9 Objek Wisata Keren di Nusa Tenggara Timur



Hello, Mirwaners. NTT atau Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah yang berada di perbatasan Indonesia yang dekat dengan Timor Leste. Saya rasa semua orang yang pecinta alam atau yang suka travelling atau backpackeran pasti tahu kalau di NTT itu alamnya keren-keren banget dan cocok banget dijadikan objek wisata. Oleh karena itu, saya akan menyebutkan satu per satu tempat-tempat atau objek wisata di NTT nan keren yang pernah saya kunjungi kemaren.

1. Pantai Sukaer Laran

Pantai Sukaer Laran

Pantai Sukaer Laran ini dikenal karena pasirnya putih. Lingkungannya aman dari gangguan, apalagi bagian keamanan di perbatasan antara Indonesia dan Negara Timor Leste itu siap siaga 24 jam. Di sini anak-anak dan orangtua bercengkeramah bersama. Setiap minggu, objek ini dipenuhi warga yang datang dari berbagai tempat. Objek wisata Sukaer Laran ini sebenarnya terletak di bibir pantai sebelah utara pelabuhan laut Atapupu. Objek wisata ini dijadikan tempat pelepas lelah oleh warga Kota Atambua dan sekitarnya bahkan ada yang datang dari Timor Leste , Kota Kupang dan Alor. 

(Baca selanjutnya : Pantai Sukaer Laran, Pemandangan Kecil dari Surga)

2. Padang Hijau Fulan Fehan

Padang Hijau Fulan Fehan

Padang Fulan Fehan ini yang dikenal oleh kalangan masyarakat wilayah Lamaknen dan sekitarnya adalah sebuah tempat yang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri karena menurut para orang tua padang itu sudah ada sejak zaman dulu kala dari nenek moyang dan memilikii salah satu tempat yang sakral yang biasanya disebut kikit, lokasi yang sejak dahulu kala dijadikan tempat ritual oleh masyarakat sampai dengan sekarang.

Sementara itu Fulan Fehan sangat diistimewakan karena memiliki beberapa jenis keunikan seperti tempat situs bersejarah masa peninggalan zaman perang. Keberadaan yang dibatasi oleh gunung Lakaan, benteng perang makes yang memiliki tujuh tangga, tumbuhan kaktus, serta jurang yang terjal semakin membuat padang Fulan Fehan terlihat indah seperti padang golf. Selain terdapat tanah merah dan putih padang tersebut hampir setiap harinya diselimuti oleh kabut tebal, bercampur jalan tanah putih yang dibatasi dengan tumbuhasn kaktus.

(baca selanjutnya : Keindahahan Padang Hijau Fulan Fehan Dibalik Puncak Lakaan)

3. Pantai Kolbano

Pantai Kolbano

Kolbano itu merupakan sebuah desa yang terletak di pesisir selatan Pulau Timor,Nusa Tenggara Timur. Desa ini kira-kira berjarak sekitar 130 kilometer dari ibu kota Kupang. Secara geografis, pantai nan indah ini dekat sekali dengan negara Australia. Jarak antara Pelabuhan Kolbano dengan Negeri Kanguru tersebut hanya 147 kilometer saja lho. Dekat kan?

Pantai Kolbano ini memiliki keunikan tersendiri lho. Pantai ini lain daripada yang lain. Pada umumnya sebuah pantai itu mempunyai pasir putih atau warna lain di pinggirannya. Tapi pantai Kolbano ini beda. Di pinggiran pantai ini dihiasi kerikil-kerikil nan indah dan berwarna-warni yang lembut dengan ukuran sedang-sedang, kira-kira sebesar jari kelingking hingga kepalan tangan.

