5 Langkah Optimasi yang Efektif untuk Blog Travelling



Mirwaners! Gemar menggeluti serba-serbi dunia travel dan berencana untuk membuat blog tentangnya? Itu artinya harus memperhatikan poin-poin penting agar konten yang dipublikasikan bisa menggapai banyak kalangan. Belum lagi kalau kegiatan jalan-jalan  ini bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula dan mampu menghasilkan pendapatan yang menggiurkan.


Siapa pun bisa menuliskan kisah perjalanan mereka dan menerbitkannya ke blog. Namun, travel blogger punya sesuatu yang spesial dan tidak dimiliki blogger sembarangan. Anda bisa diundang ke berbagai destinasi wisata baru yang belum dibuka untuk umum, bahkan tanpa mengeluarkan biaya.


Travel blogger punya banyak peluang menguntungkan, baik sekadar hobi maupun kepentingan profesional. Oleh karena itu, penerapan optimasi sebuah blog khusus topik travel sangat dibutuhkan. Artikel kali ini akan membahas seputar pelbagai langkah optimasi paling efektif untuk blog travelling. Cek infonya berikut!

1. Memilih platform blog

Platform seperti apa yang akan digunakan untuk blog travel? Platform pilihan Anda akan menentukan perjalanan blog secara keseluruhan. Ibaratnya, platform merupakan sebuah rumah yang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. 

Jadi, ada platform yang minim opsi kustomisasi, tetapi mudah dipakai. Ada pula yang agak ribet, tetapi membebaskan pengguna untuk berkreasi. Salah satunya hosting yang mampu mengakomodir Anda untuk membuat website dengan mudah dengan cara install wordpress di cPanel. Pilih yang mana? Sesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda.

2. Menentukan nama domain

Selesai memilih platform terbaik untuk blog travel Anda? Waktunya menentukan nama domain yang pas. Pastikan nama domain mudah diingat, padat, singkat, gampang diucapkan, maupun mudah dituliskan. 

Gunakan pula kata kunci berkaitan dengan topik blog travel yang dibuat. Calon pengunjung akan mendapatkan petunjuk mengenai isi blog Anda. Selain itu, sisipan kata kunci bisa membantu branding.


Jangan menggunakan simbol pada nama domain karena akan membuatnya sulit terbaca. Penggunaan simbol atau hyphen kerap kali dianggap sama dengan situs web spam. Selanjutnya, pakai ekstensi TLD atau top-level domain. Ekstensi seperti ini akan membuat relevansi dan reputasi blog menjadi tinggi bila diterapkan dengan tepat. Usahakan pakai ekstensi domain berakhiran “.com”.

3. Memilih layanan hosting web terbaik

Sesudah memilih nama domain, jangan lupa untuk menggunakan layanan hosting murah dan terbaik. Hal ini dikarenakan domain tidak akan mampu bekerja tanpa adanya hosting. Hosting web berperan menyimpan data yang ditampilkan pada blog travel. Namun, seperti penyimpanan pada umumnya, kapasitas hosting berbeda-beda.

Maka dari itu, Anda perlu mencari dan memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan blog travelling. Jika masih baru memulai blog travel, pilihlah hosting murah dengan benefit yang pas. Nah, setelah blog menjadi besar dan berkembang pesat, Anda bisa meningkatkan ke paket hosting lebih besar.

4. Mengoptimasi SEO

SEO sangat berkaitan erat dengan kehadiran blog di mata mesin pencari alias Google. Blog yang memenuhi prinsip SEO akan lebih gampang tampil di hasil penelusuran teratas. Terlebih, SEO membantu blog menggaet lebih banyak pemirsa. Optimasi SEO memang susah-susah gampang, tetapi sama sekali tidak rugi untuk dipelajari.

Pada dasarnya, terdapat tiga jenis optimasi SEO yang dapat diterapkan, yakni On-Page, Teknikal SEO, dan Off-Site. Optimasi On-Page masih berhubungan dengan konten blog. Jadi, konten harus berisi kata kunci relevan dan tersebar dalam proporsi yang tepat. Sementara itu, teknikal SEO adalah cara optimasi yang difokuskan pada aspek-aspek teknis situs web.


Sebagai contoh, memperbaiki struktur halaman blog, meningkatkan kecepatan loading, memaksimalkan keamanan, atau memastikan seberapa responsif blog Anda saat diakses memakai perangkat yang berbeda. Cobalah instal sertifikat SSL dan gunakan template atau tema blog yang ramah SEO.

Terakhir ialah optimasi Off-Site, suatu cara yang tidak ada hubungannya dengan optimasi On-Page maupun Teknikal SEO. Jenis optimasi ini mengatur hubungan antara satu blog atau situs web dengan lainnya. Misalnya, menerima backlink dari web berkualitas yang akan menaikkan reputasi blog Anda dalam pandangan Google.

5. Membuat konten travelling

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten. Pertama, tentukan sasaran pemirsa yang akan membaca tulisan-tulisan Anda. Contohnya, jika konten ditujukan untuk pembaca usia 18―25, pakai sapaan tertentu atau bahasa yang santai.

Setelah itu, ciptakan konsep tulisan terlebih dahulu. Beberapa konsep artikel perjalanan yang biasa dipakai, antara lain, wisata kuliner, wisata alam, atau wisata beransel. Konsep akan menentukan arah tulisan dan memperjelas isi konten di mata pembaca.

Lalu, tuliskan kisah perjalanan Anda dalam kesan yang menarik dan informatif. Jangan menulis terlalu panjang yang ternyata malah bertele-tele dan membosankan. Setidaknya tuliskan sepanjang 500―700 kata per artikel. Jangan lupa tambahkan ilustrasi atau foto agar konten tidak terlihat membosankan.


Nah, itu dia beberapa langkah untuk mengoptimalkan travel blog secara efektif. Sungguh menarik, bukan? Anda sudah mendapatkan cara menentukan platform blog, memilih hosting murah dan nama domain, mengoptimasi SEO, hingga membuat konten. 

Apabila sudah paham dengan langkah-langkahnya, apalagi yang perlu ditunggu? Ayo, jadi travel blogger sekarang juga!




1 comment

keren bang mirwan, saya juga mengikuti beberapa tips diatas lho.

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa dibagikan kepada teman-teman ya. Kalian juga bisa tanya-tanya di Instagram @MirwanChoky
Name

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,2,Automotive,17,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Blogging Tips,5,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,36,Culture,9,English Zone,25,Events,31,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,14,Fitness,54,Gym,1,Hotel,18,I-Sing,10,Info,4,International,20,Kesehatan,7,Lifestyle,107,Lomba,2,Lowongan Kerja,1,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,14,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,18,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,19,Skin Care,1,Smartphone,5,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,32,Technology,3,Timor Leste,1,Tips,39,Transportation,10,Travel,88,Viral,4,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: 5 Langkah Optimasi yang Efektif untuk Blog Travelling
5 Langkah Optimasi yang Efektif untuk Blog Travelling
Berencana membuat blog seputar dunia travel? Berikut ini adalah langkah-langkah optimasi yang efektif bagi blog travelling Anda!
https://2.bp.blogspot.com/-MCrWeW0xNOA/Xrddi0xxk-I/AAAAAAAAYsk/UkwCXaW-Q_wFNQKQGgKReoeHdK9upHbFgCK4BGAYYCw/s1600/tips%2Bblog.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-MCrWeW0xNOA/Xrddi0xxk-I/AAAAAAAAYsk/UkwCXaW-Q_wFNQKQGgKReoeHdK9upHbFgCK4BGAYYCw/s72-c/tips%2Bblog.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2020/05/5-langkah-optimasi-yang-efektif-untuk.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2020/05/5-langkah-optimasi-yang-efektif-untuk.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy