5 Cara Mengatasi Sifat Introvert / Susah Bergaul



Cara Mengatasi Sifat Introvert / Susah Bergaul

Akhir-akhir ini saya menerima pesan dari pembaca blog ini melalui inbox Facebook. Mereka menanyakan tentang bagaimana cara merubah atau mengatasi sifat introvert yang mereka miliki sekarang. Ok, supaya lebih jelasnya, karena mereka menanya ke saya, maka saya akan menjawab pertanya tersebut melalui postingan ini. Walaupun saya bukan seorang yang ahli dalam Bimbingan Konseling, tapi saya akan sedikit berbagi, sedikit aja, gak banyak.

Well, lets see. Apa itu introvert? Introvert itu adalah sebuah sifat atau kepribadian seseorang dimana seseorang itu selalu berada dalam dunia pikirannya sendiri. Seorang introvert lebih senang menyendiri dan menarik diri dari dunia luar. Dalam bahasa kekinian, sering disebut dengan istilah antisosial. Biasanya orang yang memiliki sifat introvert ini lebih senang menyendiri, lebih pemalu dan agak susah bergaul dengan orang ramai. Selain itu, orang yang memiliki sifat introvert juga lebih suka berinteraksi dengan satu orang saja atau dengan sedikit orang.

Saya rasa sifat introvert ini pasti mengganggu sekali bagi seseroang yang memilikinya dalam kehidupan sehari-hari. Dan yakinlah, sifat ini bukanlah sifat yang dinginkan oleh mereka. Dalam hati mereka pasti sering bertanya “kenapa saya seperti ini? Kenapa saya susah sekali bergaul?” Pertanyaan tersebut sering muncul dengan sendirinya ketika mereka melihat orang lain sedang berinteraksi dan bergaul dengan orang banyak. Mereka pasti ingin sekali menjadi seperti orang yang mereka lihat disekeliling mereka, peramah, mudah bergaul dan disenangi teman.

Baca juga : Cara Berteman dengan Orang Baru saat Travelling

Anda jangan khawatir ya, sifat ini bisa anda atasi dengan cara merubah pola pikir anda sendiri. Pola pikir yang harus anda rubah andalah seperti berikut:

1. Lebih Peduli dengan orang sekitar

Oke, dalam hal ini bukan berarti kita kepo ya. Tapi wujudkan lah sifat peduli anda terhadap orang-orang disekitar anda. Lebih pedulilah dengan apa-apa yang terjadi terhadap teman anda. Contohnya, ketika teman anda adalah masalah, cobalah bantu dia. Setidaknya dengerin curhatnya. Jangan di diemin. Contohnya lagi, ketika ada orang yang mengajak anda pergi kemana-mana, pergi jalan-jalan misalnya, maka ikutilah ajakan mereka, kecuali kalau mereka mengajak untuk berbuat hal-hal yang terlarang. Walaupun anda tidak menyukainya tapi belajarlah untuk menyukainya. Sering-seringlah berpartisipasi dalam kegiatan yang ada disekitar anda.

Baca juga : Cerita Inspiratif : Gak Introvert Lagi, Terimakasih SM-3T

2. Bongkar Kebiasaan Lama

Seperti yang saya sebutkan tadi, orang yang memiliki sifat introvert ini cenderung hidup di zona nyaman, didunia mereka sendiri dan tidak peduli dengan dunia luar. Jika anda ingin merubahnya, maka anda mulailah merubah kebiasaan ini. Contohnya, jika anda adalah orang yang lebih suka tinggal di rumah saja pada sabtu malam, maka sekali-sekali pergilah keluar, jalan-jalan dengan teman anda pada akhir minggu. Memang sih pada awalnya anda akan merasa tidak nyaman, tapi yakinlah, jika anda sering melakukan hal ini, maka anda akan memiliki hari-hari yang lebih menyenangkan. Hal ini akan membantu anda untuk lebih membuka diri.

3. Belajarlah dari orang Extrovert

Nah, Mirwaners, apa itu extrovert? Extrovert itu adalah kebalikan dari introvert. Kalau introvert adalah orang yang susah bergaul, maka extrovert adalah orang yang lebih suka membuka diri dengan dunia luar, dan suka bergaul dengan orang banyak. Jadi, jika anda memiliki teman atau keluarga  yang memiliki sifat yang ekstrovert, maka pelajarilah cara mereka berbicara, berperilaku dan berinteraksi dengan semua orang. Pelajarilah bahasa tubuh (body language) mereka dan lihatlah cara mereka bekspresi. Jika anda banyak belajar dari mereka, maka anda akan lebih mudah untuk meniru karakteristik extrovert mereka.


4. Buatlah diri anda ADA diantara mereka

Memang orang yang memiliki sifat introvert tidak suka menjadikan diri mereka jadi pusat perhatian orang banyak. Rubahkan lah pemikiran seperti ini, buatlah diri anda diperhitungkan oleh orang disekitar anda. Beranikan diri anda untuk berbicara. Buatkan diri anda didengar dan dilihat orang banyak.

5. Jangan malu-malu

Mirwaners, salah satu sifat orang yang extrovert adalah berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain tanpa merasa malu-malu. Maka anda harus meniru sifat seperti ini. Jangan malu-malu dalam berinteraksi, buka diri, dan ngomong apa adanya. Jangan menunggu orang lain untuk datang dan berinteraksi dengan anda, tapi anda lah yang memulai duluan.

Oke, hal-hal yang demikianlah yang perlu anda perhatikan ya. Semoga bisa membantu mereka yang memiliki sifat introvert. Ohya, ada satu hal lagi yang perlu saya bilang, anda adalah makhluk sosial, artinya anda itu tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Maka bergaulah!

Mirwan Choky

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


32 comments

Saya banget tuh malu-malu tapi ga malu-maluin :P

10/20/2016

Hahaha... Yang penting gak malu-maluin deh.

10/20/2016

no 4 saya setuju
kebetulan, saya juga introvert, tapi tetap belajar biar bisa berbaur sama lingkungan sekitar, terutama rekan blogger

awalnya sih susah, tapi lama2 biasa :)

Ada sih temanku seperti itu. Dia benar-benar tertutup masalah apapun dan diam banget. Tapi kalau sama aku dia orangnya masih sedikit lebih terbuka :-)

10/20/2016

Keren nih mas, jadi tmbh ilmu lagi :)

10/20/2016

Mantap mas. Walaupun kita memilik sifat introvert tapi kita tetap berusaha agar tidak kelihatan sifat tersebut oleh lingkungan sekitar.

10/20/2016

Iya mas. MEmang orang seperti ini hanya dekat dengan beberapa orang saja. Itu hanya dengan orang yang benar-benar dia kenal.

10/20/2016

Iya mas. Semoga bermanfaat ya mas :)

aku bgt ini :3
tapi dengan travelling bisa juga kok mas, salah satunya ya bergaul dengan warga setempat, sambil menggali informasi ada yang cari jodoh nggak, *eh gimana

10/20/2016

Iya, bener banget mas. Dengan travelling kita bisa belajar merubah sifat kita. Apa lagi kalau mau nyari jodoh. Pas banget, Hehehehe... :D

10/21/2016

pada dasarnya seluruh manusia punya jiwa introvert mas... karena Nabi Adam dulu juga sendirian.. mungkin saat butuh kawan sifat itu bakal sirna karena emng dunia gak kan mungkin dinikmati sendiri ^-^ yg udah bisa extrovert semoga makin bahagia...

10/21/2016

Nabi Adam sendirian bukan karena dia pingin sendirian, memang waktu itu belum ada orang, dia butuh orang lain untuk berinteraksi dan berteman, terus ada Hawa. :) :)

10/22/2016

Nah, kalau saya introvert atau extrovert yak? Mungkin lebih ke introvert sedikit lah...60% xixixi.

10/22/2016

Hahaha... hanya diri sendiri yang tahu mbak :)

Kalau saya mah kayakya introvet bukan ekstrovet bukan habis bingung sih kang karena suka bergaul iya kadang menyendiri iya, itu biasanya gimana ya cara menentukannya kang ?

10/24/2016

Berarti mas tergolong AMBIEVERT. Ambievert itu adalah kepribadian manusia yang memiliki 2 kepribadian, yaitu Introvert dan Extrovert.

1/28/2017

Pasangan sy introvert. Banyak diam dlm kondisi apapun tdk mudah berkomunikasi dg org baru. Kec dg teman2 yg sdh dikenalnya. Bahkan dg saudara sya jg tdk bisa berkomunikasi dan terkesan menjauh.. sy bingung mengatasinya

1/29/2017

Pasangan sy introvert. Banyak diam dlm kondisi apapun tdk mudah berkomunikasi dg org baru. Kec dg teman2 yg sdh dikenalnya. Bahkan dg saudara sya jg tdk bisa berkomunikasi dan terkesan menjauh.. sy bingung mengatasinya

Kalau gitu coba aja kasi tahu pasangannya mbak Yulia, saranin dia untuk membaca postingan ini. Semoga bisa terbantu.

2/02/2017

Babang banget ini hiks, thanka for sharing mas

Sama-sama. Semoga bermanfaat mas.

11/07/2017

Ya bgtulah introvert menyedihkannn

11/26/2017

Iya... huhuhhu

Aku malah insecure jadi extrovert introvert. Tergantung mood bang. Kalo lagi mau, ya ngobrol. Kalo gak ya diem. Tapi lebih banyak bacotnya sih. Hahaha...

Hahahhaa... mantap dong.... menjadi introvert itu gak enak lho...

9/27/2018

Saya kalo di ajak orang ngobrol lancar bahkan dgn orang yg gak di kenal sekalipun, tapi kalo saya yang buka obrolan malah sering kaku bicaranya. Apakah saya termasuk introvert

10/09/2018

Semi introvert lah kayaknya... hehee

6/04/2019

kalau saya mah introvert kali. kec sama teman akrab. klo disuruh buka pembicaraan juga bingung mau ngomong apa kwkwkw. mau ngomong kaku amat yak:v. tapi klo di media social beda :v. sampe-smpe teman nganggap bukan saya yg chatan sma dia.

6/27/2019

Dulu sih ane bisa keluar dari introvert tapi karena dibully dan teken sama ortu karena temen satu kampung nakal semua sampe jelekin temen didepan ortunya sendiri supaya anaknya benci sama ane akhirnya saya mulai dijauhi dan sekarang setelah setahun jadi introvert lagi ortu malah neken suruh jadi ekstrovert lagi fak lah

6/27/2019

Karena temen kampung ada yg ngerokok lah padahal ane kagak kalo bully an gk terlalu ngena sih tapi ortu malah gitu why gituloh fak my life dude

8/04/2019

Q introvet bngt kalo libur bawaannya mager.
Smp2 pernh nntn bioskop sendiri ...
Ah dasar Q

8/31/2019

Yg paling gk enak itu kaku nya itu lo..gimana biar gk kaku klo ngomong..pls help meh

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: 5 Cara Mengatasi Sifat Introvert / Susah Bergaul
5 Cara Mengatasi Sifat Introvert / Susah Bergaul
Introvert itu adalah sebuah sifat atau kepribadian seseorang dimana seseorang itu selalu berada dalam dunia pikirannya sendiri. Seorang introvert lebih senang menyendiri dan menarik diri dari dunia luar.
https://3.bp.blogspot.com/-_HNw2rnV3x4/WAeT-l47b9I/AAAAAAAAP04/-pjXTYi7bqEpAEDuAtAakFm4uKbyR-N9gCK4B/s640/x.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-_HNw2rnV3x4/WAeT-l47b9I/AAAAAAAAP04/-pjXTYi7bqEpAEDuAtAakFm4uKbyR-N9gCK4B/s72-c/x.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/10/cara-mengatasi-sifat-introvert-susah.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/10/cara-mengatasi-sifat-introvert-susah.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy