7+ Tips Membuat Website Mobile Friendly untuk Para Travel Blogger



cara membuat website wordpress  cara membuat website dengan html buat website gratis selamanya cara membuat website sekolah cara membuat website gratis di internet cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula cara membuat website perusahaan  cara membuat website toko online jasa buat website cara bikin website lewat hp cara membuat blog daftar website

Mirwaners! Pengguna internet yang menggunakan ponsel untuk membuka website atau situs cukup banyak. Bahkan, lebih dari separuh pengguna internet di seluruh dunia. Kemudahan membuat website dengan cara daftar domain gratis pun sangat membantu para pengusaha untuk go online. Sayangnya tidak semua situs mudah diakses dari ponsel. Ada yang ukurannya terlalu berat hingga susah diakses sampai tidak responsif. Namun jika melihat banyaknya pengguna internet dari ponsel, sudah seharusnya semua pemilik situs membuat website-nya mobile friendly.


7+ Tips Membuat Website Mobile Friendly untuk Para Travel Blogger

Fitur ini akan membuat situs mudah dibuka dan mendatangkan banyak traffic. Kalau situs punya banyak traffic, performanya akan baik dan mendatangkan banyak pemasukan. Nah, kalau saat ini website Anda masih lama diakses dari ponsel, simak tips membuat website mobile friendly di bawah ini.

Baca juga: Inilah 5 Persiapan Kerja Sambil Jalan-jalan Sebagai Travel Blogger

1. Menggunakan Tema yang Responsif

Beruntunglah saat ini ada banyak tema yang sudah responsif saat di-install pada website. Maksud dari tema yang responsif ini adalah kemampuannya dalam menyesuaikan ukuran layar. Kalau dibuka dengan menggunakan komputer, ukurannya besar. Sementara itu kalau dibuka dari ponsel bisa mengecil dengan sendirinya.

Tema yang responsif akan membuat pengguna di ponsel lebih nyaman saat membaca atau memilih produk yang Anda jual. Dampaknya jumlah traffic yang masuk serta kemungkinan terjadi closing bisa meningkat. Dengan mencari cara membuat website toko online dengan WordPress, tema semacam ini bisa dengan mudah didapatkan oleh para travel blogger.

2. Menyesuaikan Ukuran Font dan Tombol

Ukuran font usahakan yang nyaman dibaca di ponsel. Ukuran 12 umumnya banyak digunakan. Selain itu jenis font yang dipakai juga standar saja seperti Times New Roman, Cambria, atau Arial. Font yang dekoratif jarang dipakai karena tidak memberikan efek mobile friendly.
Selanjutnya ukuran tombol juga tidak boleh sembarangan. Sebisa mungkin tombol tidak terlalu besar dan kecil. Asal masih bisa diklik dari ponsel sudah cukup. Tidak perlu ada ornamen lain untuk sekadar menambah elemen estetika.

3. Menambahkan Elemen Media dengan Sesuai

Elemen media yang ditambahkan harus sesuai dan usahakan tidak berlebihan. Gambar boleh ditambahkan, asal dilakukan kompresi dahulu agar ukurannya tidak terlalu besar. Selanjutnya masalah resolusi umumnya mengikuti tema responsif yang dipakai.

Selanjutnya hindari menggunakan media yang menggunakan Flash. Kalau menggunakan Flash untuk keperluan animasi, kemungkinan besar memberatkan website. Dampaknya, waktu loading jadi lama apalagi pengaksesnya menggunakan koneksi internet yang tidak stabil.

4. Menggunakan YouTube untuk Video

Kalau Anda menggunakan video untuk menambah keragaman konten yang ada di website, sebisa mungkin untuk mengunggahnya terlebih dahulu di YouTube. Mengapa harus menggunakan YouTube? Karena saat ini kode embed dari video sudah responsif dan bisa menyesuaikan dengan halaman.


Maksud dari video yang responsif di sini adalah video yang mampu menyesuaikan sendiri ukurannya. Baik dari segi ukuran atau resolusi. Kalau koneksi ponsel tidak stabil. video yang muncul akan lebih kecil. Sebaliknya kalau koneksi stabil, resolusi bisa naik dengan sendirinya.

Selain resolusi yang bisa menyesuaikan dengan koneksi, video dari YouTube juga bisa diatur resolusinya. Misal pengguna sudah punya koneksi stabil, tapi ingin lebih hemat data. Dia bisa mengecilkan sendiri resolusinya.

5. Lakukan Pengecekan secara Berkala

Lakukan pengecekan secara berkala terhadap website yang sedang dibangun. Saat ini sudah ada banyak tools yang digunakan untuk mengecek apakah website sudah responsive dan mobile friendly atau belum.

Kalau dalam pengecekan masih belum mobile friendly, Anda bisa memperbaikinya terlebih dahulu. Dengan begitu konten yang disajikan selalu sempurna dan cocok untuk pengguna ponsel.

6. Buat Menu yang Sederhana

Sebisa mungkin untuk membuat menu yang sederhana saja. Jangan membuat menu yang rumit dan banyak elemennya. Selalu ingat kalau layar pada ponsel tidak terlalu lebar. Lebih baik menampilkan sesuatu yang sederhana saja dan mudah diingat dengan cepat.

7. Memakai AMP

Gunakan AMP pada website yang ditujukan untuk keperluan pengguna ponsel. Kalau menggunakan AMP, website yang dibuka akan dibatasi ukuran font-nya, ukuran dan resolusi gambar, dan penghilangan media lain yang dianggap berat.

AMP atau Accelerated Mobile Pages digawangi oleh Google dan digunakan oleh banyak website dewasa ini. Salah satu indikator adanya AMP pada website adalah munculnya ikon bulan bentuk petir.

8. Hindari Pop-Up

Sebisa mungkin untuk menghindari pemakaian pop-up pada website, apalagi Anda ingin memaksimalkan mobile friendly. Pop-up khususnya yang berisi iklan sangat mengganggu. Bahkan membuat konten utama dari tertutup.


Belum lagi jumlah pop-up ada banyak dan tombol silang untuk menutupnya kecil. Pengguna jadi salah melakukan klik dan masuk ke halaman yang tidak mereka inginkan. Akhirnya karena sering salah, mereka jadi malas untuk membuka situs itu lagi.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat website yang mobile friendly. Jika Anda menggunakan cara di atas dengan baik dan selalu melakukan evaluasi, jumlah traffic yang masuk akan banyak. Selanjutnya Anda bisa meningkatkan penghasilan dari iklan atau penjualan produk. Semoga bermanfaat!




8 comments

4/20/2020

wah bermanfaat ini, kayaknya di blog ku belum nerapin AMP pada website deh. Jadi kalau visit via ponsel, belum friendly gitu. Brb setting AMP pada website :))

wah makasih bang miw, lumayan sepertinya sekarang mau memperbaiki penampilan blog supaya lebih mobile friendly

Thanks utk tipsnya bang. Penampilan blog memang harus diatur spy mobile friendly

Bener bang, kadang suka gemes sama Pop-up khususnya yang berisi iklan, bikin gak nyaman saat membaca artikelnya.

4/21/2020

baiklah diikuti saranya dari trapel bloger asal panam city ini

4/21/2020

Syukak nih sama tipsnya. Aku paling sebel baca blog traveler tapi tampilannya ga responsif. Tulisannya keciiiiil, fotonya pun keciiiil, jadi susah bacanya.

Terima kasih tipsnya. Tampilan mobile itu memang 'harus' banget karena pembaca sekarang banyak yang menggunakan handphone.

Terima kasih buat tipsnya Mas, berguna banget nih buat para blogger agar blognya bisa semakin baik lagi.

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa dibagikan kepada teman-teman ya. Kalian juga bisa tanya-tanya di Instagram @MirwanChoky
Name

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,2,Automotive,17,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Blogging Tips,4,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,35,Culture,9,English Zone,15,Events,30,Fashion,1,Featured,9,Film,9,Finance,9,Fitness,7,Gym,1,Hotel,17,I-Sing,10,Info,3,International,18,Kesehatan,6,Lifestyle,107,Lomba,2,Lowongan Kerja,1,Malaysia,9,NTT,13,Pendidikan,11,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,17,Rommentiq,17,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,19,Skin Care,1,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,31,Timor Leste,1,Tips,39,Transportation,10,Travel,80,Viral,44,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: 7+ Tips Membuat Website Mobile Friendly untuk Para Travel Blogger
7+ Tips Membuat Website Mobile Friendly untuk Para Travel Blogger
Website yang mobile friendly harus memiliki konten yang sederhana dan menghilangkan elemen yang membuat loading jadi berat.
https://1.bp.blogspot.com/-CfPax7_DB08/Xp0PoVXYm2I/AAAAAAAAYos/gdRLEGw5fE8LXsORxusRcB7tABPH46HswCLcBGAsYHQ/s1600/mirwan%2Bchoky%2Bwebsite%2Bmirwans.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CfPax7_DB08/Xp0PoVXYm2I/AAAAAAAAYos/gdRLEGw5fE8LXsORxusRcB7tABPH46HswCLcBGAsYHQ/s72-c/mirwan%2Bchoky%2Bwebsite%2Bmirwans.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2020/04/7-tips-membuat-website-mobile-friendly.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2020/04/7-tips-membuat-website-mobile-friendly.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy