-pertama-kali.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy