Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naik Sepeda Berkeliling di Singapura? Beginilah Caranya

Cara sewa Naik Sepeda Berkeliling di Singapura, cara rental sepeda di Singapura, ofo bike,
Mirwaners! Memang sih, sejak beberapa kali berkunjung ke Singapura, aku jarang kali menggunakan public transportation untuk pergi kesana kemari. Karena disana sudah ada teman yang bawa aku kemana-mana pakai mobil pribadinya. Seingat aku, baru hanya sekali naik taksi dari Pasir Ris ke Changi Airport. Padahal kata orang-orang, naik bus/MRT itu lebih murah daripada naik taksi. Tapi karena kemaren aku lagi buru-buru, aku pilih naik taksi aja. Lagian aku juga gak tau bus/MRT ini ntah bakalan belok kemana-mana dan memakan waktu. 



Cara sewa Naik Sepeda Berkeliling di Singapura, cara rental sepeda di Singapura, ofo bike,

Ofo


Saat di Singapura, salah satu hal yang unik yang ku temukan adalah banyaknya sepeda yang terparkir di tepi jalan. Ada beberapa merek sepeda yang ada seperti Ofo, oBike dan Mobike. Nah, untuk merek Ofo, Ofo ini merupakan perusahaan pertama sebagai jenis sepeda bersama terbesar yang diciptakan untuk memberikan solusi transportasi kota terbaik yang dapat mengubah mindset warga mengenai permasalahan perkotaan dengan go green. 

By the way, gak seperti di Indonesia, sepeda ini terparkir bebas di pinggir-pinggir jalan seperti tanpa pemiliknya. Ternyata kita bebas untuk memakainya. Cara memakainya pun tentu ada prosedurnya. Gak bisa kita sembarang naik sepeda begitu aja. Gak bakalan bisa! Dan meskipun model sepedanya bervariasi, tapi cara penggunaannya sepertinya sama saja. Kemaren saat di pantai Palawan, aku lihat ada sepeda Ofo ditempat parkiran. Ya udah, aku numpang foto aja sama sepeda itu. Meskipun aku gak menyewanya. 

Baca juga : Sensasi Goyangan Jembatan di Pantai Palawan Singapura


Cara sewa Naik Sepeda Berkeliling di Singapura, cara rental sepeda di Singapura, ofo bike,

Anyway, kalau kalian lagi di Singapura dan ingin memakai sepeda yang ada di pingir-pingir jalan, beginilah caranya :


1. Download Aplikasi

Yang pertama kali yang harus kalian lakukan adalah mendownload aplikasi sesuai dengan merek sepedanya. Misalnya, kalau kalian ingin menggunakan sepeda Ofo, kalian harus download aplikasi Ofo. Aplikasi ini bisa didownload Appstore dan PlayStore. Setelah itu, silahkan sign in dengan mengisi informasi yang dibutuhkan. Untuk mengaktifkannya, kalian harus memasukkan nomor HP yang aktif, kemudian kalian akan mendapatkan kiriman code untuk menyelesaikan proses aktivasi. Selain itu, hal lain yang wajib kalian punyai untuk menggunakan sepeda ini adalah credit card. Credit Card ini bergunakan untuk proses pembayaran sewa. 

2. Cari Sepeda

Setelah kalian selesai melakukan proses aktivasi, hal selanjutnya yang kalian lakukan adalah mencari sepeda yang kalian inginkan yang terlihat terparkir di pinggir-pinggir jalanan di Singapore. Apabila kalian tidak menemukan sepeda yang terparkir di pinggir jalan, kalian bisa membuka aplikasi dan melihat lokasi sepeda yang dekat dengan kalian.

3. Unlock Sepedanya

Setelah ketemu sepedanya, langkah selanjutnya adalah buka aplikasi, dan pilih unlock, arahkan camera HP kalian ke barcode yang terdapat pada sepeda, tunggu beberapa saat dan lock lever pada sepeda akan terbuka secara otomatis. Emejing banget kan?


4. Go wherever you want to go

Setelah terbuka kuncinya, kalian tinggal menggunakan sepeda itu sesuka hati kalian. Dan bila sudah selesai pakai, letakkan kembali sepeda itu di pinggir jalan. Jangan diparkir ditempat pribadi yang sulit ditemukan ya. Kemudian kunci lever locknya  untuk memastikan bahwa kalian sudah selesai memakai sepeda itu dan aplikasinya akan secara otomatis mematikan argo sewa sepeda.

Mudah banget kan cara pakainya. Untuk tariff, sepeda Ofo termasuk bike sharing service dengan harga yang paling murah, yaitu SGD 0,5 untuk 30 menit. Murah banget kan? Satu hal yang perlu kalian ketahui bahwa semua sepeda yang ada dipinggir jalan untuk disewakan ini memiliki GPS yang terinstall, sehingga bisa mengukur jarak tempuh dan juga lokasi dari masing-masing sepeda.

Nah, begitulah cara sewa sepeda di Singapura. Next time, kalau aku Singapura lagi, pokoknya aku harus nyoba nih naik sepeda ini sambil ngevlog gitu kan.

8 komentar untuk "Naik Sepeda Berkeliling di Singapura? Beginilah Caranya"

  1. saya suka naik sepeda, btw thx ya

    BalasHapus
  2. Kapan di Indonesia ada?

    Eh orang Indonesia lebih suka naik motor wkwkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa... iya juga ya... orang Indonesia mana suka naik sepeda....

      Hapus
  3. Kalau diaplikasikan di Indonesia bisa gak ya? keren tuh i like it

    BalasHapus
  4. Mayan ini buat properti foto wkwk

    Di Monas juga udah ada.

    BalasHapus