(baca selanjutnya : Pantai Kolbano, Keindahan Birunya Air dan Warna Warni Batu Kerikil)

4. Kota Kefamenanu

Kota Kefamenanu

Kota Kefamenanu adalah sebuah Kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan atau ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Kota ini biasanya dipanggil dengan sebutan Kefa oleh penduduk setempat. Kota ini terletak di Lembah Bikomi, sehingga tidak banyak sinyal dapat masuk ke kota ini. Kefamenanu dikenal sebagai "Kota Pintar Kedua". Arti dari Kota Pintar adalah: kota ini memiliki sebuah universitas negeri sendiri, sedangkan Kedua adalah: karena kota ini mempunyai universitas kedua di Pulau Timor, selain Universitas Nusa Cendana di Kupang.

(baca selanjutnya : Indahnya Pemandangan Kota Kefamenanu)


5. Teluk Gurita

Teluk Gurita

Teluk Gurita ini adalah pantai yang terletak tidak jauh dari kota Atambua. Teluk ini juga terletak di Desa Dualaus Kecamatan Kakuluk Mesak 20 km dari kota Atambua kearah Barat Laut. Selain lautnya yang dalam, airnya juga jernih dan tenang dan dikelilingi bukit-bukit yang indah. Katanya sih teluk ini sejak zaman dahulu kala merupakan pelabuhan alam. Jika anda ingin menuju ke teluk ini, anda dapat menggunakan angkutan umum dengan tarif sekitar Rp 15.000 per orang, ojek sekitar Rp 25.000 per orang sekali jalan, atau dengan menyewa kendaraan yang bisa digunakan secara rombongan dengan biaya sekitar Rp 250.000 per kendaraan. Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 30 menit menuju lokasi.

(baca selanjutnya : Air Teluk Gurita yang Jernih dan Tenang)

6. Pantai Wini

Pantai Wini

Pantai Wini ini merupakan objek wisata pantai yang masih alami dengan hamparan pasir putih yang asri dan udara pantai yang tidak begitu panas. Banyak wisatawan yang berkunjung baik dari kota Kefamenanu maupun dari luar. Didekat pantai Wini ini juga terdapat Pelabuhan Wini dan Pantai Tanjung Bastian. Pantai wini merupakan salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan Kabupaten TTU.

(baca selanjutnya : Birunya Pantai Wini, Bikin Betah Berlama-Lama)

7. Air Terjun Wero

Air Terjun Wero

Sepertinya air terjun Wero ini memang belum banyak dikenal oleh warga Indonesia. Karena memang belum ada atau hanya sedkit yang mengeksplor air terjun yang indah ini. Di dunia internet juga sangat susah kita temui situs-situs yang membahas tentang air terjun Wero ini. Dikarenakan hal inilah saya coba menyampaikan kepada warga Indonesia dan dunia bahwa kita memiliki air terjun Wero lho. Air terjun ini tak kalah indahnya dengan air terjun yang  pernah saya bahas sebelumnya.

Air terjun Wero ini berlokasi di sekitaran Atapupu, tepatnya di desa Jenilu, di dekat pantai Sukaer Laran. Tepatnya terletak di sisi kanan Jalan dari kota Atambua. Seperti yang saya kunjungi kemaren, disana tidak ada penunjuk khusus dari jalan besar menuju air terjun ini. Hanya ada jalan kecil menuju kebun penduduk. Motor pun memasuki jalan setapak dari tanah, akan ketemu rumah dari papan dan bambu milik warga disana. Motor bisa diparkir disana.

(baca selanjutnya : Wisata Air Terjun Wero yang Hijau dan Menyegarkan)


8. Lahurus

Lahurus

Lahurus, kecamatan Lasiolat ini berlokasi di kaki gunung Lakaan. Gunung yang merupakan ikon kabupaten Belu ini sering juga dikenal dengan nama adat yaitu Manuaman Lakaan. Dalam cerita-cerita orang Belu, gunung ini merupakan tempat asal mula leluhur asli orang Timor yang turunannya kemudian kawin dengan para pendatang di Belu lalu menyebar  memenuhi wilayah Belu  dan Timor. Kalau kita lihat dari puncak Lakaan ini seperti yang saya lihat sendiri kemaren, maka kita akan bisa menikmati pemandangan yang indah sampai ke batas Laut utara dan Selatan.

(baca selanjutnya : Dinginnya Alam Lahurus, Jadi Pingin Travelling Lagi)


9. Perbatasan Timor Leste

Perbatasan Timor Leste

Timor Leste adalah sebuah negara dengan pemerintahan republik yang terletak di pulau Timor yang berbatasan darat dengan Indonesia, tepatnya berbatasan persis di sebelah timur provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Demikianlah 9 Tempat Objek Wisata di Nusa Tenggara Timur nan Keren yang pernah saya kunjungi. Indonesia itu indah banget cuy, seperti di NTT ini. Kapan-kapan ingin rasanya mengunjungi tempat ini lagi. Ohya, bagi anda yang belum coba ke NTT, ayo segera rencanakan liburan anda ke tempat-tempat keren yang saya sebutkan diatas, oke?

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


19 comments

aku tertarik air terjunnya mas,, sepertinya adem berendem disitu.. hee

Iya mas Andi. Air terjunnya adem banget. Segerrr deh pokoknya :)

9/28/2016

wah mirwan udah sampai timor leste..kereeen jalan-jalannya. Ke sana biayanya lumayan yak?

Alhamdulillah mbak udah nyampe. Hehehe... Kalau biayanya sih sedang-sedang aja. Gak murah dan gak mahal-mahal amat.

9/28/2016

Aku mau diajak kesana ihik ihik

Ayo mas kesana.. :D

Udah sering banget bayangin pengen ke NTT :(

9/28/2016

Bagus2 tempatnya. Saya suka.
Muda2an rencana ke NTT dlm waktu dekat terealisasi. Siapa tahu bisa mampir ke tempat2 yang disebutkan di atas :)

9/28/2016

Bagus2 tempatnya. Saya suka.
Muda2an rencana ke NTT dlm waktu dekat terealisasi. Siapa tahu bisa mampir ke tempat2 yang disebutkan di atas :)

Jadi kapan mau jalan-jalan ke NTT, mbak Neisia? :)

Amiinnnn... Semoga terealisasikan rencana travellingnya. Jangan lupa bawa jaket ya mbak. Disana dingiiinnn. :)

9/28/2016

foto no 2 luar biasa mas :)
*obyeknya keren hehehe

btw baca2 artikel sama liat fotonya jadi penasaran mau ke sana
dulu waktu masih kecil (bayi) pernah ke atambua, tapi ga inget lagi sekarang...

Ooh udah pernah pergi ke NTT ya, tapi waktu kecil ya pasti gak ingat lagi suasana disana. Ayo ke NTT lagi mbak untuk bisa mengenang memori lama. Hehehe...

wah keren udah sampe NTT aja :(

Budy | Travelling Addict
Blogger abal-abal
www.travellingaddict.com

Iya. Alhamdulillah yah. Hehehehe...

9/29/2016

weeeewww
belom pernah kesini, soon mau ah explore!
:D
nice info, thank you very muchos :D

www.asokaremadja.com

You are very welcome, mas Asoka. Ayo rencanakan perjalanan mu ke NTT mas. Hehhee

9/30/2016

Bismillah semoga ada rejeki dan umur nya buat kesana lagi

Amiiinnnn... Semoga aja!

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: 9 Objek Wisata Keren di Nusa Tenggara Timur
9 Objek Wisata Keren di Nusa Tenggara Timur
9 Objek Wisata Keren di Nusa Tenggara Timur, daftar objek wisata di NTT, Nusa Tenggara Timur, tempat wisata alam di NTT
https://4.bp.blogspot.com/-0MbiWUCfksI/V-qPlZd2NgI/AAAAAAAAPk8/bOygodQCX7s4FRny8CvBh-lbkmgHF7dEwCK4B/s1600/20141026_151014.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-0MbiWUCfksI/V-qPlZd2NgI/AAAAAAAAPk8/bOygodQCX7s4FRny8CvBh-lbkmgHF7dEwCK4B/s72-c/20141026_151014.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/09/8-tempat-wisata-keren-di-nusa-tenggara.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/09/8-tempat-wisata-keren-di-nusa-tenggara.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy